Jumat, 01 Mei 2015

Macam-macam Jack Kombinasi pada Audio System - Aksesoris Vital


.

Aksesoris Vital yang perlu diketahui
Sekarang banyak jack-jack kombinasi untuk dipergunakan dalam aksesoris sound system yang dijual di pasaran, jadi kita tak perlu lagi untuk membuat atau merakit konektor ini. Konektor kombinasi adalah jack untuk menyesuaikan kondisi jack input pada audio input dengan bentuk jack dan pengkabelan yang kita punya.

Connector Audio System

Sebelum kita mengupas hal ihwal pada artikel ini ada baiknya anda harus mengetahui macam-macam jack dan kegunaannya, coba anda lihat pembahasan ini pada menu yang terkaiti. Penggunaan jack kombinasi ini sangat berguna dalam kondisi terdesak. Mungkin anda hanya memiliki kabel audio dengan menggunakan konektor XLR saja dan kemudian anda mendapati sebuah sumber bunyi (misalkan Keyboard), namun pada alat ini tidak menggunakan Conector XLR, maka anda tinggal menancapkan jack kombinasi/ perubah dari posisi XLR ke TRS (TR Phono) jack. Jack kombinasi atau juga jack pengubah input/output ini terdiri dari Female dan Male. Anda harus menyiapkan jack pengubah ini dalam assesoris peralatan sound system anda. Permasalahan lain mungkin sering kita alami tatkala hendak menancapkan Headphone ke jack Phones pada Mixer namun antara jack handset yang kita punya dengan jack yang terdapat di mixer berbeda ukuran dan type, maka inilah kegunaan Jack kombinasi ini.
Berikut ini kita akan memperlihatkan satu persatu macam-macam bentuk jack pengubah ini berikut kegunaannya.

1. Jack Kombinasi Pabrikan

Jack ini siap pakai sesuai peruntukan yang ditancapkan secara langsung pada peralatan yang ingin akan disesuiakan input atau output-nya. Sebenarnya ada banyak macam jack-jack untuk output atau input yang dapat disesuaikan ini. Misalkan anda ingin mengubah posisi jack Phono (TRS) menjadi Jack RCA, maka anda harus membeli pengubah jack ini. Untuk penggunaan Stereo pada output dari komputer dan anda ingin menancapkannya pada monaural channel pada Mixer maka ada jack yang sudah tersedia di pasaran namun ada penambahan/ perubah RCA ke Phono (TR Jack). Coba lihat gambar berikut ini tentang contoh beberapa jack kombinasi dan cara menghubungkan audio output pada komputer ke saluran Mixer audio.

Macam-macam Connector Combination

Gambar 1,
Macam-macam Jack Kombinasi Pabrikan

Cara menghubungkan audio dari komputer ke Mixer menggunakan jack kombinasi

Gambar 2
Cara Menghubungkan HP atau Laptop ke Audio Mixer dengan Jack Kombinasi

Menghubungkan Jack kombinasi ke Mixer

Gambar 3
Jack kombinasi ke Mixer

XLR to TRS Connector Combination

Jack ini bisa dipergunakan sebagai Input dan atau juga sebagai Output dengan phase balance. Jack ini terdiri dari kutub (+), kutub (-) dan Grounding.
Gambar 4
Jack Combination - XLR to TRS Balance

2. Jack Kombinasi Rakitan

Gambar 5
Jack Kombinasi Rakitan

Kondisi ini didapati bila kita tak menjumpai konektor perubah yang permanen (pabrikan). Diperlukan pengetahuan khusus untuk membuat jack penghubung ini. Anda harus memahami cara menyolder dan mengetahui posisi terminal penyolderan pada kaki (kutub) konektor ini. Anda bisa melihat contoh gambar seperti pada gambar 5.

Baca juga
Kegunaan dan Memfungsikan DI (Direct Inject) Active pada Sound System
Peralatan Apa saja yang Diperlukan dalam Perangkat Sound System

Tujuan akhir dari artikel ini

Ini hanyalah sedikit pengetahuan yang bisa kita peroleh tentang cara mengatasi kesulitan bila kita mendapati permasalahan yang mendesak saat kita berhadapan pada masalah cara sistim penkoneksian peralatan pada sound system anda. Mudah-mudahan pengalaman anda akan bertambah setelah mendapati kondisi saat menghubungkan peralatan anda.


.

Share this