Speaker Aktif Terbaik berupa Subwoofer untuk Organ Tunggal atau Karaoke Rental

Speaker Aktif Subwoofer Terbaik untuk Organ Tunggal atau Karaoke Rentall - Melanjuti artikel kita sebelumnya tentang peralatan speaker system untuk 'orgen tunggal', mungkin ada diantara kita ada yang masih bingung tentang penggunaan Active Sub Woofer. Bagaimana cara memasang dan menyetelnya baik itu tentang level, lebar bandwidth frekuensi Tone Control-nya (kalau tersedia fasilitas ini), connector apa yang digunakan untuk mengaktifkan peralatan ini. Kenapa tidak memerlukan Power Amplifier external dan lainnya. Sebagaimana kita ketahui pada artikel sebelum ini bahwa Solo Keyborist atau Karaoke Music untuk wedding party adalah sangat bagus bila menggunakan speker aktif, namun tidaklah cukup bila hanya menggunakan Middle 15" saja tanpa disertai dengan Sub Woofer 18". Untuk penempatan peralatan speaker ini Anda dapat menyusunnya seperti pada gambar. Semua akan kita coba bahas di sini.

Speaker Aktif Terbaik - Mensetting Subwoofer Speaker Karaoke System

Active Speaker tidak memerlukan Power Amplifier eksternal dalam mengoperasikannya karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan fasilitas tersebut. Tugas anda hanya menyambungkan saluran sumber input dan mengatur level dan Tone Control yang ada di panel tersebut. Saat merentangkan kabel sinyal audio maka anda juga ikut merentangkan kabel listrik sebagai sumber asupan listrik untuk Speaker ini. Perangkat ini tidak memerlukan PA eksternal karena di dalam body peralatan ini sudah dilengkapi dengan Blok Elektronik berupa pengeras suara dan juga Power Supplai. Daya output untuk loudspeaker sudah diseting oleh pabrik, biasanya dengan kisaran 400 - 500 W atau bisa juga lebih, ini tergantung produksi akhir yang dikeluarkan oleh pabrik tersebut.

Sebelum mengaktifkan seluruh Active-Speaker maka anda harus menghidupkan dahulu Mixer, EQ yang berada pada panggung player-orgen, kemudian anda dapat menghidupkan (Power ON) seluruh speaker aktif. Sedikit rekomendasi untuk anda adalah cobalah menggunakan Sequencer Power untuk mendistribusikan listrik ke seluruh peralatan sound system anda. Baca buku petunjuknya sebelum mengoperasikan peralatan anda.

Sub Woofer Active Speaker

Connector dan Kabel Sinyal Speaker Sound System yang Digunakan

Untuk menyampaikan sinyal suara ke speaker woofer maka diperlukan kabel penghubung L2T2S (isi ganda / balance). Connector yang kita gunakan adalah XLR Jack, untuk ke arah Speaker gunakan Male XLR dan ke sumber bunyi tergantung kondisi jack pada Mixer atau Equalizer. Pada merek tertentu ada juga yang menggunakan Jack TRS (Phono). Anda harus bisa menghubungkan atau membuat/ menyolder untuk jack ini. Bila kurang paham coba buka tautan yang terkait. Penyambungan kabel untuk input Sub Woofer 18" ini bisa anda paralel-kan dari output speker aktif 15" yang ada di dekatnya/ atasnya.

Mengatur Level dan Range Frequency Active Woofer

Dalam panel body peralatan ini terdapat alat kontrol suara (bila terdapat di situ) yaitu berupa
  1. Volume Master
  2. Gain Channel
  3. Low Tone dan
  4. High Tone

Beberapa produk terbaru sudah diseting secara digital, artinya anda tak perlu lagi melakukan pemutaran tombol/ switch secara berulang-ulang. Menu suara sudah diset secara standar oleh pabrik atau bisa juga diset ulang oleh soundman yang paham dalam sistim sound. Bila terdapat panel dengan penyetelan manual pada body peralatan ini maka anda dapat menyesuaikan posisi pada arah jam 12 atau anda dapat bertanya pada rekan anda yang paham. Pada penyetelan posisi High Cut coba anda tempatkan pada posisi 120 Hz. Menurut saya range pada frequensi ini akan didapati Nada Low Vokal akan masuk pada area sub woofer. High cut berarti mulai dari mana nada yang ingin anda ambil untuk mendapatkan nada Low. Semakin rendah posisi Low maka akan semakin deef nada bass yang keluar. High cut pada gambar ini dimulai dari range 80Hz sampai 240Hz.
Aktif Subwoofer speaker ternyata bisa juga digunakan untuk audio system lapangan karena saya sudah mencobanya, namun tergantung daya output yang terdapat di perangkat tersebut.

Penutup

Penggunaan Active Speaker dalam "orgen-tunggal" atau karaoke dalam acara wedding atau lainnya ternyata membuat suara lebih natural dan membuat kerja anda lebih singkat (mudah).
Semoga artikel ini tentang Sub Woofer Active Speaker untuk Organ-Tunggal atau Karaoke Rental bermanfaat untuk anda.

High Cut dan Level Input untuk Active Speaker
Baca juga artikel berikut tentang : Apakah Speaker Aktif Bisa Dipakai untuk Audio Sound System Lapangan
Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman situs ini...

Tags :