Tips Cara Praktis Setting EQ pada Mixer Sound System untuk Channel Microphone

Menyetel suara Microphone yang kita pasang pada peralatan mixer dan sound system lainnya terbilang cukup mudah, namun juga cukup susah. Hal pertama yang harus kita fokuskan terlebih dahulu adalah untuk keperluan apa suara yang dihasilkan dari Microphone ini, apakah untuk keperluan pidato atau keperluan nyanyi (orgen tunggal / musik). Urutan alur perjalanan (lalu lintas) sinyal suara antara microphone (sebagai sumber suara / input) kemudian masuk ke mixer serta perangkat seterusnya sampai ke tujuan akhir (sinyal output yang kita dengar yakni "Main Speaker"). Apakah diantara input dan main output ini terdapat external Equalizer, Crossover, driverRack PA+, Compresor Limitter dbx, FX external dan kemudian Power Amplifier serta Speaker yang anda pasangkan pada sound system anda.

Bagaimana Cara Instalasi dan Menyetel Equalizer Internal dan External Mixer Sound System Supaya Suara Bagus

Equalizer Sound System - Pada postingan ini kita akan membahasnya menjadi dua macam cara setting yaitu pensetingan EQ pada panel yang terdapat di body Mixer dan juga cara mensetting Equalizer di luar Body mixer (eksternal Mixer).
Di sini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang bagaimana menyetel Equalizer yang saya petik dari pengalaman saya selaku sound-man yang juga author. Di sini kita musti paham tentang range frekuensi dan gain input dan output agar didapat suara yang boleh dibilang best audio saat menyetel Equalizer pada sound system anda supaya bersuara bagus.
EQ Mixer Sound System
Internal EQ terdapat tombol Low, Mid dengan Mid Freq, dan High Level

1. Pensetingan Internal Equalizer Audio

Equalizer Sound System - Sebelum kita melanjutkan perbincangan kita pada artikel ini, saya ingin mengajak anda untuk membuka atau melihat artikel saya yang terkait dalam pensentingan internal Equalizer Audio (EQ Audio) untuk memperindah suara Microphone ini. Coba anda lihat tentang pengenalan fasilitas yang terdapat pada mixer sound.

Pada tulisan yang tertera pada panel mixer terdapat banyak sekali kumpulan knob-knob yang merupakan hasil kerja komponen Elektronika berupa Variable Resistor (Potensiometer putar) yang tersusun rapi di atas body mixer ini. Fungsi Potensiometer putar pada tombol-tombol ini adalah beragam, diantaranya ada yang berfungsi untuk mengecilkan kepekaan suara dan volume sinyal; untuk mempersempit dan melebarkan range sinyal frekuensi; dan juga untuk mengecilkan dan menguatkan Tone suara (frekuensi).

2. Pensetingan External Equalizer Audio

EQ Sound System - Berikut ini kita melanjutkan proses kerja di atas tentang internal Mixer. sebelumnya anda harus membuka dahulu tautan yang ada di atas. Proses berikut ini adalah tahapan dalam pensetingan external Mixer ini, namun keduanya saling berhubungan atau saling berkaitan dalam menghasilkan suara yang sempurna dan bagus.

Microphone Vocal - Masing-masing merk Vocal Microphone memiliki karakter tersendiri (harga memang menentukan kualitas bunyi). Cobalah menempatkan pada posisi FLAT (default / bypass) terlebih dahulu pada posisi tombol EQ Mixer (Tone). Posisi flat ini biasanya sudah menjadi standar seluruh pabrik audio mixer dalam menganalisa spektrum sinyal audio. Kalaupun anda ingin mengaturnya / merubahnya tergantung selera telinga anda.
Saya biasanya menyetelnya dengan urutan seperti ini :

Step set 1

Pada posisi flat, kemudian atur input "Gain Sens" sambil melihat display LED indicator pada posisi saklar PFL ON (ditekan), lampu indicator menyala cukup pada posisi 0 dB atau sampai 3 dB. Kondisi ini berfaedah untuk melihat energi atau kekuatan suara vokal anda yang masuk ke OP Amp channel Mixer. Saya rasa posisi 3 dB sudah cukup kuat. Volume master mixer tempatkan pada posisi 0 dB.

Step set 2

Buka Volume Power Amplifier anda (bila anda menggunakan Passive Speaker) sambil anda bersuara dan lihat juga lampu indicator PEAK pada Power Amplifier tidak menyala. Bila mengunakan Active Speaker kondisinya pun sama. Di dalam Active Speaker system juga dilengkapi dengan LED indikator untuk menunjukkan kondisi PEAK. Lalu lintas kekuatan sinyal yang masuk ke Amplifier juga ditentukan oleh perangkat yang anda miliki lainnya, misal External EQ, Cross Over, atau audio Distributor lainnya. Malahan kadang saya melihat ada yang menambahkan Pre Amplifier rakitan yang tak jelas konsidi kalkulating input output-nya, tak tahu rating kekuatan GAIN dan LEVEL yang dikeluarkannya, sebaiknya Pre Amplifier rakitan ini ditiadakan.
Kerumitannya terdapat di sini saat kita ingin mengeluarkan tenaga yang murni ke Power Amplifier, yaitu menyetel EQ external dbx dan Crossover sebagai distribusi sinyal output. Sinyal output terdiri dari Low, Mid dan High.

Step set 3

Bila suara yang terdengar di Main Speaker sudah cukup kuat (pada posisi 0~3 dB pada Mixer), lalu atur posisi slider EQ dbx anda sampai didapati suara yang anda inginkan. Sebaiknya jangan menaikkan posisi slider geser ini terlalu tinggi di atas posisi Flat (default), karena ini berakibat menaikkan level frekuensi tersebut hingga melebihi nilai 0dB. Posisi flat ini artinya memiliki penguatan 1x atau sama dengan 0 dB (tanpa penguatan level sinyal). Bila terlalu berlebihan akan membuat Power Amplifier kelebihan beban input yang berakibat terjadinya distorsi / cacat, takutnya speaker anda tidak bertahan lama. Saya biasanya meredam bilah frekuensi slider 100 Hz hingga 300 Hz pada Equalizer external ini. Posisi master volume EQ ext ini pada posisi 0dB. Terus atur hingga di dapati suara yang lembut namun bertenaga. Karakter suara harus kita dapati nada low, mid dan high yang pas.
Pada setingan vokal untuk pidato ada baiknya suara middle lebih dominan dibanding Low. Suara low yang berlebihan membuat artikulasi suara kurang jelas didengar. Jadi bila anda mendapati kondisi pemakaian rental sound system anda adalah untuk keperlaun upacara maka sebaiknya mengeluarkan suara mid range yang terdengar jelas.

Step set 4

Bila anda rasa suara yang keluar ke speaker sudah baik dan kuat, anda tinggal memperindah suaranya memalui internal EQ di Mixer anda. Atur Low level, Mid level dan High level sampai didapati suara yang makin empuk. Penggunaan FX Reverb boleh saja namun jangan terlalu bergema apalagi untuk keperlauan pidato / upacara.
Equalizer dbx sound system
EQ External dan Compressor

Mengenai Harga Equalizer Audio External yang Original

Harga Equalizer Sound System - Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa kita perlu menambah eksternal Equalizer audio pada sound system yang anda punyai. Bila anda belum melengkapi peralatan sound system anda dengan perangkat ini dan kemudian anda memutuskan untuk membelinya maka anda perlu tahu berapa harga Equalizer audio yang original. Karena terlalu banyak model EQ yang bagus dan orisinil di pasaran, maka saya tak bisa membahas harga alat ini satu persatu. Coba anda hubungi dealer peralatan sound system atau toko sound system di Jakarta atau Bandung, syukur-syukur kalau tersedia di kota anda.

Penutup
Saya rasa cukup dari apa yang saya sajikan di sini tentang Mixer Sound System berdasarkan pengalaman harian saya yang kemudian saya kembangkan menjadi sebuah tulisan di situs ini.
Semoga bermanfaat.

Apakah anda ingin melihat tentang Cara Instalasi Sound System yang lainnya?
Menuju ke Halaman CARA SETTING SOUND SYSTEM.....
Menuju ke artikel selanjutnya tentang : cara Menseting suara Mic Drum Cajon (Box Acoustic Drum) di Mixer Audio...
Terimakasih atas kunjungan anda....