Mengapa Loudspeaker System Tidak Berbunyi Sebelah

Loudspeaker System Tidak Berbunyi Sebelah - Hallo apa kabar semua, semoga dalam keadaan baik-baik saja. Pada pembahasan kita kali ini saya ingin menyampaikan pengalaman saya dalam bidang sound system. Meskipun saya tidak menerima imbalan dari apa yang telah saya tulis namun tidak membuat hati saya untuk surut dalam berbagi pengetahuan pada anda semua. Banyak orang  yang tak paham pada bidang tertentu kadang mereka mengada-ngada dalam memberikan knowlegde pada orang lain, padahal mereka sebenarnya tidak paham akan hal tersebut. Malahan jarang kita temui orang yang memiliki pengetahuan khusus lalu mereka mau memberikan (dalam hal ini menulis di internet) secara gratis ilmunya pada media umum, pelit. Saya adalah seorang Sound-man/ teknisi namun juga aktif dalam bidang blogger. Pengalaman bidang sound system ini kemudian saya kembangkan/ saya tulis menjadi sebuah tulisan pada situs ini.
Loudspeaker System

Permasalahan pada Speaker System dan Kabel Speaker

Mungkin anda pernah mendapati kasus seperti ini, yaitu saat memainkan musik namun suara musik  hanya terdengar pada salah satu speker saja, misalnya hanya pada sebelah kanan (R) saja yang berbunyi sedangkan yang kiri (L) tidak berbunyi. Apa yang harus kita lakukan. Kondisi ini harus kita selidiki satu persatu secara bertahap.

1. Cek kabel penghubung Audio dari musik player

Musik yang anda dengarkan mungkin dari VCD player, coba anda periksa hal di bawah ini:
  • Kabel Jack, lihat jalur (L) berwana putih/ hitam dan jalur (R) berwarna merah pada jack RCA, mungkin ada yang longgar atau putus. Saya sarankan coba anda ganti yang baru sesuai bentuknya, atau sebelum mengganti kabel jack baru, coba anda balikkan susunan (L) dan (R) pada jack input Amplifier.
  • Bila jack sudah anda beli, tancap ulang seperti susunan semula. Jack berwarna merak ke posisi merah(audio R) VCD Player, jack berwarna putih ke posisi putih (audio L) Amplifier. Apabila anda masih mendapati permasalahan yang sama walaupun sudah mengganti jack audio ini dengan yang baru  maka kita lanjut ke troubleshooting berikutnya.

2. Cek kabel speker dari Amplifier pada speker yang tidak bunyi

Ini artinya anda hanya memeriksa kondisi kabel antara jalur speker ke arah Amplifier saja. Langkahnya adalah;
  • Coba anda periksa apakah kabel speker apakah dalam keadaan terhubung ke terminal input speker.
  • Periksa juga kabel speker yang terdapat pada terminal output Amplifier
  • Apabila tidak ada kendala atau semua dalam kondisi bagus, coba anda cabut jalur kabel dari speker yang berbunyi (misalkan sebelah kanan yang tak berbunyi) lalu anda pindahkan pada jalur speker itu ke posisi terminal output sebelahnya (tukar posisi) pada speker yang tidak berbunyi. Oh ya, sebelum memindahkan kabel ini maka anda harus mencabut listrik terlebih dahulu agar aman.
  • Setelah terpasang dari perpindahan posisi ini lalu anda mainkan kembali peralatan ini. Setel musik anda, buka volume-nya. Apabila suaranya masih terdengar hanya pada satu speker saja, maka sudah dapat dipastikan bahwa Amplifier anda mengalami kerusakan. Bawa ke tukang service Elektronik.
Mudah-mudahan artikel tentang mengapa Loudspeaker system tidak berbunyi sebelah ini bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel saya yang lain tentang : Speaker Gantung Sound System Line Array.

Terimakasih atas kunjungan anda..

.
Tags :