Rabu, 29 Oktober 2014

Pengadaan dan Cara Pasang Audio Mobil Sound System


.

Harga dan Cara Instalasi Audio Mobil Sound System
Di dalam mobil biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas sound system atau paling tidak udah dilengkapi dengan tape mobil. Dengan berkembangnya teknologi maka pabrik sudah mendisain peralatan musik player (Stereo Player) dengan memberikan perangkat CD atau VCD Player. Namun ini semua faktor telinga. Kadang anda ingin merubah sistem perangkat yang ada. Dahulu ada teman-teman saya pernah menyuruh saya untuk mendisain perangkat sound di dalam mobilnya. Saat itu mereka ada yang sudah membeli perangkat tersebut namun terkendala dalam proses instalasi. Mereka kurang paham akan hal itu. Bila menginginkan kapasitas yang besar dalam hal fungsi peralatan serta kapasitas daya sound sistem mobil, perlu menjadi pertimbangan  yang harus anda pahami sebelum menyediakan perangkat audio di dalam mobil anda, yaitu harus disiapkan perangkat serta bagaimana susunan car sound sistem sebagai berikut

Peralatan Car Sound Sistems yang Diperlukan

  1. Tape mobil atau CD Player
  2. Power Amplifier
  3. Speaker berikut Box
  4. Horn atau Tweeter Speaker
  5. Kabel-kabel dan Jack Audio
  6. Layar Display (bila diperlukan).
  7. Capacitor/ Elco (bila diperlukan)

# 1. Tape Mobil atau CD Player

Banyak sekali produk Tape Mobil atau CD Player, semua tergantung selera anda. Saya rasa kita harus mengikuti perkembangan yang ada saat ini yaitu penggunaan CD Player dengan menu-menu digital. Anda tak perlu lagi mencari kaset yang memilki kapasitas lagu yang terbatas. Kini, semua musik yang ingin anda mainkan bisa disimpan di dalam Flashdisk atau membelinya dalam bentuk piringan lagu berbentuk format mp3. Sangat praktis dan dapat menampung banyak lagu favorit anda. Malahan untuk berkaraoke bisa anda lakukan di dalam mobil saat anda dan keluarga anda bepergian untuk tamasya. Media Player ini harus didukung dengan fasilitas Video output di dalam VCD Player yang nantinya dapat anda hubungkan ke layar display. output kelauran palyer ini terdapat remote yang berfungi untuk menghidupkan Power Amplifier bila musik dimainkan.

# 2. Power Amplifier untuk Mobil

Banyak produk Power Amplifier untuk mobil terbaik yang bisa anda pilih untuk anda gunakan dalam sound sistim di  mobil anda. Bila anda menggunakan kapasitas daya yang besar maka perlu diimbangi dengan kondisi batere mobil anda. Di dalam power Amplifier terdapat setingan yang juga harus anda pahami. Terdapat jalur input dan juga output. Jalur input atau Jack input berhubungan dengan sumber player musik anda, yakni CD Player di atas. jalur output berhubungan dengan loudspeaker. Ada beberapa setelan berupa Volume, Gain, Bass Treble dan beberapa fungsi sakelar. Untuk instalasi ada baiknya cari teman yang profesional dalam bidang ini.

# 3. Speaker Sound Sistem dan Box

Bisa dibagi menjadi 2 atau 3 way speaker. Pilihlah speaker dengan respon frekuensi yang bisa menerima nada rendah dan nada medium, daya harus disesuaikan dengan kondisi Power Amplifier anda. Penataan box bisa disesuaikan dengan penempatan, bisa di posisi bagasi belakang.

# 4. Horn / Tweeter

Tweter biasanya terpasang di area depan atau dashboard mobil anda.

# 5. Kabel-kabel dan Jack Audio

Kabel terdiri dari
  • Kabel ke speaker
  • Kabel sinyal untuk input
Kabel sinyal nantinya harus menggunakan jack RCA yang berfungsi untuk mengkoneksikan antara Stereo Player anda dengan Power Amplifier. Untuk kabel sinyal menggunakan Canare atau yang sejenis.

# 6. Layar Display

Agak rumit bila anda menggunakan fasilitas ini. Display ini berfungsi untuk menampilkan video saat anda berkaraoke. Anda juga dapat menonton film di dalam mobil anda. Bila anda menggunakan perangkat display ini maka perlu ada penambahan alat berupa converter yang berfungsi untuk merubah tegangan batere (accu) atau dalam bahasa tehnik disebut DC to AC Converter. Hasil keluaran AC ini menghasilkan tegangan 220 Volt yang nantinya dapat menghidupakan display monitor. Perlu anda lihat daya keluaran maksimal untuk DC to AC Converter ini.

# 7. Capacitor Bank Power atau Elco

Saat kita mendapati nada rendah(Bass/Low) waktu kita menyetel musik, ini berarti Power membutuhkan asupan daya yang maksimal dari Accu/ batere mobil anda. Fungsi kapasitor ini meredam penyedotan daya yang langsung terhisap oleh Power Amplifier, Elco ini juga berfungsi untuk menstabilkan nada Low yang terdengar di Woofer agar tidak drop. Elko ini terdiri dari dua kutub yaitu positif dan negatif yang terhubung dengan batere dan perangkat sound anda. Anda bisa menggunakan 10.000 micro Farad (uF) 35V untuk kapasitor elektrolit ini atau tanyakan pada toko dimana anda membelinya.
Pengadaan dan Instalasi Sound System Mobil

Instalasi Susunan dan Cara Pasang Audio Mobil

Bila anda tidak memahami tentang penyetingan baik itu pengkabelan, setting box speker dan setting Power Amplifier, maka anda harus mencari orang yang memahami tentang perangkat ini dalam melakukan cara pasang Audio Mobil anda. Kadang anda cukup terlatih dalam pendengaran anda (telinga yang berkualitas) namun tidak paham tentang instalasi peralatan elektronik. Bila perangkat sudah terinstalasi maka anda bisa melakukan pensetingan suara melalui tangan anda sendiri.

Referensi Harga Sound System Mobil Ternama

Sebagai panduan bagi anda berikut ini kami uraiakan spesifikasi ringkas tentang harga sound system mobil anda

1. Spesifikasi Speaker dengan Model : JBL GT 5-652C

  • Terdiri dari 2 Way Audio Mobil Komponen Sistem
  • 165 mm X2 woofer cone
  • Karet Surround. Titanium komposit, dilengkapi dengan Horn tweeter
  • Output Daya : 45W RMS dengan puncak beban 135W
  • Sensitivitas pada 2.83V / 1m : 93dB
  • Respon Frekuensi : 55Hz hingga 20KHz
  • Impendance : 4 Ohms untuk 1 Way
Untuk harga Power Bose yang lengkap dan proses instalasinya tergantung ketersedian barang di tempat anda

2. Power Audio merek Bose AB 750.4

Karakteristik Power merk Bose ini sebagai berikut:
  • Max. Output Power : 8000 Watts
  • 4 Channel Mosfet Power Amplifier
  • 4 x 2000 Watts Maximum Power
  • Variable Bass Booster
  • High Efficiency Mosfet Power Supply
  • Dilengkapi dengan proteksi Thermal Short Circuit dan Overloading Protection
  • Variable Low Pass, High Pass Crossover
  • Power On, Protection LED Indicators
  • Extra Heavy Heat Sink for Better Heat Dissipation
Untuk harga Power Bose yang lengkap dan proses instalasinya tergantung ketersedian barang di tempat anda
    Baca juga : Apakah Bisa Sound System Mobil Dipasang di Rumah

    Penutup
    Demikian yang dapat saya sampaikan dalam Pengadaan dan Instalasi Sound System Mobil, semoga bermanfaat.


    .

    Share this