×

Rental Sound System Orgen Tunggal untuk Gedung

Rental dan Sewa Sound System Orgen Tunggal (lapangan dan gedung) untuk Keperluan Pesta
Rental sound system organ tunggal atau Karaoke untuk keperluan pesta sangatlah penting bila acara anda berjalan sukses. Dalam postingan berikut ini saya akan menyuguhkan kepada anda tentang rental sound system, baik itu untuk keperluan Orgen tunggal atau karaoke atau juga sewa sound sistem untuk keperluan rapat. Rental sound system untuk keperluan di atas pasti berhubungan dengan tarif harga sewa sound system tersebut. Berbicara tentang tarif harga sewa sound sistem ini tentu berhubungan dengan berapa besar biaya yang dikeluarkan oleh anda yang memerlukan jasa ini. Sementara itu bagi pemilik rental sound system tentu akan menjadi pemasukan bagi mereka sebagai sumber income.

Perencanaan Harga Sewa dan Harga Rental Sound System Pernikahan

Pada ulasan berikut saya akan merinci harga rental dan harga sewa sound system keperluan wedding party (pernikahan) menggunakan orgen tunggal dan Karaoke. Mudah-mudahan perencanaan yang matang terhadap planning acara pernikahan anda akan sukses dengan dukungan sound system yang bagus. Bagi anda yang bisnis dalam bidang rental sound system, anda juga harus merencanakan anggaran yang bijak dalam mendapatkan peralatan yang baik dan cukup mantap sehingga nantinya tidak mengecewakan pelanggan anda. Transfortasi saat pengangkutan peralatan sound system milik anda juga harus diperhitungkan, disamping harus menghitung juga honor crew.
Oleh sebab itu dalam artikel ini saya membaginya menjadi dua versi kategori pencarian yaitu
  1. Sewa sound system bagi pencari jasa sound rental
  2. Sewa sound system bagi pemilik usaha rental sound
Sebenarnya terlalu panjang bila saya tulis secara rinci di sini. Sebagai jalan untuk mempermudah anda dalam mencari keperluan anda, maka di sini saya ajak untuk untuk melihat beberapa tautan terkait agar lebih memudahkan anda dalam mencari kategori yang anda inginkan.

Berikut ini kita akan mengupas kategori di atas secara detail satu persatu versi kategori di atas.
Bagi anda yang sudah mempersiapkan acara wedding party mungkin terpikir oleh anda untuk mempergunakan hiburan berupa orgen tunggal, karaoke atau bahkan mungkin musik band. Bila dana anda siap dibagi untuk kondisi ini, maka tak salah bila anda menggunakan orgen tunggal untuk menghibur undangan (tamu) anda setelah semua kriteria penting lain sudah dihitung dengan cermat.

1. Sewa Sound System bagi Pencari Jasa Sound Rental

Ini merupakan kategori untuk anda yang memerlukan rental sound misalnya untuk acara resepsi pernikahan. Kategori ini berhubungan dengan rencana anggaran sewa alat sound system berikut Player dan penyanyi dan berapa tarif harga sewa yang harus kita keluarkan untuk keperluan penyewaan sound rental ini. Tak hanya itu, rental sound system juga diperlukan dalam orasi dan juga untuk ceramah akbar tanpa musik, kalaupun ada musik paling mereka hanya memutar lagu-lagu dari Mp3 dari Handphone.

1.1. Apakah Sound System dalam Gedung (indoor) atau Sound System Lapangan Terbuka (Outdoor)

Kondisi tempat acara
Anda juga harus memperhitungkan kondisi tempat dimana acara resepsi pernikahan akan berlangsung, apakah di halaman terbuka di rumah anda atau di dalam gedung. Biasanya ini juga menjadi pertanyaan bagi penyedia layanan rental sound karena untuk persiapan atau planning kerja mereka. Bila anda memiliki lahan yang cukup luas di sekitar rumah anda, ini berarti mereka harus mempersiapkan sound system lapangan, artinya untuk lingkup terbuka.

Bila dana anda sangat memadai, ada baiknya mempergunakan sound system rental yang terkenal di daerah anda. Memang, yang terkenal biasanya memasang tarif yang cukup mahal namun dari segi suara musik yang dihasilkan dari sound system mereka tentu membuat undangan terhanyut dangan nuansa musik yang dimainkan.

Ada 4 unsur yang membuat rental sound ini memiliki tarif yang bergengsi

  • Suara pada perangkat sound system yang bagus dan tak memekakkan telinga. Player keyboard yang handal dalam memainkan jarinya dengan memiliki perbendaharaan lagu yang banyak di otaknya, sementara iringan musik yang dimainkannya sangatlah mirip dengan musik dari penyanyi aslinya. Tatkala dia mengiringi lagu dari request dari para undangan maka dia bisa memainkannya secara sempurna.
  • Crew singer/ penyanyinya bersuara bagus dan ramah, kadang dia juga komunikatif dan interaktif karena berfungsi juga sebagai MC.
  • On time dalam kondisi waktu, artinya saat acara akan berlangsung mereka telah stand bye dengan kondisi alat-alat sound system dan juga para musisi mereka. Kadang kita pernah menjumpai beberapa rental sound, walau sound system sudah siap beraksi pada saat acara dimulai terkadang penyanyi dan Player Keyboard belum berada di tempat semantara tamu sudah berduyun-duyun hadir pada resepsi pernikahan. Kadang ada protes dari tuan rumah atau para tamu yang bertanya "mana penyanyinya?"

1.2. Dartar Harga Sewa atau Rental Sound System Jakarta dan Sekitar

Dartar tarif rata-rata dari harga sewa atau rental sound system lengkap dengan Player orgen tunggal dan penyanyi untuk wilayah Jakarta, Bandung dan sekitanya adalah berkisar 3 jutaan ke atas, ini tergantung faktor "gengsi" di atas.

Selesai untuk pembahasan jasa pakai sound system, kita beralih ke topik berikutnya.
==================================

2. Sewa Sound System bagi Pemilik Usaha Rental Sound System Orgen Tunggal atau Karaoke

Sewa sound system bagi pemilik usaha baik itu untuk keperluan Orgen tunggal atau Karaoke ini pasti berhubungan dengan berapa besar biaya yang harus kita keluarkan dalam pengadaan peralatan atau perangkat sound system Orgen Tunggal atau Karaoke. Di sini saya pecahkan lagi menjadi beberapa devisi, yaitu;
  • Pemula dalam Bisnis Sound Rental, ini berhubungan dengan seberapa besar biaya pengadaan sound system berikut ascesories.
  • Sebagai Rutinitas Order, ini berhubungan dengan berapa besar biaya operasional dan crew.

Persiapan Anggaran untuk Peralatan Sound System Orgen Tunggal bagi Pemula

Bila anda memiliki dana yang cukup besar lalu ingin memulai bisnis dalam bidang sound system rental khususnya orgen tunggal atau Karaoke, maka anda harus memperkirakan harga dan fisik peralatan sound sistem yang akan anda mulai. Spek dan kualitas barang mempengaruhi kelanjutan bisnis anda karena pelanggan akan mencari sewa sound yang berkualitas dengan suara memukau.

Bila anda hendak memulai bisnis rental untuk orgen tunggal, sound system ini merupakan sesuatu yang menjadi kriteria penting dalam menguatkan suara dari Keyboard orgen tunggal (misalnya Yamaha), jadi tanpa penggabungan antara keyboard dengan sound system rasanya acara organ tunggalnya tidak begitu meriah. Jadi memang ini harus dipadukan, jika memang anda membutuhkan sound system untuk keyboard anda.

Peralatan dan Aksesoris Sound System yang Dibutuhkan

Berikut peralatan utama dan juga aksesoris audio system yang harus anda penuhi dalam pengadaan sound system rental berikut spesifikasi model dan jenis dukungan peralatan terstruktur yang bisa menjadi rekomendasi bagi anda untuk bertindak.

1. Rekomendasi untuk Mixer Sound System

Mixer merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan di dalam peralatan sound system baik untuk organ tunggal maupun karaoke system. Mixer berfungsi untuk mencampur beberapa sumber suara yang berasal dari Electone anda, mencampur beberapa Microphone untuk penyanyi dan suling, serta guitar melodi (bila tersedia). Pensetingan Mixer sound sistem Karaoke atau orgen tunggal harus kita pahami tentang pendistribusian suara yang benar.

Audio Mixer terdiri dari banyak model terkenal dan merk yang sangat HIFI yang dapat menjadi kriteria pilihan bagi anda untuk membelinya. Pilihlah input channel yang cukup banyak di atas 12 atau 16 channel ( tergantung kebutuhan).

Sebagai pertimbangan kepada anda, berikut ini ada beberapa mixer audio yang bersuara detail, seperti :
  • JBL
  • Allen & Heath, model Zed 12FX
  • Peavey, model Unity 500
  • Soundcraft, model Spirit, Folio dan E-series
  • Mackie, type Onyx.
Alternatif pilihan dengan harga Mixer sound sistem yang tidak begitu mahal namun bisa menjadi pilihan bagi anda, misalnya :
  • Yamaha, type MG 164 atau MG 166C
  • Behringer UB1202
  • Xenyx 1202 FX
Untuk mendapatkan informasi harga ada baiknya kunjungi distributor atau toko sound system di Jakarta atau di Kota anda.

2. Rekomendasi untuk Power Amplifier System

Berbicara mengenai Power Amplifier ini sangat perlu dan memang harus dibutuhkan dalam organ tunggal dan Karaoke. Fungsi dari alat ini adalah penguat bunyi untuk dikeluarkan ke Speaker. ada beberapa kekuatan output Power amplifier tergantung kapasitas daya yang dihasilkan.

Ada beberapa kriteria Power Amplifier yang bisa dijadikan pilihan, antara lain :
  • Crown
  • Peavey CS800 ,CS800X
  • Beta3 T3000
  • Absolute
  • Behringer
  • Prince
  • Alesis
Power ini tergantung daya, dana dan data merek yang anda inginkan.

3. Rekomendasi untuk Graphic Equalizer Audio

Sebaiknya anda menggunakan Equalizer karena ada Tone Frekuensi dari sinyal audio ada yang perlu dikurangi. Lebih bagus kalau anda menggunakan minimal 2 buah EQ yang dipasang untuk MAIN Speaker dan satu lagi untuk Monitor.

Ada beberapa jenis Grapik Equalizer yang sering kita lihat untuk keperluan perangkat Karaoke system dan organ tunggal. Dalam pensetingan EQ, di sini kita memerlukan ketelitian telinga dalam menangkap frekuensi bunyi dalam penempatan slider (volume geser) Graphic Equalizer sehingga suara yang dihasilkan seperti Low, Mid, dan High, range frekuensi bunyi ini bisa anda lihat di bawah ini :
  • Range EQ nada Low : 31 Hz hingga 160 Hz
  • Range EQ nada Middle : 200 Hz hingga 1,6 KHz
  • Range EQ nada High : 2KHz hingga16 KHz
Ini adalah frekuensi suara yang sudah diatur secara default menurut kesepakatan internasional. di sini anda bisa menentukan jauh dekatnya suara alat musik anda itu juga kalau anda benar-benar mempelajari system kerja Equalizer ini.

Berikut ini merupakan contoh dari Equalizer yang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda
  • Alesis
  • Peavey
  • dbx
  • DOD
Untuk harga EQ ini carilah yang agak mahal dari merek dan seri yang sejenis (type yang sama namun beda harga), karena dikhawatirkan kita mendapati peralatan audio non original. Lihat perbedaan warna dan nomor seri register dari pabrik yang menandakan produk original.

4. Rekomendasi untuk Speaker System dan Subwoofer

Speaker adalah saluran akhir pada audio yang merupakan destinasi bagi pendengar atau telinga dalam mendengarkan suara yang berkualitas. Prosesing terakhir pada speaker ini akan mengeluarkan nada High, Middle dan Low yang balance. Nada Low pada Subwoofer perlu anda pelajari lebih lanjut tentang seberapa besar dan perlu Level dan Deef Low Respon yang akan dikeluarkan. Kadar kedalaman level audio dan frekuensi mungkin akan membuat getaran yang bisa merontokkan genteng tetangga. Haha..
Kita harus mencocokkan arah pendistribusian kabel speaker ke posisi driver speaker Low, Mid dan High.

Bila anda menginginkan biaya yang ramah (maksudnya murah), bisa juga mengunakan Power Amplifier rakitan. Di sini kita bisa menggunakan Loudspeaker dengan driver Full Range untuk lapangan terbuka. Driver Fullrange (misalnya 15 inch) ini dapat mengeluarkan respon frequensi suara yang cukup lebar (Middle Low hingga Middle High). Anda tinggal memesan box speaker yang sesuai dengan dimensi ukuran speaker dan jumlah speaker per-box.

Perlu menjadi perhatian bahwa anda juga harus melengkapi paket sound system anda dengan monitor speaker agar pemain orgen dan penyanyi bisa memantau suara mereka. Anda bisa menggunakan aktif speaker sound system yang cukup mudah dalam pengoperasainnya.

Ada beberapa pilihan Speaker yang bisa direkomendasikan;
  • BW Peavey
  • JBL
  • ACR Premier & Excelent
  • Konzert
  • Audax,
  • Soundking,
  • Kappa
danmasih banyak versi lainnya yang memiliki karakter suara bagus.

5. Rekomendasi untuk Profesional Microphone dan Standar Microphone

Microphone terdiri dari dua type penyaluran sinyal, yaitu dengan media kabel dan dengan media frekuensi radio (wireless). Tentu Wireless Microphone handheld yang original lebih mahal bila dibandingkan dangan Mic kabel karena di dalamnya terdapat perangkat transmitter dan receiver Radio. Jarak radius yang jauh dan band frekuensi UHF tentu jauh lebih mahal dibanding dengan jangkauan pendek. Misalnya Microphone wireless merk shure SM58B terdiri dari 1 mic (transmitter dan 1 receiver) kisaran harganya sekitar 4 jutaan perunit.

Tiang Microphone atau stand Microphone juga perlu menjadi masukan bagi anda untuk dilibatkan dalam ascesories sound system anda.
Ada beberapa seri Microphone sound system yang sering saya jumpai di panggung Organ tunggal
  • Shure : SM58, SM57
  • Sennheiser
Sebenarnya masih banyak merek lain yang juga bagus, namun saya hanya terpikirkan pada type ini saja.

6. Rekomendasi Penggunaan Sound FX untuk Vocal

Memang pada sebagian Mixer audio sudah dilengkapi dengan fasilitas FX Processor Audio Digital internal. Namun kadang suaranya kurang mengena di telinga anda. Solusinya mungkin anda ingin menambah Sound FX Procesor External.

Suara efek yang disukai para tehnisi audio dan penyanyi adalah Reverb atau Hall.
Sebagai rekomendasi untuk anda tentang FX Processor untuk vocal seperti
  • Yamaha
  • Zoom RFX 1000/ 2000
  • Roland RE 800
  • Peavey
  • Bardl
  • Alesis Microverb/ Midiverb
Mudahan pada kesempatan lain saya akan mengupas harga sound FX ini.

7. Rekomendasi Penggunaan Audio Output Distributor

Salah satu Output Distributor ini adalah Cross Over aktif untuk distributor audio juga bisa menggunakan Sound Management, misalkan driverRack PA+. Masih banyak audio distributor yang lain, mudah-mudahan suatu saat saya akan membahas secara rinci.

8. Rekomendasi Penggunaan Rak Sound System atau Hard-case

Gambar
Rack Sound System
Rak (Rack) sound system cukup berguna untuk mengatur susunan pengkabelan secara terstruktur menjadi satu kesatuan yang siap pakai, tentu akan terlihat lebih rapi. Hard-case juga berguna melindungi peralatan dari tercecer.

9. Rekomendasi Keyboard Musik Orgen Tunggal

Merk terkenal dengan suara yang bagus serta memiliki ragam STYLE dan Voice yang handal dan aplikasi lainnya. Berikut ini merk keyboard yang sering digunakan oleh player orgen tunggal.
- Keyboard Korg PA 50, PA 60
- Keyboard Yamaha PSR S950 harga 10 hingga 13 jutaan.

10. Rekomendasi Karaoke Player Machines dan Display Layar

Rekomendasi ini dikhususkan untuk anda yang ingin memiliki rental sound system karaoke. Kita tahu bahwa semua harus cepat saji dan mudah dalam pemilihan lagu-lagu yang terkoordinir. Tak mungkin lagi kita menggunakan VCD player dengan banyak koleksi DISK yang menumpuk dan repot untuk mencari mana piringan lagu ini mana piringan lagu itu, belum lagi memilih judul dalam satu disk tersebut. Kini tersedia Karaoke Player Machines dengan menggunakan Harddisk di dalamnya dengan berjuta lagu yang tersedia di situ.

11. Kabel Speaker dan Kabel Audio lainnya

Salah satu yang vital dalam mendapatkan suara yang bagus adalah bagaimana cara penyambungan kabel speaker ke arah pendistribusian yang benar. Kita jangan salah colok antara Power untuk Middle terpasang ke arah Sub woofer atau kabel untuk Sub Woofer kita pasangkan ke Twiteer. Berilah tanda pada arah kabel yang menjadi tujuan.
Kabel sinyal audio untuk microphone juga perlu menjadi perhatian. Pelajarilah sistem kerja Balance dan Unbalance saat membuat koneksi kabel sound system.

Persiapan dana untuk mencari Harga Paket Sound System Lapangan Lengkap untuk Kebutuhan Rental

Daftar Harga Paket sound system lengkap yang murah namun bersuara bagus untuk keperluan Karaoke dan orgen tunggal memenag sulit ditebak. Kita tahu bahwa banyak sekali merk sound system keluaran terbaru yang menawarkan suara yang bagus namun dengan harga yang murah. Misalnya, produk sound system China kini berkualitas bagus namun harga lamayan terjangkau. Perkiraan dana yang dibutuhkan anda untuk pengadaan peralatan rental dan sewa Sound System untuk keperluan pesta pernikahan di atas adalah kurang lebih sekitar 50 jutaan ke atas.
Tata Letak Speaker - Rental Sound System Orgen Tunggal atau Karaoke
Baca juga rubrik berikut ini :

Semoga bermanfaat