Minggu, 13 Desember 2015

Pensetingan Real Time Analyzer (RTA) Microphone System


.

Settting RTA Microphone System - Bagaimana Anda menggunakan peralatan sound system ini dan apa fungsinya?
Hal ini dapat anda ketahui bila anda berhadapan dengan Driverack PA dbx (Sound Management), dan di sini terdapat cara menggunakan Microphone RTA, Microphone system.

DrverRack PA+ dbx

Apakah RTA Mic itu dan Bagaimana cara Pengunaan dan Pensetingannya

RTA singkatan Real Time Analyzer. Apa yang terjadi adalah ini ketika Anda menyalakan sound system di dalam ruangan Anda, kondisi tertentu pada ruangan dapat mengurangi range frekuensi. Kondisi ini terserap oleh beberapa bahan yang memiliki tekstur lunak berbusa seperti karpet, kursi sofa dan yang lainnya. Bahan-bahan ini dapat meredam/ menyerap suara frekuensi tinggi. Ada perbedaan antara cara mendengarkan audio pada sound system Anda dengan menggunakan headphone.Di sini kita akan melihat bagaimana penggunaan dan cara menyeting RTA ini pada sound system.

Untuk memperbaiki kondisi ini maka Anda perlu menganalisis akustik ruangan Anda dan mengatur settingan Level audio dan Equalizer untuk mengimbanginya. Bagaimana cara menganalisa kondisi ini? Kita memerlukan Microphone khusus untuk Real Time Analyzer (RTA). Microphone untuk RTA merupakan jenis Microphone Omnidirectional yang memiliki kurva respon frekuensi yang Flat.

driverRack PA+ dbx sound managemen

Perbandingan RTA dan Pink Noise

RTA menghasilkan suara tes yang disebut Pink Noise yang Anda kirim melalui Amplifier ke speaker. Microphone RTA menerima getaran suara lalu membandingkan output suara pink melalui sinyal yang masuk dari Microphone tadi. Jika terdapat perbedaan antara input dan output maka itu berarti speaker dan ruangan anda telah terjadi perubahan defisiasi suara. Untuk mengantisifasi hal ini maka anda dapat menyesuaikannya dengan menggunakan Equalizer sampai didapati input microphone selaras dengan Pink Noise.

Kapan saja sesuatu di dalam ruangan berubah, seperti peralatan rumah tangga, karpet, atau banyak atau tidak orang yanga ada di dalam ruangan. kondisi ini bisa terjadi jika Anda duduk di tempat yang berbeda. Yang harus Anda lakukan RTA lain untuk memastikan bahwa kapasitas audio masih memberikan Anda suara yang benar.

Sinyal RTA datang dari EQ yang terpasang pada sebuah saluran, tidak ada mikrofon atau sesuatu seperti itu. Anda dapat menggunakan RTA untuk mencoba menyetel saluran tertentu, tetapi Anda tidak dapat menggunakan RTA untuk EQ ruangan. Untuk itu Anda masih memerlukan beberapa Microphone eksternal yang lain didorong oleh Real time Analizer anda.

Kita harus berpikir itu bagaimana untuk meningkatkan kerja EQ. Mengenai penyesuaian ruangan tampaknya tidak akan peregangan untuk menambahkan ini sebagai fitur. Semua ini diperlukan untuk mengubah fungsi EQ ke RTA untuk memantau pra equalizing pada salah satu saluran dan kemudian Anda hanya perlu plug mic RTA eksternal ke saluran itu.


Menuju ke artikel selanjutnya tentang :
Terimakasih. Sampai jumpa pada edisi berikutnya...


.

Share this