Kamis, 28 Mei 2015

Cara Menyambung Suara Handphone ke Sound System - Termasuk Laptop


.

Cara Menyambung Suara Handphone ke Sound System - Sepertinya kurang seru kalau mendengarkan musik hanya terdengar di speaker yang terdapat pada Ponsel anda saja. Kebetulan di rumah anda terdapat Sound System (khususnya loudspeaker) yang sering anda gunakan hanya untuk memutar DVD anda. Kita ketahui bahwa mendengarkan musik dari Ponsel, Ipad atau Laptop (Komputer) memang kurang bertenaga (tidak kencang), tidak ada dentuman bass sebagai tanda untuk menggairahkan tubuh anda untuk bergerak/ berjoget.

Memang ada alat dengar pribadi yaitu Headphones (handset) yang juga bisa melepaskan nada Bass pada pendengaran anda, namun kondisi ini kadang membuat anda kurang leluasa untuk bergerak dan mengamati sekeliling anda. Tidak semua Headphones mampu merespon nada Bass yang dalam. Kadang anda dan teman anda ingin mendengarkan musik untuk grup tarian anda, sementara sumber suara (lagu mp3) hanya terdapat pada Ponsel atau Ipad anda saja. Kurang mantap kalau cuma mendengar dari Speaker Ponsel saja. Maka pada kondisi ini anda harus menghubungkannya dengan Loudspeaker via Amplifier agar bisa didengarkan bersama.

Bagaimana Cara Instalasi Output (Connector) Ipad/ Ponsel ke Speaker System?

Cara setting/ instalasi sound system menggunakan Laptop dan Handphone - Ini mungkin yang menjadi kendala bagi anda cara mengkoneksi peralatan Ponsel/ Ipad ini supaya terdengar di Speaker. Caranya mudah sekali. Anda harus mempunyai Konektor penghubung berupa kabel dengan nama "Jack RCA Stereo ke connector Phones (Phone Jack) ukuran Jack diameter 3 mm". Konector TRS Phone 3 mm ini untuk anda pasang pada Jack keluaran handset ponsel anda (atau laptop anda). Untuk RCA anda pasang ke Amplifier atau Speaker anda. Perlu diperhatikan bahwa anda harus mengenal sound system di rumah anda. Bila anda memiliki Active Speaker (yang terbuat dari bahan papan) maka di situ sudah tersedia Connector female penghubung dengan type RCA. Hubungkan merah ke merah dan hitam ke hitam. Konektor Output suara pada Ipad juga bisa anda pasang di Mixer stereo (bila anda memilikinya). Pasangkan konektor RCA ini pada input kanal stereo di Mixer.

Catatan
Connector yang digunakan pada Ponsel dan Laptop adalah memiliki kesamaan, keduanya mengunakan TRS Phone Stereo dengan ukuran 3 mm. Namun pada Ponsel tertentu ada juga yang tak sama, maka anda harus menggunakan connector kombinasi.

Cara Pensetingan Suara pada Speaker

Setelah kabel dan jack sudah anda sediakan maka proses selanjutnya adalah;
  • Melihat dimana posisi input pada Amplifier atau Speaker anda. Anda bisa melihat posisi konektor DVD Player anda terpasang di ampli atau speaker anda, kemudian anda cabut konector dari DVD lalu anda pasang konektor yang anda beli tadi pada posisi input Amplifier tersebut. Dengan kata lain kita meminjam posisi konektor input DVD menjadi posisi kabel Ponsel anda tadi.
  • Sebelum proses ini anda laksanakan maka cabut dahulu perlistrikan pada perangkat anda supaya aman.
  • Hidupkan Amplifier anda, atur volume pada Ipad dan juga volume pada Amplifier anda. Sekarang anda tinggal mengatur kadar suara dan juga nada Bass yang anda inginkan.
  • Setelah anda selesai melakukan proses cara setting/ instalasi sound system menggunakan Laptop dan juga Handphone di atas, maka anda dapat dengan leluasa mendengarkan musik favorit anda dengan kencang dan berisi nada Bass.

Selamat mendengarkan musik favorit anda pada sound system anda.
Semoga bermanfaat.

Ponsel Terhubung ke Sound System

Jika anda ingin melihat handphone terbaru berikut harganya agar bisa dikoneksikan ke sound system, silakan lihat di sana.
Apakah anda ingin belajar Cara Setting Sound lainnya?

Semoga anda senang membaca halaman situs ini, Terimakasih...


.

Share this

Artikel Terkait