Apakah Speaker Aktif Bisa Dipakai untuk Audio Sound System Lapangan

Active Speaker Dipakai untuk Audio Sound System Lapangan - Menurut anda apakah bisa peralatan sound system berupa speaker aktif ini dipakai dan diset untuk audio di lapangan terbuka? Lalu luas lapangannya dengan ukuran yang bagaimana?

Saya mau menulis ini karena saya sudah menerapkan pemasangan perangkat sound sistem dengan fasilitas yang canggih ini di lapangan terbuka dan malahan di stadion sepak bola. Bukankah hal ini pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya berjudul mensetting sound system untuk keperluan sholat Id yang mana kami menggunakan aktif speaker ini untuk meng-cover jalannya kegiatan ini.
Sebelum saya melanjutkan penjelasan ini, ada baiknya anda mengetahui apa Active Speaker itu.
ActiveSpeaker SoundSystemLapangan

Apakah Speaker Aktif itu?

Active Speaker adalah unit Loudspeaker system yang didalamnya telah dilengkapi dengan Power Amplifier, Driver-Speaker, Power Supplai, Mixer mini dan Pre Amp dengan kondisi siap pakai tanpa harus menggunakan eksternal Power Amplifier. Anda hanya mencolokkan Jack input di bagain panel, mengatur level Volume, mengatur Bass dan Treble. Dalam paket sound system lapangan tentunya menggunakan perangkat lain seperti Mixer, EQ, dan lain sebagainya.

Pada bagian panel control speaker ini terpadap beberapa pengaturan dan fasiltas Jack input (Connector Input) yang bisa difungsikan sebagai sinyal masukan audio.
Ada dua macam jack untuk input yang terdapat di panel body (box) Speaker ini.
  • Posisi Line Input
    Posisi Line input ini bermaksud untuk menyambungkan sumber sinyal yang telah terdapat penguatan audio di dalamnya (proses kerja Op Amp dalam komponen Electronics), misalnya dari Mixer, VCD Player, Komputer.
  • Posisi Mic Input
    Posisi Jack Mic merupakan konektor untuk menyambungkan sumber sinyal yang tidak terdapat penguatan audio di dalamnya. Posisi Jack Mic ini hanya dipakai untuk menancapkan Mic kabel atau Wireless. Jack ini juga langsung bisa dipasangkan ke Guitar listrik/ gitar akustik dengan spool.
Namun kadang kita tak menjumpai dua Jack input ini tapi kita melihat ada sebuah saklar untuk merubah posisi MIC/ LINE. Jadi swicth ini yang menggantikan posisi input, tergantung posisi saklar berada.

Faktor Utama agar Active Speaker bisa Dipakai di Lapangan

Ada hal yang harus diperhatikan agar Active Speaker ini bisa dipergunakan oleh sound system anda di lapangan terbuka. Definisi berikut ini mungkin dapat menjadi pengetahuan kita bersama. Apa saja yang harus kita terapkan agar aktif speaker bisa diset di lapangan;
  • Berapa Daya output Speaker yang dikeluarkan
  • Berapa Maximum Penguatan SPL dalam dBspl
  • Sambungan Kabel, apakah Balance dan Unbalance
Uraian

1. Daya yang Dikeluarkan Power Amplifier pada Active Speaker

Pada Aktif speaker sudah terdapat power amplifier-nya. Agar loudspeaker aktif dapat mengkaper lapangan maka harus dilihat dahulu berapa daya yang dikeluarkan pada box Speaker ini. Rata-rata sebuah Speaker mode aktif berdaya antara 400 Watt hingga ada juga yang 1000 W. Mengapa dayanya bisa besar namun bentuknya cukup ringan. Perkembangan teknologi mendesain produk dengan daya yang besar namun lebih ringan. Pada Aktif speaker modern, produsen menerapkan sistim pengeluaran output dengan impedansi yang rendah dan dengan Transistor Final (Mosfet) yang tidak terlalu besar. Speaker ini sudah bermain pada impedansi 4 ohm atau mungkin 2 Ohm. Beda dengan speaker yang banyak dijual di pasaran yang rata-rata berimpedansi 8 ohm. Oleh sebab itu suara yang dikeluarkan sangat kuat. Tentu saja sirkuit dan peralatan elektronik yang ada dalam box speaker ini diselaraskan atau didesain juga dengan impedansi yang terdapat pada Loudspeaker.

2. SPL (Sound Pressure Level) pada Speaker Aktif

Salah satu hal yang harus menjadi pemahaman kita adalah tentang berapa penguatan audio yang dikeluarkan sebuah High End yang dalam hal ini adalah Powered Loudspeaker. Sound Pressure Level yang dikeluarkan oleh Speaker dihitung dalam satuan desibel SPL (dBspl). Desibel ini adalah istilah relatif yang dapat merujuk pada hampir semua hal. Kebetulan kami memakai speaker JBL EON dengan gain power out maximum bisa sampai 160 dB SPL.

3. Sambungan Kabel, Apakah Balance dan Unbalance

Kabel juga merupakan bagian terpenting dari sebuah sound system lapangan. Karena di sini kita menggunakan aktif speaker maka kita mempergunakan kabel sinyal audio. Ada banyak merk kabel sinyal audio ini, salah satunya adalah merek Canare. Sambungan kabel lebih bagus bila menggunakan sistim sambungan Balance karena sinyal yang dikirim ke perangkat powered speaker terdiri dari 2 fase polaritas dan juga menghindari noise saat mendapati sambungan yang panjang (jauh). Tidak begitu terjadi pengurangan sinyal dalam jarak yang cukup jauh. Hindari sambungan dengan sistim unbalance dalam jarak yang jauh.

4. Peralatan pendukung (tambahan) aktif speaker

Peralatan pendukung ini dapat anda pergunakan dalam instalasi sound system area lapangan dengan menggunakan paket perangkat speker aktif. Peralatan tambahan ini untuk membuat suara lebih bermutu dan juga untuk melidungi speaker dari overload. Selain Speaker, peralatan utama lainnya tentu saja adalah Mixer
Aksesoris audio system lapangan yang dapat anda lengkapi adalah;
  • Equalizer
  • Compressor Limiter
  • Stabilizer Voltage untuk menstabilkan tegangan listrik

5. Kesimpulan
Jadi kita dapat menggunakan Active Speaker ini untuk keperluan sound system lapangan dengan alasan yang disampaikan di atas. Apakah anda akan melengkapi sound system rental milik anda dengan perangkat saudio system ini.
Baca juga : Membuat Speaker Aktif Berkualitas yang Murah Meriah.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada artikel ini yang berjudul apakah Active Speaker bisa dipakai untuk Sound System Lapangan.
Semoga bermanfaat.

Tags :