Kamis, 11 Agustus 2016

Cara Membuat Speaker Aktif Murah Meriah Berkualitas


.

Cara Membuat Speaker Aktif Murah Meriah dan Berkualitas - Berbicara tentang 'cara membuat' maka dapat dipastikan bahwa ada suatu keinginan dari anda untuk mencoba sesuatu yang merupakan hasil olah tangan anda sendiri. Dan apabila anda hendak membuat sesuatu pasti memerlukan perencanaan dan pengetahuan khusus tentang bagaimana caranya dan bagaimana langkah-langkahnya. Berbicara mengenai cara membuat atau merakit speaker aktif dengan harga murah, ini berarti anda harus memiliki kemauan dan kemampuan dalam bidang elektronika serta kemampuan di bidang pertukangan lain yang berhubungan agar dapat mewujudkan keinginan anda agar menjadi sebuah sound system rakitan yang bagus namun murah meriah namun tetap memiliki suara yang berkualitas.
Bisa jadi anda mungkin seorang pelajar STM kejuruan bidang elektronika dan ingin berekspresi. Bidang pertukangan lain yang saya maksudkan adalah cukup paham dalam hal membuat kotak yang terbuat dari papan agar menjadi wadah box speaker. Tapi ini bukan menjadi suatu kendala sebab kini banyak tersedia kotak speaker siap pakai atau dengan cara memesan ke tukang buat kotak speaker.

Kita tahu bahwa speker aktif adalah speaker yang di dalamnya terdapat komponen elektronik sound system berupa penggabungan dan penginstalasian dari loudspeaker, amplifier, power suplay dan mixer mini yang berada dalam sebuah kotak atau box-speaker. Mixer mini bertugas untuk memasukkan dan menggabungkan sumber input suara, Mixer kecil ini merupakan rinsip kerja pra Amplifier dalam menguatkan sumber suara tahap awal. untuk pembuatan kotak speaker coba lihat tautan yang berhubungan.

Cara Merakit Speaker Aktif Murah dan Bagus - Apa saja Bahannya?

Sebelum kita berlanjut pada materi pembahasan tentang cara membuat sound system rumah pada halaman ini berupa cara merakit aktif speaker yang murah, coba kita lihat dulu bagaimana kontruksi dan juga bahan-bahan yang digunakan di dalam wadah kotak speaker ini agar dapat menjadi pedoman bagi kita sebelum ke proses pembuatannya.

Bila kita membuka tutup speaker jenis aktif yang dibuat oleh pabrik, maka di sana dapat kita lihat ada beberapa komponen yang ditata cukup rapi yang terdiri dari;
  • Blok modul Amplifier PCB
  • Trafo dan Regulatornya
  • Pagian Pre Amp (yang berfungsi juga sebagai pengaturan volume, bass, treble) dan mixing audio
  • Penguat Microphone (yang mungkin dilengkapi dengan echo)
  • Driver Speaker dan Tweeter
  • Casing atau box speaker
Gambar
Cara Membuat Speaker Aktif
Speaker Aktif buatan Pabrik

1. Cara Merakit Amplifier Rakitan - Blok Modul (PCB) Amplifier Siap Pakai

Sebenarnya bila ditilik dari judul di atas, sekilas dapat kita samakan juga dengan cara membuat power amplifier rakitan, sebab saat kita akan membuat spiker aktif ini maka kita juga harus tahu cara membuat Amplifier. Membuat amplifier rakitan ini ada yang rumit dan ada juga yang susah, tergantung seberapa besar output daya yang dihasilkan. Tentu semakin besar dayanya maka akan semakin besar pula dana yang kita butuhkan untuk proses ini.

Dahulu belum tersedia PCB untuk sebuah modul sirkuit power amplifier, namun tidak seperti sekarang ini telah banyak tersedia di toko elektronik yang di sana menyediakan modul Kit Power Amplifier, Kit Mixer, Kit Tone control dan lainnya yang sudah dirakit dan disolder di PCB. Kita tak perlu lagi menempatkan peralatan elektronik dan menyoldernya di PCB. Kit Modul ini sudah siap pakai. Tugas anda selanjutnya cuma merakitnya dan menginstalasi perkabelan di dalam sebuah kotak.

Saya dahulu merakit ampli ini dengan cara mendesain atau menggambar terlebih dahulu jalur-jalur PCB berdasarakan pembacaan skema ampli yang akan saya buat. Kadang juga saya merakitnya di PCB berlubang, cukup rumit. Sementara untuk membuat kotaknya pun saya harus mengukur dan mengergaji sendiri papan untuk kotak ampli dan kotak speaker-nya. Namun di sinilah seninya, di sinilah kebanggaannya setelah semuanya selesai dan kita menikmati suaranya walau mungkin tak sempurna. Syukur kalau suaranya bagus setelah semuanya selesai. Pengalaman-pengalaman inilah yang secara otomatis mengajari kita akan sebuah proses.

Untuk blok modul Amplifer ini harus dipasang dengan alamunium pendinginan

Cara Membuat Speaker Aktif Murah Meriah
Kit Modul PCB Amplifier Murah

2. Diameter Ukuran dan Daya Driver (Komponen) Speaker

Diameter ukuran Driver Speaker yang dapat anda buat untuk speaker active buatan anda mulai dari ukuran diameter lingkar speaker mulai dari 8 inci, 10 inci, 12 inci hingga 15 inci. Sementara untuk daya driver speaker ini tergantung kondisi berapa daya output amplifier yang akan anda buat. Untuk driver speaker dengan diameter 15 inci hingga 18 inci maka kekuatan suaranya kurang begitu mendorong bila menggunakan daya ampli yang kecil. Daya amplifier yang besar tentu membutuhkan suplai arus listrik yang besar juga dan tentu ini berati kia harus membutuhkan transformer (trafo) yang besar juga. Kesimpulannya adalah kita juga harus membutuhkan konstruksi box speaker yang juga lebih besar, kecuali anda bisa menempatkan posisi dari tiap peralatan.

3. Jenis Tweeter Driver dan Ukurannya

Kini banyak sekali tersedia berbagai jenis driver tweeter atau Horn drive. Tweeter ini berfungsi untuk membunyikan audio bernada tinggi, decisan. Ukurannya juga beragam.

4. Cara Menginstalasi Bagian Trafo dan Regulator

Trafo (transformer atau tranformator) adalah peralatan elektronik untuk menurunkan tegangan listrik, tergantung desain yang kita perlukan. Trafo juga bisa berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik. Power Amplifier memerlukan energi listrik arus searah (DC) dan mengenai tegangannya tergantung seberapa daya sirkuit atau komponen power Amplifier. Tegangan paliing minim untuk menggerakkan sirkuit amplifier adalah 12 Volt dan mungkin ada juga yang cuma 5 volt namun suaranya tak kencang. Amlifier tegangan minim 5 volt ini dapat kita temui pada perangkat ponsel kita dan juga mainan anak-anak.

Transformer yang digunakan untuk amplifier ada yang berbentuk persegi dan ada juga yang bulat yang disebut transformer toroid. Untuk merubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC) maka diperlukan sebuah komponen diode dan dilengkapi dengan filter untuk mengurangi kerutan listrik oleh beberapa capacitor yang diantaranya ada electrolyte capacitor (elco). Setelah arus telah disearahkan oleh dioda bridge ini kemudian menuju ke rangkaian Regulator untuk didistribusikan ke sirkuit Power Amplifier. Distribusi tegangan yang dihasilkan regulator ini mungkin terdiri dari beberapa tegangan keluaran.

5. Cara Menyusun Sirkuit Penguat Microphone

Komponen ini kadang terpisah dari blok PCB utama power amplifier. Sirkuit penguat depan (Pra Amplifier) ini berfungsi untuk menguatkan sinyal getaran suara tahap awal dari sebuah microphone. Komponen ini mungkin dilengkapi dengan echo. Banyak tersedia di toko elektronik untuk modul PCB-nya. Blok ini tak musti terpasang di dalam box yang sama, jadi kita tak usah memasangnya.

6. Cara Merancang Casing atau Box Speaker

Untuk membuat speaker casing atau wadah speaker (enclosure) bisa anda buat sendiri dengan cara memotong sendiri papan dengan menggunakan alat gergaji listrik agar pekerjaan kita lebih mudah. Saya sudah pernah membuat kotak speaker ini hanya menggunakan gergaji tangan biasa. Kendala yang saya dapati saat itu adalah bagaimana cara membuat lubang untuk meletakkan loudspeaker. Pada saat itu saya menggunakan pahat kayu yang sebelumnya harus memberi tanda dengan cara mengukur sisi kerangka loudspeaker menggunakan pensil sebagai jalur pemotongan.
Kalaupun malas untuk membuat sendiri kotak loudspeaker ini maka sekarang ini sudah banyak tersedia kotak speaker baik dari bahan papan dan juga dari bahan plastik, kita tinggal menyesuaikan ukurannya saja.

Untuk mengetahui keterangan lebih lanjut tentang cara merakit komponen sound system ini maka baca artikel tentang belajar merakit sendiri power amplifier bagi anda pecinta elektronika

Bila anda ingin mengetahui macam-macam speaker dan harga aktif speaker silakan buka artikel ini.
Baca juga artikel tentang
Terimakasih atas kunjungan anda.


.

Share this

Artikel Terkait