Rekomendasi Harga Sound System Ruangan Rapat

Harga Sound System Ruangan Rapat - Memang agak susah memilih sound system yang sesuai dengan selera. Bila anda menginginkan mutu suara yang bening tentu anda harus mengeluarkan kocek yang banyak, sebagaimana kita ketahui bahwa harga menentukan kualitas. Coba kita lihat dalam ruang paripurna DPR. Peserta rapat disediakan Microphone Conference System di atas meja mereka untuk berinteraksi. Sound system ruang rapat tidak terfokus hanya pada ruang rapat milik Pemerintah saja namun ruang pertemuan juga dibutuhkan di lingkungan swasta. Sementara itu penggunaan ruang pertemuan juga disediakan oleh hotel-hotel untuk disewakan. Oleh sebab itu kita membutuhkan keberadaan "peralatan sound system" yang cukup lengkap yang biasa disbeut juga dengan istilah sound system conference room.

Sound system ruang rapat (sound system conference room) adalah peralatan yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat suara peserta rapat yang berada dalam lingkup ruangan rapat dengan menggunakan beberapa Microphone. Dalam suatu ruangan rapat seringkali dihadiri banyak peserta rapat yang mendengarkan dan mengikuti jalannya pembicaraan yang kadang saling berinteraksi antara pemimpin rapat dengan peserta, artinya ada tanya jawab suatu masalah yang dibahas. Dengan banyaknya peserta yang akan berbicara dalam sebuah gedung yang cukup besar, maka suara narator atau pimpinan rapat perlu diperkuat sehingga suara bisa terdengar penuh dan pembahasan rapat dapat dipahami oleh semua audien secara menyeluruh dan efektif.

Spesifikasi dan Rincian Harga Paket Peralatan Sound System untuk Ruang Rapat atau Gedung Pertemuan

Satu paket sound system ruangan rapat terdiri dari Microphone, Microphone nirkable, Mixer Console, Amplifier, Speaker, atau aktive Speaker. Dalam pembahasan kali ini kita akan melihat rincian paling minimal yang diperlukan dalam menetapkan harga daftar paket sound system gedung pertemuan.
Berikut ini anda dapat melihat kriteria di bawah ini yang saya bagi dalam beberapa prioritas.

1. Beberapa Keperluan dalam Paket Peralatan Sound System untuk Ruangan Rapat

Satu satu paket umumnya terdiri Microphone yang ditempatkan di meja utama (pemimpin rapat) lalu berikutnya atur dengan jumlah peserta rapat lainnya. Microphone untuk pemimpin rapat (mungkin terdiri dari 2 buah) yang digunakan untuk memimpin jalannya sidang (fokus rapat). Microphone yang dipergunakan bisa berupa paket.
Harga Sound System Ruangan Rapat\

1.1. Microphone Conference System

Di dalam paket Microphone Conference ini sudah termasuk bagian mixing dan pengut audio. Dalam paket Microphone ini sudah termasuk kabel jumper connector yang jaraknya sudah disesuaikan. Fasilitas pada Microphone ini sudah cukup memadai dan anda tinggal menempatkannya di atas meja. Output audio dari conference system ini kemudian dipertemukan ke input Mixer utama dalam ruang rapat.

1.2. Profesional Microphone handheld untuk MC.

Microphone ini bisa menggunakan Shure SM58 atau bisa juga menggunakan microphone nirkabel. Kita memerlukan tiang mik (microphone stand) untuk kondisi acara formal.

1.3. Microphone wireless

Mic tanpa kabel ini bertugas untuk media interaksi sebagai Microphone tanya jawab para audien di dalam ruangan rapat bila nantinya terjadi dialog.

1.4. Mixer sound system 24 Channel

Mixer ini bisa menggunakan console dengan merk Yamaha, Soundcraft dan lainnya

1.5. Power Amplifier

Amplifier ini tergantung type speaker system yang kita gunakan, Bila menggunakan Aktif speaker maka tak perlu lagi menggunakan Power Ampli * (lihat keterangan active passive speaker) di bawah.

1.6. Louspeaker (Speaker System)

Bisa active speaker atau passive speaker bila aktif tak perlu memakai Power Amplifier dengan jumlah dan daya yang disesuaikan dengan panjang lebar ruangan.
Sekarang ini orang telah banyak memakai aktif speaker untuk sound system indoor maupun outdoor. Kita tinggal menyesuaikan seberapa besar ukuran ruangan dan berapa kapasitas daya speaker. Namun biasanya dengan minimal 1 set (2 unit) speaker aktif sudah bisa mengkoper area ruangan rapat.

1.7. Tripod atau bracket speaker

Tripod dan bracket ini terbuat dari pipa besi yang berfungsi untuk meletakkan Loudspeaker di mana akan diletakkan. Bila diletakkan di lantai maka pergunakan tripod, bila digantung maka gunakan bracket.

1.8. Microphone Stand/ Tiang Mic (floor dan table stand mic)

Tentu yang diperlukan juga untuk ruang rapat adalah penempatan Microphone dengan penggunaan mic stand, baik stand mic table dan juga floor stand mic.

1.9. Kabel Speaker

Kabel speaker terdiri dari 2 (dua) macam tergatung penggunaan speaker yang anda gunakan. Bila anda menggunakan active speaker maka untuk meneruskan sinyal dari mixer ke speaker kita dapat menggunakan kabel sinyal misalnya merk Canare

1.10. Komponen lainnya

  • Laptop (bila diperlukan)
  • Projector (bila diperlukan)
Bila menggunakan pembawa acara (MC) yang berdiri, maka dibutuhkan satu Microphone handheld dengan stand (tiang) mic. Dalam ruang rapat kadang peserta yang hadir diluar kapasitas meja yang terdapat Microphone peserta rapat, maka bila ada tanya jawab di antara audien (dengan meja tanpa Microphone) dalam situasi ini kita membutuhkan Microphone tambahan berupa Wireless Microphone yang bisa berpindah-pindah posisi.

2. Pertimbangan dalam Merancang Sound System Ruang Rapat

Pilihan pada produk berkualitas untuk mendapatkan hasil suara yang baik dan lembut dan merata yang merata sampai pada sisi sisi ruang rapat. Undanglah orang yang paham untuk mendesain tata letak sound system ini dan juga untuk merinci seberapa besar dana yang dibutuhkan dalam menetukan harga sound system ruangan rapat. Mereka akan melihat kondisi ruangan yang tersedia. Ukuran ruangan berguna untuk mengukur seberapa panjang kabel speaker untuk audio. Kondisi ini mereka sangat paham dalam menetapkan apa yang menjadi pertimbangan bagi anda dalam merancang serta juga proses instalasi sound system ruang rapat anda.z

Berikut step by step langkah-langkah yang mereka persiapkan;
  • Kondisi Ruang, Jumlah Meja dan Kebutuhan Koneksi Kabel Speaker dan Kabel Audio lainnya.
    Kondisi ini tentu berguna saat kita melakukan instalasi peralatan sound system terutama kabel. Apa saja peralatan yang hendak kita hubungkan ke Mixer dan juga Amplifier atau Speaker. Bagaimana ukuran ruang, panjang lebar tinggi ruangan. Penempatan kabel harus terlihat rapi seolah tak terlihat. Bila operator Mixer berada di depan meja utama dengan jarak mungkin 15 meter atau lebih maka bisa menggunakan Snake Cable untuk menghubungkan posisi Mic yang ada di meja dan juga menghubugkan Mixer ke masing-masing Speaker system. Dalam Snake Cable biasanya terdapat connector I/O bus. Dengan demikian kita dapat merancang connector, jumlah input, jumlah speaker, daya dari amplifier, area jangkauan suara yang rata pada seluruh sisi ruangan.

  • Jumlah Microphone Conference System
    Kita juga harus memperhitungkan berapa jumlah Microphone Conference permanen yang perlu dipasang pda masing-masing meja. Semakin banyak unit Microphone yang kita butuhkan tentu anda harus mempersiapkan anggaran yang banyak untuk melengkapinya.

  • Jumlah Speaker Sound System yang Diperlukan
    Penentuan ukuran ruangan menjadi pertimbangan untuk menentukan posisi speaker dan jenis speaker yang cocok untuk ruang rapat. Speaker sound system yang berkualitas akan membuat suasana rapat tidak terganggu dengan kondisi trouble peralatan dan juga feedback pada sound system.

3. Contoh Daftar Harga Paket Microphone Sound Systems

Setelah technician atau distributor peralatan sound system telah datang dan survey lokasi ruangan rapat anda, tentu mereka akan memberikan saran yang sempurna tentang berepa total biaya yang harus dikeluarkan. Kebetulan saya juga tehnisi sound system dan telah banyak mengoperasikan perangkat sound system untuk ruangan, maka saya menyarankan kepada anda untuk melihat daftar alat-alat sound system di bawah ini. Berikut ini mungkin bisa menjadi acuan bagi anda tentang contoh spesifikasi daftar paket sound system :
  • Microphone Conference System Bosch
  • Shure Handheld Microphone SM58
  • Shure SM58 Wireless Microphone
  • Allen and Heath Professional Mixer ZED14
  • Speaker Huper AK15A (banyaknya tergantung lebar rauangan)
  • Snake Cable
  • Equalizer dbx 2331
  • Feedback Destroyed
Lihat gambar
Microphone Conference System

Penutup dan saran tentang Harga Sound System Ruangan dan toko yang menjual

Harga Sound system ruangan rapat - Untuk melihat dan mengetahui harga sound system gedung pertemuan silakan anda tanyakan distributor atau dealer paket sound system yang terdapat di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Apabila di kota anda ada toko sound system maka cobalah untuk berkunjung ke sana. Biasanya mereka juga melakukan proses instalasi sound di ruangan rapat anda. Anda juga bisa melihat harga paket sound system kantor dan sekolah pada artikel saya yang terkait.

Apakah anda ingin melihat rincian/ keterangan harga yang lainnya?
Menuju ke Halaman HARGA SOUND SYSTEM.....
Menuju ke artikel selanjutnya tentang: Memilih Produk dan Harga Speaker Aktif Portable yang Bagus...
Terimakasih atas kunjungan anda....