Selasa, 23 Agustus 2016

Memadukan Jalur Range Frekuensi Suara Speaker


.

(Kelanjutan pembahasan halaman nomor 2 tentang Memadukan Jalur Range Frekuensi Suara Speaker)
Nomor 2.

Cara Memadukan Jalur Range Frekuensi Suara Speaker

Box Speaker adalah kotak Loudspeaker, namun persepsi orang banyak melihatnya sebagai model speaker yang berada dalam sebuah konstruksi wadah kotak berdasarkan merek dan kedahsyatan suaranya. Box Speaker merupakan bagian dari peralatan sound system dan bagian penghantar getar dari komponen speaker yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan beberapa driver speaker dan juga Crossover. Sistim penempatannya ada yang diletakkan saja di lantai, dan ada juga yang dipasang dengan cara digantung yang lazim disebut speaker gantung. Jadi perpaduan ini adalah merupakan gabungan dari beberapa driver speaker yang terdapat di box speaker. Perpaduan ini telah dipisahkan oleh crossover meuju ke masing-masing driver speaker berdasarkan jalur range frekuensi masing-masing pada spaaker tersebut.

Speaker biasanya ditempatkan di sebuah wadah kabinet berupa kotak persegi panjang yang terbuat dari bahan kayu atau fiber plastik, inilah box speaker. Wadah kotak ini memiliki peranan penting dalam memainkan respon seluruh frekuensi suara sehingga terciptalah kualitas suara yang terdengar baik. Di sini terjadi perpaduan reproduksi yang tinggi dari suara yang dikeluarkan. Beberapa driver speaker dari beberapa ukuran dan range frekuensi sering dipasang di wadah yang sama dan masing-masing driver tersebut mereproduksi range frekuensi tersendiri. Dalam hal ini speaker individu yang disebut sebagai 'driver' dan seluruh unit yang digabungkan dalam wadah ini bisa disebut sebagai speaker system.

Pertemuan sinyal suara dari speaker system ini bersumber dari kerja beberapa driver, yaitu;
  • mereproduksi frekuensi audio tinggi disebut driver Tweeter
  • mereproduksi frekuensi audio menengah disebut driver mid-range
  • mereproduksi frekuensi audio rendah disebut driver woofer.
Untuk mereproduksi berbagai frekuensi dengan cakupan memadai maka sebagian besar sistem Loudspeaker mempekerjakan lebih dari satu driver, terutama untuk tingkat tekanan suara yang lebih tinggi atau akurasi maksimum. Driver individu digunakan untuk mereproduksi rentang frekuensi yang berbeda. Driver subwoofer untuk mengeluarkan frekuensi Deef Low, driver woofer untuk mengeluarkan frekuensi rendah, speaker mid-range untuk frekuensi tengah; dan tweeter untuk frekuensi tinggi, dioptimalkan untuk merespon frekuensi supaya terdengar baik. Dalam sistem jalur distribusi Loudspeaker dua Way tidak ada driver mid-range sehingga tugas mereproduksi mid-range suara jatuh pada Woofer dan Tweeter.

Speaker System

Dimensi Ukuran Box Speaker

Dimensi ukuran kotak speaker memiliki perhitungan tersendiri. Ukuran kotak speaker yang sering digunakan untuk sound system rumah rakitan atau box speaker lapangan terdiri dari beberapa ukuran lubang holding peletak driver speaker, yaitu;
  • ukuran box speaker 12 inch
  • ukuran box speaker 15 inch
  • ukuran box speaker 18 inch
Pada halaman ini menyajikan tentang cara membuat speaker (maksudnya adalah membuat kotaknya) yang pada halaman tersebut cukup lumayan rinci dalam pembahasannya.

Ukuran Box Subwoofer untuk Speaker Bass

Ukuran box speaker subwoofer bisa dibuat dengan menggunakan satu buah driver subwoofer atau bisa juga driver subwoofer speaker ganda dengan ukuran 18 inci. Maksud subwoofer ganda adalah menggabungkan 2 buah daun (Cone) membran speaker ini saling berhadapan dalam ruang kotak. Karena terjadi penggabungan dua driver ini maka impedansinya akan menjadi rendah, dalam hal ini adalah 8 ohm dibagi 2 buah maka hasilnya menjadi 4 ohm. Oleh sebab itu maka power suaranya tentu akan lebih bertenaga.

Kembali ke halaman Pengenalan Speaker system.
Bila anda ingin melanjuti untuk mengetahui pembahasan berikutnya, coba baca rubrik berikut ini tentang : Driver Speaker Full-Range.

Baca juga:

Terimakasih atas kunjungan anda...


.

Share this