Speaker Sound System

Speaker System

Speaker-Sound-System

Pengenalan Speaker dan Bagian-bagiannya

Speaker (dalam bahasa audio) atau unit Loudspeaker adalah bagian dari peralatan sound system yang sangat vital karena inilah yang menjadi prioritas bunyi terakhir dari sebuah sound system yang bisa dikatakan sempurna. Kehandalah sebuah audio system pasti terlihat dari Loudspeaker ini yang mana suara yang keluar akan menghasilkan kekuatan suara yang dahsyat namun dengan frekuensi yang standar dalam range audio yang nyaman didengar telinga.
Kalau diartikan secara umum bahwa kata speaker adalah orang yang berbicara, lebih condong ke arah individu manusia yang berinteraktif ke para audien yang lain. 'Speaker' ini lebih sering dikategorikan kepada seseorang yang memiliki wawasan ilmu khusus dalam menyampaikan sebuah keilmuannya, yang dalam keseharian kita disebut juga sebagai narator atau 'pembicara'.

Namun bila kita berada pada bidang audio maka maksud dari kata Speaker ini adalah sebuah peralatan audio untuk menguatkan suara. Getaran suara yang dihasilkan oleh speaker ini merupakan hasil kerja antara Power Amplifier yang berfungsi sebagai penguat sinya suara dan Loudspeaker itu sendiri sebagai media getarnya. Pengucapan kata 'speaker' ini hanyalah sebagai penyingkat ucapan dari kata Loudspeaker. Ada kebiasaan orang awan dalam menyebut kata Loudspeaker dengan kata salon, kadang ada juga yang menyebutnya dengan kata Spiker. Pada kata aktif speaker dengan menyebutnya menjadi sound aktif dan ada juga salon aktif.Pengucapan ini sebenarnya kurang pas namun mereka mengerti peralatan yang dimaksud.

Pengenalan Speaker Sound System

Kita sering mendengarkan kata yang mungkin terjadi persamaan kata namun beda penafsiran, misalkan kata berikut ini: "seorang 'speaker' dari Jakarta yang merupakan seorang professor menyampaikan pidatonya sambil memegang Microphone namun suaranya tak terdengar jelas di speaker". "Ahh, mungkin sound systemnya jelek", kata pendengar. Atau ada kata berikut ini yaitu; driver speaker yang bisa diartikan pengemudi (sopir) sang Speaker (narator tadi) yang beda penalarannya dengan driver speaker yang ada di bidang audio system, yang maksud dari kata driver tersebut adalah peralatan penggerak komponen Loudspeaker atau dengan kata lain adalah alat speaker itu sendiri yang belum ditambah dengan komponen lain misalnya kotak, audio distributor dan power ampli
Maka, saya lebih senang kalau penyebutan speaker (dalam lingkup audio) ini dengan ucapan Loudspeaker atau dengan penambahan kata lain yaitu speaker system atau speaker audio atau driver speaker karena takut beda persepsi.
Speaker sound system terdiri dari dua kata utama yaitu kata speaker dan kata sound system. Speaker bermakna peralatan untuk mengeluarkan getaran suara, dan sound system bermakna sistim penyuaraan. Jadi dapat kita simpulkan menjadi sistim penyuaraan dalam sebuah unit kabinet yang di dalamnya terdapat komponen berupa driver speaker atau loudspeaker untuk mengeluarkan bunyi.

1. Prinsip Dasar Kerja Loudspeaker

Loudspeaker adalah sebuah peralatan transducer elektronik untuk mengubah getaran listrik yang mengandung unsur sinyal audio dan kemudian mengubahnya menjadi getaran suara yang mirip dengan aslinya namun dengan penambahan kekuatan bunyi. Getaran suara yang dihasilkan oleh speaker ini merupakan hasil kerja kumparan kawat berlapis yang berinduksi dengan magnet yang ada di rangka speaker. Kita akan membahasnya.

2. Kontruksi dan Bahan Speaker serta Terjadinya Getaran Suara

Bila kita teliti kontruksi dari bentuk Loudspeaker maka dapat kita lihat terdiri dari beberapa komponen sebagai pengolah getaran suara, yang di dalamnya meliputi
  • Kerangka metal body
  • Kumparan kawat berlapis email atau disebut voice coil
  • Daun membran speaker (cone diaphragm)
  • Suspensi penahan daun getar pada posisinya
  • Permanen magnit silinder

3. Impedansi speaker dan Ukuran Speaker

Impedansi adalah hambatan yang mengalir pada kumparan speaker dalam hitungan omh. Standar impedansi dalam speaker secara umum adalah 8 ohm.
Coba anda buka halaman yang menerangkan tentang Impedansi speaker

Ukuran speaker yang bisa didengar oleh telinga (tanpa menempel langsung ke telinga kita) secara umum yang kita lihat sekarang ini dimulai dari ukuran paling mini yaitu 1 inchi hingga 18 inchi.

4. Memadukan Jalur Range Frekuensi Suara Speaker

Box Speaker adalah kotak loudspeaker, namun persepsi orang banyak melihatnya sebagai model speaker yang berada dalam sebuah konstruksi wadah kotak berdasarkan merek dan kedahsyatan suaranya. Box Speaker merupakan bagian dari Peralatan sound system dan bagian dari komponen Speaker yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan beberapa driver speaker dan juga Crossover. Sistim penempatannya ada yang diletakkan saja di lantai dan ada juga yang dipasang dengan cara digantung yang lazim disebut speaker gantung.

(Lanjut membaca nomor 4 ini box Speaker dan cara memadukan jalur range frekuensi suara)

5. Driver Speaker Full-Range

Kita sering mendengar atau melihat istilah speaker full range. Driver speaker full-range adalah speaker yang dirancang untuk digunakan secara sendiri untuk mereproduksi saluran audio tanpa bantuan driver lain, dan karena itu harus mencakup seluruh rentang frekuensi audio.

(Lanjut membaca Driver Speaker Full Range)

6. Distribusi atau Pembagian Suara oleh Crossover Pasif

Ketika gabungan beberapa driver speaker yang digunakan dalam sistem maka perlu dilakukan distribusi jaringan filter yang diproses oleh Crossover. Fungsinya memisahkan sinyal yang masuk ke dalam rentang frekuensi yang berbeda dengan rute untuk driver yang sesuai. Sebuah sistem loudspeaker dengan range frekuensi yang terpisah didefiniskan sebagai speaker N way, dimana n = jumlah. Sebagai contoh adalah sistem distribusi dua arah berarti memiliki woofer dan tweeter saja, dalam distribusi jalur sistem tiga way maka mempekerjakan woofer, mid-range, dan tweeter.

Pengeras suara miniatur ditemukan di perangkat seperti Radio dan Televisi dan pemutar musik mini lainnya. Sistem loudspeaker lebih besar digunakan untuk konser musik, penguatan suara di bioskop dan sistem PA (Public Address System)

7. Merek Driver Speaker Terkenal

Banyak sekali merek-merek speaker dalam satuan unit yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariatif tergantung dimensi ukuran dalam inch maupun kapasitas daya (Watt). Driver Speaker ini tergantung keperluan anda, apakah untuk Middle, untuk Bass atau untuk Subwoofer, dan peruntukannya juga berbeda antara speaker untuk sound mobil dan sound lapangan. Adapun merk driver speaker yang banyak diminati untuk dipasang didalam box speaker rakitan adalah;
  • ACR Speaker
  • Faboulus Driver Speaker
  • Speaker Audax
  • Driver Speaker Speaker JBL
  • Driver Speaker Altec
  • Driver Speaker Pioneer
  • Driver Speaker BMA
  • Driver Speaker Tango
  • Driver Speaker BMB
  • Driver Speaker DIGI Audio
  • Driver Speaker Eminance
  • Driver Speaker Legacy
  • dll
Jenis atau merek driver speaker ini bisa diterapkan di audio mobil anda

Speaker Portable System

Halaman pertama situs ini tentang speaker berisi tentang Speaker Portable system. Speaker Portable adalah merupakan bagian dari speaker aktif yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan Power Amplifier, OP-Amp, Channel Input, Tone Control, dan sumber listrik Power Supply. Bentuknya simple dan ringan.
(Lanjut membaca tentang speaker portable system)

Jenis Penerapan Desain Produk Speaker System Profesional - Macam-macam Loudspeaker

Dalam Speaker audio system agar peralatan ini dapat berbunyi atau berfungsi maka diperlukan sebuah alat pendorong sinyal audio (menguatkan proses sinyal suara) yang dalam sirkuit menggunakan pengolah sinyal listrik yang disebut Amplifier. Penerapannya adalah amplifier ini bisa disatukan dalam sebuah box speaker system dan ada juga yang berada di luar box speaker.
Desain ini dirancang menjadi dua model produk, yaitu;
  • Passive Speaker
    Speaker Pasif adalah Speaker yang memerlukan Amplifier eksternal agar bisa berfungsi. Pada box speaker ini tidak kita temukan kabel penghubung stop kontak listrik rumah karena tidak ada Amplifier di dalamnya.
  • Active Speaker
    Speaker Aktif merupakan loudspeaker yang terpadu dengan Amplifier internal di dalamnya. Terdapat penghubung stop kontak kabel listrik dan di bagian panel body terdapat beberapa tombol untuk pengaturan suara.
Sistem Loudspeaker profesional sekarang memadukan sirkuit Crossover aktif sebagai bagian dari sistem penguat on-board. Desain speaker ini diidentifikasi dalam kebutuhan untuk listrik AC dan dilengkai juga dengan kabel sinyal dari pra-amplifier. Topologi aktif ini mungkin termasuk sirkuit perlindungan driver speaker dan fitur lain dari sistem manajemen Loudspeaker digital. Sistem speaker yang bertenaga dalam spektrum ukuran, dalam sistem suara konser modern yang mana kehadirannya adalah signifikan dan terus meningkat.

Model dan Merk Speaker Aktif  untuk Indoor dan Outdoor

Saya dalam operasional pemasangan sound system selalu menggunakan speaker aktif karena cuma ini yang kami punya. kami mempunyai active speaker dengan merek JBL, Huper, Betha Three, dan JC Warrent. Oeh sebab itu saya lebih banyak membahas tentang apa saja yang berhubungan dengan active speaker karena saya selalu berhadapan dengan peralatan ini setiap hari.
(Lanjut membaca Paragrap ini tentang Speaker Aktif...)

Contoh Model atau Merk Speaker Aktif Terbaik saat ini

1. Merk speaker aktif terbaik dan banyak diminati seperti yang tercantum di bawah ini;

Merk box Speaker aktif Mini untuk indoor untuk keperluan musik/ karaoke yang banyak peminatnya, misalkan;
  • Speaker Aktif Polytron
  • Speaker Aktif Sharp
  • Speaker Aktif Simbadda
  • Speaker Aktif GMC
  • Speaker Aktif Advance
  • Speaker Aktif Yamaha
  • dll
Jika anda ingin melengkapi rumah anda dengan peralatan sound praktis dan murah cobalah untuk membeli merek Speaker Aktif Polytron atau Speaker Aktif Sharp. Kedua speaker aktif ini telah saya dengarkan sendiri hasil suaranya dan saya mempunyai aktif speaker Sharp di rumah.

2. Model box speaker aktif untuk indoor Portable yang terkenal, misalkan;
  • Speaker portable presentasi merk TOA
  • Speaker portable merk Krezt
  • Speaker portable merk Bosch
  • dll

3. Model box aktif speaker untuk outdoor (bisa untuk lapangan) yang terkenal, misalkan;
  • Active Speaker merk JBL
  • Active Speaker merk Betha Three
  • Active Speaker merk Huper
  • Active Speaker merk Ashlly
  • Active Speaker merk Yamaha
  • Active Speaker merk Bose
  • Active Speaker merk EV (Electro Voice)
  • Active Speaker merk RCF
  • Active Speaker merk Mackie
  • Active Speaker merk Wave Series
  • Active Speaker merk JC Warrent
  • dan masih banyak yang lain
Keterangan:
Active Speaker ini juga biasanya tersedia dalam bentuk box Subwoofer speaker.

BOX Speaker

Setelah kita mengetahui merek driver-driver speaker yang banyak diminati kini kita membahas tentang box speaker aktif. Box speaker ini maksudnya adalah loudspeaker yang sudah terpasang dalam sebuah kotak dan didalamnya dilengkapi dengan amplifier, dan terdapat colokan listrik atau batere untuk menghidupkannya.

Model Box Speaker Aktif yang terkenal

Bila anda ingin mengetahui apa saja model-model atau merk box Speaker Aktif ternama yang banyak digunakan untuk keperluan sound system indoor maupun outdoor mungkin dapat anda ketahui pada pembahasan di bawah ini. Ini hanya merupakan contoh kecil yang saya ketahui dan juga telah saya uji coba kehandalan suaranya. Untuk ketahanan dalam pemakaian boleh terbilang cukup lama, bisa 5 tahun ke atas asal tidak terlalu memporsir dengan gain yang kencang. Untuk daya outut RMS yang dihasilkan oleh box speaker aktif ini berkisar antara 300 W hingga 1000 Watt. Untuk harga memang ada yang mahal dan ada juga yang masih cukup terjangkau. Box active speaker ini biasanya sering digunakan sebagai speaker monitor dan apabila daya dan gain SPL-nya cukup tinggi maka bisa diterapkan untuk dipakai dalam sound lapangan (outdoor).

Box Speaker Rakitan Kosong Siap Pakai

Kita tak perlu bersusah payah untuk membuat sendiri kotak speaker. Sekarang tersedia beragam macam kotak kosong untuk box speaker baik yang terbuat dari bahan papan dan juga fiber plastik. Ukurannya pun sudah disesuaikan dengan diameter ukuran body driver speaker untuk menempatkan atau menempelkan kerangka speaker. Peruntuknya pun disesuaikan dengan keperluan anda, misalkan untuk box kosong speaker sound system mobil, kotak kosong untuk sound lapangan ukuran 12, 15 dan 18 inchi, dan juga ada box subwoofer kosong dengan driver ganda. Kalau anda ingin memasang kotak speaker di dalam mobil maka ukurannya dapat dipesan sesuai penempatan kotak ini dalam ruangan mobil anda.
(lanjut membaca tentang Box Speaker ini....)

    Harga Speaker Aktif Murah Terbaik dan Berkulalitas

    Mengenai Harga Speaker Aktif (harga salon aktif) belum bisa saya bahas di halaman ini karena terlalu panjang. Saya akan membahasnya berdasarkan kategori merek speaker aktif pada kesempatan lain di halaman ini atau coba anda buka Harga Sound System pada Menu di atas.


    Halaman-halaman di situs ini

    Kategori pembahasan speaker sound system

    Halaman-halaman yang terdapat terkait dalam web Speaker sound system ini meliputi
    • Pengenalan, Instalasi dan Mengoperasikan Speaker System Portable
    • Kenapa Vokal Microphone Tidak Ada Suara pada Speaker
    • Cara Praktis Setting Speaker System pada Elektronik Organ Tunggal
    • Sub Woofer Active Speaker untuk Organ-Tunggal atau Karaoke Rental
    • Mengapa Loudspeaker System Tidak Berbunyi Sebelah
    • Membuat Koneksi Kabel Speaker Memakai Jack (Connector) Speakon
    • Monitor Speaker Amplifier dan Monitor Headphones
    • Speaker Gantung Sound System Line Array
    • Pengenalan Guitar Speaker Sound System
    • Pengenalan Dasar Impedansi Speaker System
    • Memilih Produk Speaker Aktif Portable yang Bagus
    • Metode Pola Penempatan Speaker System
    • Cara Membuat Speaker Aktif Murah Meriah
    • Tentang Speaker Gantung dalam Sound System
    Tunggu update berikutnya...

    Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca artikel di halaman Speaker System. Mohon tidak mempublikasi ulang semua artikel ini kecuali mencantumkan sumber dari link ini.
    Penulis cukup memahami elektronik audio yang juga sambil belajar lebih mendalam tentang hal-hal yang berhubungan dengan sound system.