Kesalahan Pensetingan Gain saat Instalasi Sound System

Kesalahan Penyetingan Gain saat Instalasi Power Amplifier dan Profesional Active Speaker - Bagi anda yang memiliki Speaker Aktif profesional dengan daya 500 Watt ke atas pasti memiliki Konektor input untuk Line dan Konektor unutk Mic. Atau versi lain adalah hanya terdiri satu connector (Jack) Input namun disediakan juga sebuah saklar perubah (saklar geser atau Push On) untuk men-switch posisi input sebagai fungsi LINE dan MIC. Saya beri contoh misalkan Active Speaker merk HUPER Seri AK, coba kita lihat di bagian panel control terdapat setelan berupa Volume, Bass, Treble, Vol Mic 1, Vol Mic 2, dua dua buah Jack input untuk Microphone, satu buah Jack Input Canon yang berfungsi untuk Line Input, dan satu Jack Out Audio (Canon).untuk memparalelkan (loop) ke speaker aktif yang lain.

Panel Control Active Speaker

Cara Instalasi Speaker System

Dimana letak kesalahanya?
Ada beberapa kesalahan fatal saat kita mencolokkan input channel ke speaker atau menggeser posisi saklar GAIN dan MIC pada Active Speaker.

Jangan menancapkan posisi input sebagai Mic menjadi input dari Line, artinya hasil output dari Mixer yang mengandung PENGUATAN (Op Amp) jangan dimasukkan ke posisi Mic input. Posisi Jack MIC atau saklar dalam posisi Mic hanya khusus untuk menacapkan Jack pada peralatan Mic saja (yang tanpa ada penguatan).

Bila ada yang kurang dipahami tentang materi artikel sound system ini silakan bertanya.
Baca juga artikel saya yang lain tentang : Kelas-kelas Daya pada Amplifier [Part 2].

Semoga bermanfaat, terimakasih atas kunjungan anda.