Jumat, 15 Mei 2015

Master Controller FOH (Front of House) Audio Mixer



.

Apa itu FOH Mixer?

Pengertian ini saya dapatkan dari musisi terkenal Indonesia. FOH adalah Front of House. House di sini bisa kita sebut sebagai "panggung utama". Ini berarti kinerja perangkat dan controlling utama sound system (biasanya operator selalu mengontrol Mixer) yang berada di depan panggung atau sejajar penonton. Dengan menggunakan konsol audio mixer maka sound operator akan menyesuaikan dinamika sinyal audio, level gain sensitive, timbre yang masuk ke perangkat audio system. Selama musik band bermain tugas engineering FOH adalah mencampur seluruh kanal suara yang masuk. Setiap sinyal yang masuk diproses secara mandiri melalui Desk Mixer pada depan panggung. Mereka berfungsi mengendalikan output dari setiap vokalis dan instrumen musik lainnya menuju posisi Main Speaker ke arah penonton. Ini adalah proses utama di seluruh kinerja setiap komponen peralatan musik.

Lebih menonjol dari orang lain. Ahli sound FOH mengontrol apa yang penonton dengarkan selama 'live performance'. Perhatian utamanya adalah untuk memastikan kualitas suara yang megah dalam arena tersebut. Untuk melakukan itu maka FOH sound-man harus berbaur dengan perangkat instrumen dan vokal untuk mencapai suara seimbang dan sempurna. Pada intinya sound engineer yang berada di belakang konsol audio memiliki persepsi yang sama dengan penonton untuk mendegarkan musik live band. Tanpa campuran yang tepat dari 'papan pencampur suara' pada FOH, maka karya musisi di atas panggung akan kacau-balau.

Master Control Audio Mixer FOH

Lingkup Tugas Engineering FOH dan Sound-man lainnya dalam Sound System Panggung

Dalam lingkungan panggung band, engineer FOH akhirnya bertanggung jawab atas semua peralatan audio dan mengawasi kru teknisi lainnya untuk mengatur sinyal beban input, sound check, operating, dan beban output. Dia dianggap sebagai yang mengepalai bidang dasar teknologi audio, mengawasi soundman (crew) mengontrol monitor, sebagai teknisi Mikrofon, dan teknisi seluruh peralatan. Dia bertanggungjawab pada musisi band, pemeliharaan dan perbaikan semua peralatan audio system. Seorang designer suara FOH harus dapat mengarahkan para soundman lain dalam hal merancang penempatan speaker, Power Ampli, dan mikrofon, dan menentukan merek dan model peralatan.

Perangkat Penghubung Panggung ke FOH Operator [Snake Cable]

Tidak akan berbunyi atau tercampur seluruh suara yang terdapat di panggung kepada penonton yang ada di depan panggung bila tidak ada kabel penghubung sinyal suara dari perangkat musik yang terdapat di sana. Untuk menghubungkan sinyal suara dari panggung ke master pusat FOH maka dibutuhkan kabel penghubung berupa kabel Snake. Pada artikel saya terdahulu pernah menulis tentang sesuatu yang menjadi pemikiran saya yaitu tentang cara menghubungkan sinyal audio menggunakan System Digital Converting untuk Audio Mixer.

Dalam menghubungkan Snake kabel diperlukan komunikasi 2 arah antara sound-man panggung dengan soundman FOH agar mereka mengetahui fungsi tiap channel dari kabel yang terkirim ke FOH. Komunikasi kedua orang ini bisa menggunakan sound yang telah terpasang/ bunyi (bisa menggunakan 2 buah wireless microphone) atau bisa juga menggunakan Handy Talkie. Urutan penomoran kabel pada panggung harus matching dengan channel yang ditancapkan pada FOH. Misalkan urutan connector nomor 1 berfungsi sebagai sinyal microphone untuk Pedal Drum, nomor 2 untuk Snare dan lainnya. Bila FOH memilki ingatan yang kuat maka tak perlu menulis nomor dan fungsinya. Biasanya mereka mengetahui sinyal ini dengan cara menekan posisi PFL atau mereka melihat display sinyal pada tiap Channel (display ini dimiliki oleh Console khusus). Jadi mata dan telinga sangat berperan dalam penataan suara.

Keterampilan pada System Audio

Disampin kita harus tahu perkembangan perangkat sound system namun yang lebih penting adalah anda harus memahami 'teknik system sound'. Teknik sistim sound adalah bahwa kita harus pandai dalam seni musik dan juga bisa mengkalibrasi antara pendengaran, perhitungan bunyi, dan juga ilmu lainnya yang berkenaan dengan tata suara dan musikal. Anda harus memiliki telinga yang peka untuk menata musik serta memiliki pemahaman yang kuat terhadap teknologi yang digunakan untuk mengontrol frequency dan menata suara.

Pelatihan telinga dan perhitungan audio

Untuk melatih telinga harus rutin dalam mendengar dan mengekpresikan otak terhadap tindakan yang harus anda ambil dalam mendengarkan bunyi. Kita harus melatih telinga dalam menangkap range frekuensi audio. Sejarah pembelajaran musik, teori, dan apresiasi lainnya. Tak perlu sekolah khusus dalam bidang ini, namun itu lebih baik. Gelar pendidikan bukan persyaratan untuk mengejar karir ini, tetapi kepiawaan anda dalam penggunaan dan pemeliharaan Analog/ Digital mixer konsol, speaker, Power Amplifier, efek suara, mikrofon, dan sistem pengukuran audio merupakan persyaratan yang penting. Keakraban kita dengan alat musik sangat membantu. Latihan lainnya adalah mendengarkan musik pada pada level pelan menggunakan Headphone akan melatih telinga menangkap detail bunyi, sementara mendengarkan musik dengan kekuatan penuh (full volume) melatih telinga untuk merespon overload audio.

Pelatihan sebagai asisten di bawah seorang sound enginner adalah cara yang bagus untuk memahami dasar-dasar dan mulai mengembangkan keterampilan Anda. Pendidikan pada prinsip-prinsip kemampuan dan karakteristik listrik, memahami fisika suara (akustik ruang terhadap bunyi), efek, dan perhitungan Logaritma (matematika) juga bermanfaat untuk karir sebagai seorang audio-man FOH.

Menambah wawasan dalam perangkat audio

Terus-menerus mengasah keterampilan Anda dan tinggal saat ini dengan teknologi baru adalah suatu keharusan. Panduan buku terhadap barang terbaru anda harus dipelajari secara seksama. Kadang kita mendapati kekurangan dalam bunyi yang sudah akrab anda dengarkan pada sound sound system anda dan anda berpikir; apa peralatan yang dibutuhkan untuk menutupi kekurangan ini. Anda harus komunikatif dengan kru. Yang paling penting Anda harus fleksibel, berakal, dan mampu mengelola permasalahan.

Pendekatan dan kerja sama dengan kru

Sebagai seorang operator khusus FOH maka anda akan bekerja sama dengan para musisi untuk menentukan suara yang kita inginkan dalam kinerja grup band. Komunikasi dan antar muka antara musisi dan crew yang ada di panggung harus dipertahankan agar dapat menyempurnakan pertunjukan musikal. Anda akan memimpin kru audio melalui pertunjukan. Anda harus menjadi pemimpin yang efektif dan percaya diri yang dapat mendelegasikan tanggung jawab. Peralatan elektronik sound system saat transfortasi mungkin akan kita temui jalanan yang tidak mulus. Anda harus dapat berfungsi secara profesional pada situasi terburuk. Anda harus komunikatif dengan kru. Performa yang tenang merupakan aset yang sangat diinginkan dari seorang Sound Engineering FOH.

Penutup
Setelah anda membaca srtikel ini semoga menambah wawasan anda tentang pemahaman Mixer audio.
Baca juga postingan saya yang lain tentang :

Terimakasih atas kunjungan anda...


.

Share this

Artikel Terkait