×

Sistim Audio Surround Sound Home Theater

Sistim Audio Surround Sound Home Theater - Pada sound system, Audio Surround system adalah kehadiran suara yang seolah-olah terdengar suara efek lain yang berada dalam sekeliling Anda dalam ruangan home theater. Itu berarti harus ada penempatan Loudspeaker di dua sudut ruang belakang anda yang kemudian memproyeksikan suara digital kualitas tinggi dari semua sudut seolah-olah Anda berada di sebuah theater.

Surround Sound Home Theater
Ini berarti suara diversifikasi dengan adanya suara Bass yang dalam serta bergemuruh di lantai yang mengikuti efek suara ledakan terjadi di layar, dan efek suara halus yang bergerak cepat dan menekan di belakang Anda dalam sebuah adegan yang menegangkan. Dalam memainkan musik itu adalah efek terselubungi dalam lagu yang Anda dengarkan. Apakah anda ingin melengkapi dan merancang instalasi sound system rumahan anda dengan sistem surround sound?

Dalam paket home theater speaker berarti terdiri dari satu set speaker yang terdiri dari lima unit termasuk semua center Loudspeaker dan subwoofer untuk bass yang cukup kuat. Ini adalah istilah 5.1 ( lima.satu) berasal dari lima speaker dan sebuah subwoofer.

Jenis Konfigurasi Sistem Speaker Surround Sound

Berikut ini apa saja yang terdapat pada sistim konfigurasi speaker surround

A). Konfugurasi 2.1 System Speaker

Sistem audio 2,1 secara teknis bukan merupakan surround sound tetapi itu pasti langkah dari Loudspeaker sederhana rak (yang tidak memiliki manfaat dari subwoofer). Seperti halnya dengan sistem 5.1, singkatan dua satelit speaker di kiri dan kanan depan 2 dan titik 1 berdiri untuk subwoofer. Jadi suara 2 titik1 adalah solusi ekonomi yang bagus jika Anda tidak memiliki uang atau ruang untuk apa yang disebut nyata mengelilingi suara (setidaknya 5.1 speaker), tetapi Anda masih ingin kualitas tinggi, suara yang dinamis.

B). Konfigurasi 5.1 Surround Sound Speaker

5.1 Surround sound sistem menghadirkan kualitas yang cukup, sebagai sistem suara surround yang nyata. Hal ini karena speaker lima memungkinkan untuk dua kiri dan kanan depan speaker, dua kiri dan kanan belakang speaker (di belakang kepala Anda), kualitas Loudspeaker tengah (5 di 5.1) dan sub-woofer powered untuk suara deep, gemuruh nada bass. Saat sinyal suara digital surround (seperti Dolby atau THX) yang dimainkan melalui sistem seperti ini, maka Anda masuk ke sebuah dunia suara baru yang seutuhnya, yang disertai gemuruh ledakan dinamis musik dan efek suara lembut meliputi seluruh tuang home teater Anda.

C). Konfigurasi 6.1, 10.2, dan sistem multi Speaker lainnya

Jumlah 5.1 surround sound dianggap sebagai Loudspeaker minimum yang diperlukan untuk surround sound yang real. Konfigurasi umum lainnya meliputi 6.1 (yaitu enam speaker dan sub-woofer) atau 10.2 (sepuluh speaker dan dua sub woofer). Konfigurasi seperti ini bukanlah suatu masalah besar, dan sebagian besar tergantung pada ukuran dan keinginan anda. Kebanyakan ahli audio akan memberitahu Anda bahwa perlu penempatan speaker di atas dinding untuk memastikan bahwa speker-speaker yang seimbang pada setiap sisi ruangan. Dalam sistem 6.1, satelit tambahan biasanya pergi di arah tengah kembali ruangan untuk menyeimbangkan speaker pusat bagian depan.

Komponen System Speaker Surround Sound

Di bawah ini adalah definisi dari berbagai bagian komponen dari sistem surround-sound serta definisi dari berbagai sistem itu sendiri yang terdiri dari;

1. Satelit Speaker System

Loudspeaker satelit adalah istilah umum yang digunakan untuk salah satu speaker pengiring yang khusus ditempatkan di sebelah kiri atau kanan sisi ruangan. Dalam sistem 5.1 standar ini berarti keberadaan speker di posisi kiri dan kanan depan, dan kiri dan kanan belakang speaker. Total semuanya terdiri dari empat speaker ditambah Center Loudspeaker, yang membuat lima, dan kemudian 1 mewakili Sub-woofer, yang adalah bagaimana istilah "5.1" dikembangkan. Jadi kalau disebut suara surround 6.1 berarti enam speaker ditambah subwoofer hanya satu.

2. Center Speaker System

Pusat Speaker dalam sistem surround-sound sering dianggap menjadi Loudspeaker paling penting dari semua speaker surround sound system. Biasanya lebih besar, lebih fleksibel, dan berisi lebih individual speaker Cone daripada satelit Speaker lain, sebagian besar suara utama yang disalurkan melalui speaker ini. Dalam film, sebagai contoh, ini berarti dialog dan efek suara yang penting lainnya. Sistem suara surround kualitas tinggi akan memiliki center Speaker yang berbeda dari satelit kiri dan kanan.

3. Speaker Subwoofer System

Subwoofer adalah Speaker besar, bertenaga yang khusus dirancang untuk menghasilkan nada bass dan frekuensi rendah. Subwoofer menggunakan tekanan udara untuk membuat hentakan, suara gemuruh untuk mengisi ruang dengar anda dengan suara-suara bass (Low). Subwoofer paling sering ditempatkan di lantai di sudut ruangan untuk mendapati efek maksimum di seluruh tempat. Ketika Anda berada di sebuah ruangan atau teater anda dengan bass keras yang membuat lantai rumble mengesankan di bawah kaki Anda, itu adalah gemuruh suara dari subwoofer yang Anda rasakan. Pada PC surround sound system, subwoofer membantu menciptakan nada bass yang fantastis ketika bermain musik atau film yang sangat menarik.

4. Equalizer dan Mixer

Biasanya, equalizer dan mixer akan hanya menjadi bagian dari PC Anda (atau audio receiver, teater rumah). Kebanyakan komputer memiliki built-in equalizers atau mixer sebagai bagian dari spesifikasi output card suara dan kebanyakan perangkat lunak audio lain yang juga dilengkapi dengan mixer sendiri. Pada sistem yang benar-benar high-end, atau sistem yang memerlukan banyak Power audio, Anda mungkin perlu menambah Equalizer terpisah sebagai bagian dari sistem amplifikasi Power.

Penutup
Sebagai panduan, anda dapat juga menyimak Membeli dan Merancang Sound System untuk Home Theater
Semoga artikel ini yang berjudul Audio Surround Sound Home Theater bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Simak juga halaman tentang Audio mobil.
Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman situs sound system ini.

Sampai jumpa pada pertemuan mendatang