Minggu, 13 Desember 2015

Rating Amplifier dalam Sound System


.

Dalam penanganan sound system kita perlu memahami Rating Power Amplifier. Power Audio adalah hasil kerja daya listrik yang menggunakan komponen elektronik dalam menguatkan sinyal suara yang ditransfer ke Loudspeaker yang diukur dalam satuan watt. Daya listrik dengan sensitivitas level suara tertentu yang disalurkan ke loudspeaker menentukan daya yang dihasilkan. Power Amplifier sound system terbatas dalam energi listrik yang dapat diperkuat, sementara loudspeakers terbatas dalam energi listrik yang dapat mengkonversi energi sinyal audio tanpa distorsi.

Pengenalan Rating Power pada Loudspeaker

Power Amplifier dalam Sound System - Ada berbagai metode untuk mengukur rating pada daya Amplifier dan Loudspeaker. Metode pengukuran yang berbeda memberikan nilai yang berbeda pula sehingga sangat penting untuk memahami perbedaan antara rating daya yang berbeda untuk dapat membuat beberapa perbandingan rating power yang anda miliki.

Kekuatan nominal untuk speaker didefinisikan cukup berbeda pada sound system speakers. Kekuatan terus-menerus diukur dengan Pink Noise pada sinyal sinousoidal (diterapkan selama 24 jam). Bandwidth dari Noise ditentukan pada Loudspeaker.
Daya maksimum didefinisikan untuk woofer dan box saja. Hal ini diukur dengan menerapkan sinyal sinusoidal dari 250 Hz dan output yang tidak diinginkan lebih rendah.

Kekuatan Audio pada RMS Power (Root Mean Square)

Nilai kekuatan RMS berkaitan dengan sesuatu yang dianggap memiliki energi, misalkan : panas, cahaya. RMS adalah sesuatu yang sangat berperan ketika mengukur daya output amplifier dan speaker. RMS berguna untuk mengukur nilai kesetaraan power dalamm mengeluarkan daya dan tegangan. RMS merupakan daya rata-rata yang dihasilkan dari output suatu Amplifier pada saat menyalurkan sinyal ke Speaker system dengan nilai yang sebenarnya. Sangat bagus kalau distorsiya tidak melebihi sampai 1 persen.

Misalkan, 10 Volt RMS akan menghasilkan kekuatan yang sama menjadi impedansi mengingat bahwa 10 Volt DC akan menghasilkan resistance gelombang dari 10 V RMS dapat menghasilkan kekuatan yang sama ke dalam impedansi itu. Dalam hal ini disebabkan rata-rata semua tegangan didasarkan pada akar gelombang persegi.

Ini berarti untuk menghitung rata-rata dari semua nilai daya adalah dengan gelombang persegi. RMS bila diterapkan pada pengukuran daya berarti kekuatan gelombang sinus. Misalkan 100 Watt RMS pada Amplifier dapat menghasilkan 100 Watt gelombang sinus ke bebannya dengan full power sebenarnya kurang. Dengan gelombang persegi akan lebih terlihat menonjol.

Power Amplifier Sound System

Kekuatan Audio pada PMPO

Power Amplifier dalam Sound System - PMPO merupakan singkatan dari Peak Music Power Output. Puncak music power output adalah daya output maksimum yang dihasilkan dari amplifier tersebut merupakan daya peak yang maksimal yang dihasilkan oleh Power Amplifier atau yang bisa diterima speaker pada interval waktu yang sangat singkat bersifat sementara. Jadi yang disebut kekuatan musik yang didengar pada Loudspeaker dengan kekuatan penguat yang maksimal dalam beberapa kondisi. Rating PMPO memberikan nilai pengukuran tertinggi karena tidak ada standar pasti bagaimana Power PMPO harus diukur. Power rating adalah untuk menunjukkan kemampuan maks equippment untuk menciptakan tansients musik yang kuat.

Pengukuran kekuatan Amplifier diukur dalam resistensi impedansi (ohm) baik di input dan output. Kekuatan kontinyu diukur ketika Amplifier disuplai oleh catu daya normal. Kemudian harus mampu memberikan nilai daya pada 1 kHz selama setidaknya 10 menit Sedangkan THD (Total Harmonic Distortion) maksimum tidak melebihi 1%.

Untuk mengukur daya puncak catu daya normal digantikan oleh power supply yang diatur dan waktu untuk memberikan daya berkurang. Dengan demikian, nilai-nilai yang lebih tinggi untuk daya puncak diperoleh. Anda dapat mengukur daya puncak hanya dengan mengalikan kekuatan secara terus menerus.

Demikianlah ulasan mengenai Pengenalan Rating Power Amplifier dalam Sound System. Setelah membaca halaman materi sound ini dapat menambah pengetahuan kita tentang sound system.

Baca juga artikel saya yang lain tentang:

Terimakasih atas kunjungannya..


.

Share this