Referensi Harga Sound System untuk Karaoke dan Kelengkapannya

Harga Sound System Karaoke dan Kelengkapannya - Di sini kita akan melihat bagaimana cara membangun Karaoke system dan Home Theater untuk Rumah Anda. Sebelum mengambil tindakan ada baiknya baca dahulu artikel ini tentang harga paket Active Speaker Sound System untuk Karaoke dan kelengkapannya. Di bawah ini saya ingin memberikan saran atau referensi kepada anda tentang peralatan sound system untuk Karaoke yang kita butuhkan walau bukan dari paket sejenis. Kita memilihnya secara terpisah. Untuk itu ada baiknya anda mengunjungi toko soundsystem di kota anda untuk mendapatkan info harga sound system Karaoke untuk keperluan di rumah anda.

Apa saja Peralatan Sound System untuk Karaoke Rumah?

Sebelum memulai melangkah untuk memilih perangkat-perangkat Karaoke di rumah anda, maka ada beberapa kriteria yang perlu Anda ketahui yaitu :
  1. Pemilihan perangkat minus one (Karaoke Player), apakah menggunakan Profesional MIDI Karaoke Player Machine?
  2. Karaoke Microphone atau Karaoke Wireless Microphone
  3. Perlukah menggunakan Mixer system
  4. Penggunaan Speaker System, apakah anda menginginkan Active speaker atau Passive Speaker, dan apakah perlu menggunakan Sub Woofer?
  5. Power Amplifier [bila menggunakan Active Speaker maka anda tak perlu menggunakan Amplifier]
  6. Display Monitor
  7. Perlukah pengguanaan Equalizer
  8. Instalasi, Tata letak dan akustik ruang

#1. Player Profesional Karaoke Machines Modern

Untuk membangun sound sistim Karaoke, dahulu orang banyak menggunakan VCD Player untuk menyetel musik karaoke. Tentu anda harus mengkoleksi disk lagu minus karaoke. Kadang lagu yang berasal dari disk ini sering macet yang tentu membuat anda kesal. Pada waktu itu orang menancapkan Microphone kabel pada saluran jack mic 1 dan 2 yang ada di body VCD Player. Di sana juga terdapat penyetelan echo yang dapat diatur melalui remote control, namun suara vokal kadang terdengar kecil dari pada suara musiknya.

Dengan kemajuan teknologi maka sekarang ini sudah tersedia Karaoke Player dengan media penyimpanan berupa Hard-disk (Fashdisk). Best Karaoke Machines yang profesional dengan internal harddisk dan anda dapat mengupdate data lagu kesukaan anda melalui internet. Sementara itu koleksi mp3 yang terdapat pada USB Flash-disk anda dapt pula dimainkan pada perangkat ini.

#2. Memilih Karaoke Microphone atau Wireless Microphone

Bila anda memilki dana cukup, tak kepalang tanggung maka pilihlah microphone berkelas, tentu harganya pun mahal. Untuk sebuah microphone Shure dengan 1 mic genggam dan 1 receiver berharga 5 jutaan. Namun ada juga Micophone Wireless merk Shure UR12 yang berisi 2 mic genggam dan 1 receiver. Harganya pun bervariasi. Namun anda dapat pula mencoba menggunakan merek lain seperti AKG.

#3. Perlukah menggunakan Mixer Audio?

Sebenarnya ini masalah selera dan apakah anda memiliki kemampuan dalam menyetel mixer console. Bila anda paham mengoperasikannya maka tak salah bila anda memerlukan perangkat ini. Bila anda menggunakan mixer maka suara akan masuk pada channel yang anda tancapkan pada Jack. Pada kondisi ini Anda dapat mengatur kadar level suara mic dan juga frekuensi-nya. Sebagaimana kita ketahui bahwa mixer berfungsi untuk menggabung antara beberapa buah mikropon dengan sumber suara yang lain (misal musik dari VCD anda) sehingga terdengar kontras (berpadu). Bila anda tak suka menggunakan Mixer maka carilah Karaoke Player yang terdapat Jack Microphone pada body-nya.

Sebuah mixer audio yang perlu anda siapkan minimal terdiri dari 4 channel yang dilengkapi fasilitas echo internal (Sound FX internal). Anda dapat memilih setelan Echo menurut kesukaan anda. Coba pilih Reverb/ Hall.

Beberapa nama merk yang cukup memadai dan berharga murah seperti Yamaha, Ashley, Allen n Heath, . Mixer Audio Soundcraft dan Behringer merupakan produk sound system berkelas yang mungkin bisa menjadi pilihan anda untuk karaoke atau home theatre anda.

#4. Pemilihan Karaoke Speaker System, Apakah Passive dan Active?

Speaker adalah peralatan transducer sebagai media akhir pengantar bunyi yang telah diperkuat sehingga terdengar semakin kuat (dalam hal Gain). Aktif Speaker adalah perngkat speaker system yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan Power Amplifier dan Power Suplay. Sedangkan speaker pasif adalah speaker yang terpasang dalam box yang memerlukan tenaga input dari Power Amplifer eksternal.

Sebagai rekomendasi bagi anda bila ingin menggunakan Active Speaker, cobalah pilih paket Speaker system merk Huper AK15A Active Speaker. Huper merupakan produk speaker system buatan China. di dalamnya terdiri dari :
  • Harga Huper AK15A Active Speaker untuk Mid range kurang lebih 9 jutaan sepasang.
  • Sub woofer SRP 118 SE, harganya kurang lebih 12 jutaan [boleh ditiadakan].

#5. Pemilihan Power Amplifier Sound System

Di dalam kurung saya menuliskan {bila menggunakan Active Speaker maka anda tak perlu menggunakan Amplifier}, artinya anda tak perlu merkit/ membeli Power Amplifier karena di dalam speaker aktif sudah dilengkapi dengan Power Amplifier internal dengan daya yang cukup menggetarkan ruangan anda. Daya yang dikeluarkan oleh aktif speaker ini rata-rata di atas 300W RMS. Sebenarnya bila anda menggunakan Power Ampli dengan daya besar ini sangat konsumtif dalam hal pemakain energi listrik di rumah anda.

#6. Display Monitor

Anda dapat menggunakan media display apapun untuk menampilkan video karaoke. Televisi yang sudah tersedia di rumah bisa anda manfaatkan untuk keperluan hiburan Karaoke anda. Bagaimana cara menghubung ke TV tergantung pada pilihan output Audio Video (AV) yang tertera di sana.

#7. Perlukah Penggunaan Equalizer Grafis

Peralatan ini bersifat optional, artinya boleh anda gunakan boleh juga tidak. Namun bila anda rasa ini sangat dibutuhkan tentu anda akan menggunakannya. Fungsi Equalizer (EQ) adalah untuk memangkas/ mengurangi suatu bilah frekuensi audio tertentu. Equalizer terdiri dari dua macam sistim pengolahan sinyal, yaitu grafis dan parametrik. Saya menggunakan equalizer grafis dengan model DBX 2231, Harganya kurang lebih di atas 2 jutaan, tergantung KW (kwalitas produk).

#8. Instalasi, Tata letak dan akustik ruang

Sebaiknya prosses instalasi dilakukan oleh orang yang mengerti tentang tehnik sound system. Saat anda membeli di lingkungan tempat tinggal anda maka technician dari pihak toko akan melakukan instalasi pada perangkat karaoke anda. Saat finishing instalasi dan chek sound mereka akan mengajarkan anda tentang langkah-langkah pengoperasian berikut mengajarkan tentang menu-menu yang ada pada remote control Karaoke Player. Bila anda membeli dari luar daerah via online maka mintalah teman anda yang paham dalam bidang audio system.

Daftar Harga Sound System Karaoke

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam ulasan mengenai harga Sound System Karaoke dan kelengkapannya. Saya menyarankan bila dana anda mencukupi cobalah untuk membeli profesional Karaoke Player Machines karena peralatan karaoke ini menyimpan banyak koleksi lagu-lagu dari seluruh negara serta mudah dalam menyetel menu-menu yang ada di dalamnya. Menilik harga sound system karaoke terutama pada bagian Speaker system dapat anda lihat pada distributor yang menjual produk sound system karaoke lengkap di kota anda.

PAKET SPEAKER HUPER
Harga Speaker System Karaoke
Speaker ini memiliki mutu suara yang bagus dan suara yang lumayan kencang.
Bila anda suka melihat Spesifikasi Speaker ini, coba anda tanyakan pada toko sound system di kota Anda

Semoga bermanfaat.
Apakah anda ingin melihat rincian/ keterangan harga yang lainnya?
Menuju ke Halaman HARGA SOUND SYSTEM.....
Menuju ke artikel selanjutnya tentang: Rekomendasi Harga Sound System Ruangan Rapat....

Terimakasih atas kunjungan Anda.