Fungsi Aux, FX Send pada Mixer dan Cara Mengkoneksikannya

Menu-menu di Mixer Audio

Melanjuti artikel saya sebelumnya tentang fasilitas apa saja yang tersedia di Mixer Audio kali ini saya ingin menindaklanjuti secara detail tentang tombol/ knob level yang ada pada Mixer yaitu knob AUX dan FX Send. Tombol ini biasanya berhubungan dengan konektor (jack) yang bertuliskan sama. Dalam Mixer kadang terdapat 2 (dua) AUX atau lebih. Sekarang ini Mixer Audio (khususnya di bawah 24 channel) sudah dilengkapi dengan FX internal.

Maksud dan Fungsi Aux pada Mixer

Ada yang bertanya apa kegunaan dari AUX ini dan cara memfungsikannya. Aux adalah kepanjangan dari Auxiliary bermaksud adalah alat bantu tambahan untuk fasilitas Mixer audio (sound system) yang bertujuan untuk mengirimkan  informasi suara dari satu channel atau lebih yang "keluarannya" dapat disalurkan ke perangkat yang lain. Perangkat yang bisa dihubungkan ini misalnya sebagai berikut;

  • Perangkat ini bisa kita hubungkan ke Speaker yang sudah dilengkapi Power Amplifier (Active Speaker atau Passive Speaker). Pada sebagian orang Speker ini sering digunakan sebagai Monitor untuk panggung atau 'Elektronik orgen tunggal' (keyboardist).
  • Perangkat ini bisa dihubungkan ke Perangkat Mixer yang lain sebagai source bunyi baik satu channel maupun beberapa channel. Saya pernah mendapati kondisi ini saat ada pihak Televisi dan Radio lokal yang membutuhkan input dari Mixer saya saat  menangani acara kunjugan Presiden.

Lihat gambar berikut
Tombol Volume Aux pada Mixer Audio

Aux Volume akan terhubung ke Jack AUX Send 1 dan 2, coba lihat gambar di bawah ini. tiap-tiap channel terdapat volume Level Aux 1 dan 2 tersendiri. Seluruh Aux Volume tiap channel ini akan dijumlahkan (adding/ mixing) pada bagian MASTER yang berada di sebelah kanan. Pada bagian master akan kita dapati Volume (level) Aux1 dan Aux2 yang telah tercampur dari tiap kanal

Jack Aux Send pada Audio Mixer

Cara Mengkoneksi dan Menyeting Aux

Dalam fasilitas audio mixer di atas kita melihat terdapat tombol AUX1, AUX2 pada tiap kanal dan juga terdapat Master Send Aux 1 Aux 2, di situ juga terdapat Jack Connector bertuliskan Aux Send untuk menghubungkan keluaran ke perangkat yang lain. Jack untuk menghubungkan output Aux ini menggunakan Connector XLR Mono(Phono Jack). Volume Level dapat anda atur sesuai kapasitas bunyi yang anda inginkan. Lihat angka dB Gain meter pada tombol pemutar tersebut. Sebaiknya anda cukup mengaturnya di posisi tengah agar didapati suara yang detail atau tidak over load pada keluaran. Jack anda hubungkan ke monitor dan atur lagi Level dan Frequency (Tone Control/ EQ) pada Speakar aktif anda. Anda dapat juga menambahkan Equalizer External sebelum masuk ke Speaker Active.

Master Aux, 1 Aux 2
.

Menghubungkan FX Send Aux pada Mixer ke Sound Effect (FX)

Bila pada Mixer anda tidak terdapat fasilitas echo (Sound FX) maka anda dapat menghubungkannya dengan cara menancapkan Connector pada AUX Send (bisa anda colokkan jack pada Aux 1) kemudian pada peralatan Sound FX anda pada connector  Input. Pada saluran output di Sound FX kita hubungkan (Return) ke Channel Stereo pada Mixer, atau bisa ke saluran monaural. Sound FX ini terdiri dari berbagai karakteristik suara, misalkan Reverb, Hall, Delay, Chorus, Distortion, Room, Chamber dan lain sebagainya. Secara khusus akan saya bahas pada artikel saya di situs ini di pertemuan kita mendatang.

Penutup
Dengan membaca tulisan tentang Cara Mengkoneksikan Fungsi Aux, FX Send pada Mixer ini semoga menambah wawasan anda dalam mengenal peralatan audio.
Coba baca juga : Cara Menyambung Fungsi Insert pada Mixer Audio
Terimakasih atas kunjungan anda.

Tags :