Speaker Aktif Terbaik - Fungsi Tombol dan Jack pada Panel Body

Melihat Fungsi Tombol dan Connector pada Speaker Aktif

Berikut ini kita akan membahas tentang fungsi tombol-tombol serta Connector yang pada Speaker Aktif dan bagaimana memanfaatkan dan cara pensettingan terbaik agar suara bagus. Speaker jenis aktif rata-rata memiliki tombol Volume, Bass, Mid, dan High kadang dilengkai juga dengan Master Level pada aktif speaker daya tinggi.

Speaker ini saya bagi menjadi 3 kategori pembahasan, yaitu
  • SA Big Power (untuk Outdoor/ lapangan)
  • SA Low Power (untuk Indoor/ rumahan)
  • SA Subwoofer (Aktif)

Speaker Aktif Terbaik Sound System Rumah

Lihat gambar berikut
tombol-jack-speaker-aktif
Gambar di atas adalah merupakan box speaker rumahan atau low power active speaker. Pada tampilan panel depan speaker ini terdapat Jack MIC1 dan MIC 2 yang berfungsi untuk menancapkan sambungan kabel Jack Microphone. Kemudian pada bagian berikutnya terdapat Mic Vol (Volume) yang berfungsi untuk mengatur bukaan level atau volume untuk MIC 1 dan 2. Tombol Bass bertugas untuk mengatur Level sinyal nada rendah pada saluran Jack RCA (yang ada di panel bagian belakang body). Jack RCA untuk dipasangkan pada VCD Player atau peralatan musik lainnya, bisa juga ke Output Mixer Audio. Tombol Treble untuk mengatur bukaan level nada tinggi. Tombol Bass dan Treble ini hanya berfungsi pada saluran musik yang datang dari jack RCA di panel bagian belakang dan tidak berpengaruh terhadap suara Microphone (MIC1 dan MIC 2). kemudain di sebelah kanan terdaat tombol Volume, tomboll ini bertugas sebagai pengatur kekuatan bunyi khusus musik dari Jack RCA.

Speaker Aktif Big Power (untuk Outdoor/ Lapangan)

Ada kesamaan antara panel yang terdapat ada speaker indoor dan outdoor, namun active speaker untuk outdoor memiliki pengaturan khusus yang kadang dilengkapi juga dengan tombol Master Volume dan juga tersedia dalam beberapa Connector Input dan Output.
Fungsi-Tombol-Jack-Speaker-Aktif

Pensettingan Speaker Subwoofer Aktif Terbaik

Cara setting terbaik Speaker Subwoofer - Panel yang terdapat pada subwoofer aktif biasanya terdiri dari penagturan Volume dan juga pengaturan range frekuensi seperti nampak pada gambar. Pada gambar di bawah ini kita melihat ada dua tombol pemutar yaitu VOLUME dan HIGH CUT. Volume bertugas menerima sinyal dan mengecilkan/ membesarkan suara yang datang dari Jack Input. High Cut berfungsi untuk mengatur keberadaan posisi range nada tinggi yang akan kita potong. jika kita memutar ke arah kiri maka suara yang msuk dan terdengar di speaker subwoofer ini cenderung ke arah bass yang dalam (Low Deef), dan bila kita memutarnya ke arah kanan maka suara akan cenderung menuju Bass nada menegah tergantung seting range frekuensi yang diset oleh pabrik. Nada aling rendah pada high cut ini berkisar 20 Hz hingga 200 Hz. Saya lebih senang mengatunya dalam range sekitar 80 Hz.
Connector terdiri dari jack cannon untuk saluran Input dan Output. Output adalah untuk memparalelkan dengan perangkat Subwoofer yang sama bila kita menggunakan lebih dari satu box speaker aktif.
Fungsi-Tombol-Jack-Panel-Speaker-Subwoofer-Aktif

Pada speaker Big Power tertentu, semua pengaturannya ada yang menggunakan metode Menu Gigital.

Baca artikel tentang
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga menambah wawasan kita bersama dalam mengoperasikan perangkat audio system berupa speaker jenis aktif ini.

Tags :