Sabtu, 25 April 2015

Cara Menginstalasi Fasilitas Compressor Limiter pada Sound System


.

Cara Instalasi Audio Compressor Limiter - Kita akan melanjutkan artikel saya sebelumnya yaitu tentang cara menggunakan pencampur audio pada sound system, dan ini adalah mengupas tentang cara menginstalasi sistim audio pada paket peralatan audio anda. Bila menginginkan suara yang lebih terpilih nada frekuensi kita bisa menambahkan Equalizer dan juga peralatan audio lainnya, misalkan Limiter. Untuk pensetingan ini memang dibutuhkan keahlian khusus dan hampir tak dapat dirasakan oleh telinga awam. Kita harus tahu apa yang dibutuhkan saat pensetingan pada suatu kondisi, apakah membutuhkan kompresi, limitting atau atau fungsi keduanya dalam keadaan bersamaan.

Apa itu Audio Compressor dan Limiter dan Bagaimana Cara Instalasi?

Kalimat ini terdiri dari 2 (dua) kata yaitu compressor dan kata limiter. Compressor adalah sebuah alat audio system yang berfungsi untuk memberikan efek tekanan bunyi dengan proses kontrol secara otomatis dengan ratio tertentu sehingga memberikan kekuatan yang stabil pada level/ volume output audio. Sedangkan Limiter adalah peralatan untuk memangkas sinyal audio yang terlalu berlebihan ke output sound system anda. Pabrik telah merancang peralatan ini dengan fungsi optimal dan tak terpisahkan, satu kesatuan yang kompak. Perlu pendengaran yang unik serta pengetahuan khusus dalam penyetelan device ini. Kita harus paham tentang area jangkauan dinamik suara pada level yang semestinya pada audio pada speker. Untuk pemasangan alat ini bisa anda lakukan seperti urutan berikut ini.

Saya pernah mendapati permasalahan saat sound system digunakan oleh orang yang suka menjerit-jerit di hadapan Microphone tanpa menjauhkan mic yang dia pegang dari mulutnya. Saat mereka menjerit tentu indicator level pada Mixer mengalami 'Peak' yang tinggi (mungkin sampai merah pada lampu LED indicator). Tak masalah kalau anda standbye pada mixer anda saat mereka menjerit (bersuara kencang) lalu menurunkan secara cepat channel yang berhubungan dengan microphone yang digunakannya saat dia menjerit. Kondisi ini akan membuat level menjadi tinggi pada output audio. Apabila audio melebihi kapasitas daya tampung speker anda, tentu akan berakibat peralatan speker anda akan rusak, terutama adalah bagian Horn (tweeter). Pada halaman ini khusus mengupas tentang memproses audio menggunakan Compresor Audio Limiter. Untuk apa dipasang alat ini dan apa fungsinya? Mari kita ikuti paragrap per paragrap halaman ini.

Pemasangan untuk Penggunaan Per-channel saja pada Mixer Audio - Penggunaan Insert channel

Mungkin anda sudah membaca seluruh artikel-artikel saya di sini. Dalam situs saya ini terdapat materi tentang Insert Channel. Coba anda simak ulang bila kurang paham. Kita bisa memasang compressor ini pada salah satu channel audio yang kita inginkan. Prinsip ini kadang diterapkan pada operator sound system yang berpengalaman dalam menangani konser musik. Mereka memfungsikan alat ini untuk memangkas atau menekan sinyal suara snar drum. Bila anda ingin memanfaatkan sistim ini maka mixer consul anda harus terdapat fasilitas ini pada masing-masing kanal monaural mixer desk.

Pemasangan pada Main Output

Cara ini yang umum digunakan oleh para soundman termasuk saya. Saya memasang alat ini adalah setelah pada stage Equalizer.Coba lihat urutan berikut ini;
  1. Main Output Mixer sambungkan [via kabel dengan connector XLR] menuju Input EQ, Outut EQ kemudian menuju Input Compressor Limiter dan langkah selanjutnya menuju Amplifier kemudian ke masuk ke Speaker.
    Atau yang kedua, urutannya sama dengan di atas cuma menggunakan speaker aktif
  2. Main Output Mixer [via kabel dengan connector XLR] kita sambungkan menuju Input EQ selanjutnya sambungkan menuju Input Compressor Limiter, dan kemudian sambungkan ke Active Speaker.

Bisakah Limiter (Compressor) dipasang pada Sound System TOA

Jawabannya sangat saya rekomendasikan untuk menggunakan alat ini terutama digunakan di tempat peribadatan yang umumnya menggunakan sound system merk TOA. Kondisi ini bila sound ini menggunakan Mixer sebagai input seluruh mikropon. Bila tidak menggunakan Mixer maka instalasi perangkat tambahan ini tidak bisa diterapkan.

Penutup dan kesimpulan
Jadi keuntungan bila menggunakan fasilitas tambahan audio ini dapat mengurangi tingkat kerusakan pada output suara yang kita dengarkan, terutama Horn Tweter.

Compressor Limiter
Compressor dan Mixer dbx,
Berapa harga alat ini?

Apakah anda ingin melihat yang lainnya?

Terimakasih atas kunjungannya...


.

Share this