Cara Praktis Setting Speaker System pada Elektronik Organ Tunggal - Active Speaker

Elektronik Solo-Organ atau Solo Keyboardist untuk Wedding Party

Cara Praktis Setting Speaker System pada Elektronik Organ Tunggal - Kadang kita temui pada saat acara wedding party terdapat banyak sekali speker yang dipajang oleh para Entertainment (pemilik sound system rental) namun suara yang kita dengar cukup menggangu ketenangan para tamu yang menghadiri acara itu. Kenapa ini terjadi? Ini disebabkan karena mereka tidak bisa membandingkan antara output daya pada Power Amplifier dengan kondisi Speaker. Malahan ada yang memparalelkan lebih dari 2 speaker dengan hanya satu saluran output Amplifier. Kondisi ini disamping memaksa kerja Power Ampli secara berlebihan juga akan menimbulkan denyutan kencang pada membran speaker. Permasalahan lain adalah mereka kurang memahami perbandingan gain input yang harus diterima dengan kekuatan output yang akan dikeluarkan pada pengolah audio, dalam hal ini Mixer. Mereka memberikan sinyal input yang terlalu berlebihan pada mixer, kondisi ini disebut dengan overload.
Orgen Tunggal Player
Gambar 1

Active Speaker atau Passive Speaker

Sebenarnya sound system untuk acara wedding party tidak usah terlalu banyak menggunakan peralatan speaker dan accessories lainnya. Cukup menggunakan 2 way sistim speaker yang terdiri dari Middle dan Woofer ditambah satu buah speaker untuk monitor pemain dan penyanyi. Speaker monitor ini menggunakan Active Speaker. Anda hanya menghubungkannya langsung ke Aux send atau Jack Monitor yang terdapat di Mixer. Kalau suka boleh ditambah dengan Equalizer (bila ada). Kita perlu menyingkat waktu dan tenaga saat bekerja dalam persiapan acara. Ini membuat kerja crew anda lebih ringan.

Macam-macam Speaker Active untuk Orgen Tunggal
Gambar 2

Rekomendasi Peralatan Sound System Orgen Tunggal

Peralatan Solo keyboardist (organ tunggal) milik kami biasanya menggunakan speaker aktif, dimulai dari middle, woofer dan juga monitor. Di pasaran banyak yang menawarkan produk dengan kulitas yang handal. Kalau boleh kami beri rekomendasi coba anda menggunakan 15" Active Speaker dan 18" Active Sub woofer Speaker seperti pada gambar di bawah ini. Cukup memasangkannya  1 set  kiri dan 1 set  kanan.
Gambar 3 - 1 set Woofer dan Middle active speaker

Kelengkapan Karaoke Sound System Wedding Party

Disamping menggunakan 'Elektronik Organ Tunggal', mungkin pihak penyelenggara acara kadang ingin menggunakan karaoke music sebagai musik penghibur di acara wedding party. Kondisinya sama dengan peralatan keyboardist hanya perbedaannya adalah anda harus memiliki Karaoke Player sebagai sumber bunyi. Karaoke player ini memiliki ribuan lagu yang terkoleksi pada media penyimpanannya. Disamping itu anda harus memasang layar monitor agar orang bisa membaca teks lagu yang dinyanyikan. Layar monitor ini bisa berupa TV LCD, Projector dan lainnya.

Cara Koneksi Sound System, Penempatan, Instalasi dan Pensetingan Sound System Panggung

  • Pemasangan atau penempatan posisi MAIN Speaker menghadap ke arah tamu (nampak seperti pada gambar 3 di atas) jangan terlalu dekat dengan kursi para tamu. Bila disediakan panggung oleh panitia, maka kita meletakkan peralatan kita berupa kibor, Mixer, stand mikropon, stand book, monitor, dan lainnya di situ.
  • Instalasi untuk perangkat speker sistim ini cukup praktis dan mudah. Anda hanya menghubungkan kabel listrik dan kabel sinyal dari bagian mixer (bisa ditambah EQ). Urutkan posisi konektor berdasarkan urutan input dan outputnya (female dan male jack).
  • Apabila seluruh peralatan sudah berada posisi yang anda inginkan (atau arahan panitia), maka kita harus melakukan setting input dan output audio. Saluran input untuk microphone kita masukkan ke monaural (mono) channel. Keyboard kita colokkan pada stereo channel mixer. Monitor panggung (speaker aktif) boleh anda tancap di AUX Send output pada mixer, bisa juga pada monitor out pada mixer. Atur level yang anda kehendaki namun tidak feedback. Untuk 'Main Speaker' (gambar 3), anda tancapkan dari MAIN Output saluran mixer atau bisa melewati Equalizer. Lakukan check sound sambil berbicara di microphone, dapati suara yang yang bagus (baik frekuensi suara dan kekuatan bunyi atau level) di dengar namun tanpa storing. Check sound yang lain yaitu mainkan musik dari elektronik orgen atau player music lainnya. Master level pada display panel (LED display) sebaiknya tidak melebihi angka 0 dB, atau maksimal paling tidak 3 dB.

Kesimpulan
Cara Praktis Setting Speaker System pada Elektronik Organ Tunggal - Penggunaan Active Speaker pada sound rental anda membuat kerja lebih mudah dan ringan. Tidak terlalu banyak bagian-bagian yang harus diputar-putar pada tiap-tiap peralatan. Semua controlling berada pada operator, Anda hanya memposisikan Tone Contol dan Level Gain pada body speker aktif pada posisi standar (biasanya arah jam 12). Saya berharap anda masih dapat mengunjungi laman ini untuk mendapatkan pengetahuan lanjutan dari apa-apa yang saya tulis di sini.

.
Tags :