Kamis, 04 Agustus 2016

Instalasi Sound System Mobil Murah Memakai Power Amplifier Rumahan


.

Power Amplifier Sound System Rumah (Buildup atau Rakitan) Dipasang di Mobil - Artikel ini merupakan kebalikan dari artikel saya terdahulu yang menjelaskan tentang apakah bisa perangkat sound system mobil (dalam hal ini Tape Player Mobil beserta Power Amplifier-nya) diinstal di rumah. Menurut anda apakah bisa kalau sound system untuk keperluan rumah ini kemudian kita pasang di mobil?

Tentu saja bisa bila kita ingin menginstalasi atau memasang Power Amplifier rumahan di dalam mobil, baik itu power ampli rakitan, buildup, active speaker dan juga sub woofer, cuma memang memerlukan peralatan perubah tegangan listrik DC 12 V (dalam hal ini Accu) menjadi tegangan AC 220 Volt.

Sound System Mobil Rumahan Murah

Pembahasan tentang peralatan yang dibutuhkan dalam sound system mobil serta proses instalasi. Tema yang akan kita bahas meliputi;
  1. Alat Converting DC to AC
  2. Power Amplifier Rakitan Dipasang di Mobil
  3. Power Amplifier Pabrikan Dipasang di Mobil
  4. Speaker Aktif Rumahan Dipasang di Mobil
  5. Daya listrik yang dikonsumsi
  6. Instalasi Power Sound System untuk Mobil
  7. Segi keamanan dan kerusakan

Fungsi Alat Converting Listrik DC to AC untuk Power Audio Mobil

Alat converter ini mobil untuk mengubah tegangan listrik DC 12V yang berasal dari aki mobil menjadi tegangan listrik AC 220 V (tegangan listriknya seperti stop kontak listrik di rumah). Fungsi converter adalah menkonverting (merubah) tegangan listrik dari suatu polaritas ke polaritas yang lain, dalam hal ini adalah dari tegangan DC menjadi AC. Dengan alat converter ini kita bisa menghidupkan power audio mobil rakitan atau juga pabrikan di dalam mobil kita. Namun yang harus menjadi perhatian kita adalah berapa daya yang dikeluarkan oleh peralatan pengubah listrik ini. Kita harus pandai menyesuaikan antara daya konsumsi listrik pada Power Ampli yang kita miliki dengan daya yang dihasilkan oleh peralatan converter ini. Usahakan daya maksimun yg dikeluarkan converter harus lebih besar dari konsumsi listrik Power Ampli kita. Konsumsi listrik Power ampli bukan bermaksud daya yang dikeluarkan oleh power Amplifier tersebut. Daya output suatu Power Ampli diukur berdasarkan daya RMS yang dikeluarkan untuk mendorong sebuah Loudspeaker dalam satuan watt.

Sebagai contoh, bila anda mencoba menghidupkan Power Amplifier di rumah anda namun dengan daya listrik rumah kita sekitar 900 W, kemudian saat anda menghidupkan Power Ampli Pabrikan tersebut ternyata NCB listrik rumah jatuh (turun), maka pemakaian daya input listrik (konsumsi listrik) atas PA tersebut bisa jadi melebihi daya listrik di rumah kita yang cuma 900 W. Maka converter yang musti anda gunakan adalah harus dengan daya yang lebih besar dari 1000 watt-an.

Sebaiknya alat converter ini anda fungsikan untuk peralatan audio yang memiliki konsumsi listrik kecil, misalkan Equalizer, Mixer, dan Layar display untuk difungsikan sebagai monitor karaoke atau menonton acara TV. Semakin besar daya yang dihasilkan oleh converter tentu semakin tinggi juga harganya. Dan asfek lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah kemampuan batere Mobil anda akan mudah susut karena terlalu dikuras oleh alat ini.

Power Amplifier Rakitan Dipasang di Mobil

Mungkin anda memiliki power rakitan yang sebenarnya difungsikan untuk sound rumah anda, baik itu yang anda buat sendiri atau teman anda, kemudian ada keinginan anda untuk menempatkannya (memasangnya) di mobil anda. Menurut saya, kenapa anda tak mau merakit Power Amplifer khusus mobil. Saya rasa mungkin Modul Kit PCB-nya tersedia di pasaran, dan mungkin hasil kalkulasinya jauh lebih murah bila kita terfokus untuk merakit Home Power sound system yang musti ditambah dengan peralatan tambahan lain. Prosesnya jauh lebih rumit. Lebih rumit bila kita bandingkan dengan memasang tape player mobil di rumah. Tak hanya itu, saat kita memposisikan Power Ampli ini di kabin mobil tentu memerlukan pemakaian ruang (tempat) yang mana kita ketahui Power rakitan jauh lebih besar ukurannya dibanding dengan Power khusus Mobil yang lebih mungil dan ringan.

Speaker Aktif Rumahan Dipasang di Mobil

Kita tahu bahwa speaker aktif adalah box speaker yang di dalamnya sudah terdapat Panel control audio, Power Amplifier, Power Supply, dan drive Loudspeaker mulai dari ukuran mulai 8 inch hingga 18 inch. konsumsi listrik untuk Active Speaker ini juga bervariasi, mulai dari 50 Watt hingga 400 Watt perunit. Speaker aktif untuk sound rumahan ada yang terbuat dari bahan kayu dengan ukuran box 50 x 15 cm (tinggi dan lebar) dan ada juga dari bahan fiber. Sangat beragam. Yang perlu anda pastikan adalah daya input listrik di buku petunjuknya. Jika anda bisa menyalakan alat ini dengan NCB listrik 450 W berarti alat ini berdaya litrik rendah. Speaker aktif rumahan yang terbuat dari kayu ini biasanya terdiri dari dua kotak speaker yang salah satu kotaknya terdapat tombol pengatur Volume, bass dan treble. Kotak yang lain hanya menghubungkan kabel speaker ke kotak utama (yang terdapat panel kontrol).

Model Box Sound System Mobil Menggunakan Speaker Aktif Rumahan dari Kotak Papan

Speaker Aktif rumahan yang terbuat dari papan seperti gambar di bawah ini sepertinya cocok bila kita terapkan di kabin mobil kita. Konsumsi litriknya tidak begitu besar dan suaranya termasuk kencang.
Mungkin anda dapat memanfaatkan Model Box untuk Sound System Mobil anda dengan menggunakan Speaker Aktif rumahan yang terbuat dari bahan kotak papan

Power Amplifier Rumah Dipasang di Mobil

Cara Pasang Power Audio Mobil

Cara Modifikasi Audio Mobil. Untuk proses instalasi Sound System atau cara pasang power audio mobil tentu memerlukan pengetahuan khusus. Cara asang speaker aktif di Mobil sudah pernah saya jelaskan di halaman ini tentang pengadaan dan instalasi Sound system untuk mobil yang di dalam artikel tersebut berisi cara menginstal dan melakukan pengkabelan serta apa saja peralatan yang dibutuhkan.

Cara Pasang Power Audio Mobil berupa Sub Woofer Aktif Fiber di Mobil

Banyak merek terkenal Speaker Aktif (bahan fiber) sub woofer dengan daya output suara (RMS) yang lumayan besar. Loudspeaker yang dipakai untuk Sub woofer rata-rata 12 hingga 18 inchi, tergantung desain dari pabrik. Power Amplifier internal di dalam box berdaya di atas 400 W ke atas.

Jika anda suka untuk menempatkan sub woofer (18 inchi misalkan) di mobil anda, maka sesuaikan dahulu kondisi ruang mobil anda dan dimana harus menempatkannya sebelum anda membeli dan kemudian mengetahui juga cara pasang power audio mobil ini. Bila instalasi sudah tertata baik maka kita dapat mengatur kondisi Level Volume, Bass dan Treble tergantung selera anda.

Segi Keamanan seluruh Peralatan di Mobil

Karena ini berhubungan dengan pengolahan listrik maka kita harus waspada terhadap terjadinya hubungan singkat dan overheat saat peralatan beroperasi. Kewaspadaan lain adalah sistim perkabelan yang harus sempurna dan jangan sampai ada yang terkelupas. tetap salau meperhitungkan arus listrik yang mengalir harus melewati sebuah proteksi listrik, minimal sekering yang sudah diukur Ampere-nya oleh teknisi.

Baca juga :  Apakah Bisa Sound System Mobil Dipasang di Rumah

Penutup
Semoga tulisan saya ini yang berjudul Power Amplifier rumahan dipasang di mobil ini berguna bagi kita semua.


.

Share this