×

Apakah Bisa Sound System Mobil Dipasang di Rumah

Apakah Bisa Sound System Mobil Dipasang di Rumah - Kalau bahasa English mungkin maksudnya seperti ini; will be the audio mobile set at home? Ya, kurang lebih seperti ini yang bisa saya maknai. Jawabannya adalah bisa saja. Lalu bagaimana cara setting sound system mobil di dalam rumah anda? Dengan kata lain adalah merubah sound system mobil menjadi sound system rumah.

Kadang ada rasa penasaran anda melihat atau mendengarkan audio pada mobil milik teman anda dan anda ingin meniru fasilitas milik teman anda tersebut pada mobil anda. Haha, bisa jadi kita belum mampu untuk membeli mobil namun ketertarikan ini membuat kita ingin berimpropisasi dan bereksprimen dengan audio mobile pada home theater (rumah) anda. Anggaplah merek atau tipe telah anda setujui namun ada kebingungan untuk menginstalasi atau mengaktifkan peralatan ini pada rumah kita.
Mau tahu caranya? Rahasianya terletak dimana ya? Mari kita simak pada ulasan di bawah ini.

Peralatan Mobil Audio System yang Dibutuhkan untuk Home Theater

Ada banyak cara untuk melengkapi kebutuhan ini dalam rangka merubah sound mobil menjadi sound rumahan atau home theater mini anda.
Peralatan mobil sound system untuk rumahan ini terdiri dari;
  1. Player Audio (Tape/ DVD Player)
  2. Power Amplifier System (PA System)
  3. Speaker System, terdiri dari Sub Woofer, Middle, dan High
  4. Catu Daya Listrik (Power Supply System)
  5. Tambahan dan aksesoris lainnya

Dari kategori peralatan di atas mari kita bahas di bawah ini

1. Peralatan Player Audio Source System

Pilihan untuk pemutar musik ini tergantung selera anda. Anda bisa menggantikan posisi DVD (CD) Player Car Mobile dengan perangkat untuk rumahan yang lain, misalkan komputer dan lainnya. Namun bila anda tetap menginginkan menggunakan Player (Tape Player) yang terdapat di dalam mobil maka kondisi ini bisa anda terapkan di rumah anda. Cuma anda harus membuat semacam rack yang mirip dengan kondisi dashboard di dalam mobil agar nampak atau seolah anda berada dalam mobil. Sekali lagi ini tergantung bagaimana anda mendisainnya. Kabel-kabel harus dalam keadaan rapi atau tidak terlihat semrawut. Bagaimana pilihan anda untuk kondisi ini.

2. Peralatan Power Amplifier System

Mungkin anda sedikit asing dengan penggunaan peralatan ini apakah bisa diterapkan di rumah. Simak pada penomoran 4 di bawah ini. PA system untuk audio mobil memerlukan catu daya dari batere yang terdapat di mobil atau mendapat asupan listrik dari generator listrik pada mobil saat mesin menyala. Pada Power Ampli mobil biasanya memiliki daya output suara yang cukup besar, misalkan 2000W PMPO. Di dalam body PA terdapat beberapa setelan berupa level volume dan beberapa saklar. Untuk distribusi 'output suara' biasanya berupa terminal out untuk speker yang menggunakan baut. Untuk input biasanya menggunakan Jack RCA.

3. Peralatan Speaker System dan Box Speaker

Ada berbagai macam merek yang menawarkan kualitas terbaik bagi speaker audio. Speaker ini terdiri dari nada rendah (LOW), nada menengah dan juga Tweeter Horn Speaker. Anda bisa merancangnya stereo menjadi satu box pada tiap kanal, artinya 2 buah box terdiri dari kiri dan kanan. Desainnya tergantung keinginan anda. Di beberapa tempat ada yang menjual box speaker dengan berbagai bentuk dan ukuran. Syukur-syukur bila anda bisa membuat sendiri. Speaker untuk Low (sub woffer) bisa menggunakan diameter 12 inchi atau 15 inchi.

Ada beberapa distribusi sinyal input untuk speker ini yang berasal dari Power, yaitu ;
  • 1 Box kanal speker pada bagian (L) menerima asupan suara dari satu power di saluran Out (L) pada Power Ampli, box kanal terdiri dari low, mid dan high
  • 1 box kanal speker bagian (R) terhubung dari power Ampli di Out (R), box kanal terdiri dari low, mid dan high

Ada cara lain dalam menyalurkan output SP pada Power Ampli ke speaker yaitu dengan hanya membunyikan wofer saja sementara nada middle dan tweeter langsung terhubung ke Out SP pada Player Audio (Tape Mobil), dengan kata lain Power Amplifier hanya untuk membunyikan SUB Woffer saja.

4. Catu Daya Listrik untuk Audio Mobil

Inilah yang membuat sistim audio ini berfungsi dalam operasional di rumah anda. Untuk menggerakkan atau menghidupkan Car Audio system di dalam rumah maka memerlukan penurun tegangan listrik rumah anda menjadi tegangan 12 Volt DC. Daya listrik yang dikeluarkan Adaptor ini (Power Supplai) harus memiliki kapasitas dengan kisaran 20 - 30 Ampere agar suara kencang yang terdengar tidak terjadi drop. Adaptor Power Supply ini banyak dijual di pasaran.

4.1 Instalasi pengkabelan :

Hubungkan kutub Positif berwarna merah di power supply ke bagian positif car audio anda, hitam (negatif) ke kabel hitam di peralatan audio anda. Perlu diperhatikan adalah tegangan harus dalam voltage 12 Volt dan jangan menghidupkan catu daya listrik sebelum kabel terinstalasi dengan benar.
Coba juga lihat artikel berikut tentang instalasi sound system mobil.

5. Kabel Audio dan Kabel Speaker lainnya

Kabel audio ini terdiri dari penghubung antara Power Amplifier ke Speaker (kabel Speaker) dan kabel audio penghubung antara perangkat Player (Tape Mobil) menuju ke Power Amplifier (kabel sinyal audio). Kabel sinyal audio merupakan kabel untuk menghubungkan Line Output dari Player ke input power Ampli, biasanya menggunakan Jack RCA. kabel penghubung antara Power ke Loudspeaker menggunakan kabel khusus speaker berwarna transparan, mirip kabel listrik biasa. Usahakan jarak antara power ke speaker ini tidak panjang.

6. Peralatan Aksesoris Tambahan (bisa include dalam peralatan sound Anda)

Aksesoris tambahan ini meliputi
  • EQ (Equalizer)
  • Audio Mixer (bila suka)
  • Microphone
    ➣ Mic kabel
    ➣ Mic Wireless
  • dll

Untuk memfungsikan peralatan ini maka diperlukan pengetahuan khusus agar bisa diterapkan.

Sound System Mobil
Baca juga rubrik berikut:
Kesimpulan
Setelah anda membaca artikel ini maka dapat disimpulkan bahwa anda dapat menjadikan "car mobil" menjadi home teater di rumah, namun kita harus mendalami petunjuk penggunaan yang terdapat dalam setiap peralatan elektronik sebelum diaktifkan.

Hubungi teman yang lebih memahami cara setting Sound System Mobil dipasang di rumah dan cara mengkoneksikan perangkat ini di daerah anda berada.