×

Harga Sound System untuk Keperluan Kantor, Sekolah dan Tempat Ibadah

Harga Sound System Kantor, Sekolah dan Masjid - Saya membagi PA (Public Address) speaker sound system ini berdasarkan 3 kategori seperti dalam judul di atas. Sebagai pengetahuan bagi anda coba anda buka tautan saya berikut ini tentang sound system untuk fasilitas umum.

Harga Sound System TOA - Include Amplifier, Speaker

Dalam rubrik ini Saya membaginya dalam beberapa keperluan, yaitu
  • Portable Sound system
  • Indoor sound system, meliputi Ceiling Mount Speaker, Column Speaker, TOA Box Speaker
  • Outdoor sound system, yang meliputi Amplifier, Horn Speaker.

A. Speaker Sound System Portable untuk Keperluan Kantor

Speaker Portable untuk Keperluan Kantor ini terdiri dari beberapa kriteria.

Speaker Portable untuk Rapat Kecil

Sound system portable sering digunakan untuk keperluan yang bersifat berpidah-pindah. Pada instansi pemerintah kadang ada pertemuan khusus di ruang yang tidak memilki sound system terpasang. Bisa juga dipergunakan untuk apel harian pegawai. Kami sering menggunakan peralatan ini.

Sound System Ruang Permanen

Di lingkungan kantor biasanya memerlukan sound system ruang rapat baik yang dipasang permanen maupun yang bisa dipindah-pindah. Pada ruangan khusus yang dipakai untuk pertemuan ini biasanya telah dipasang speaker system permanen yang ditempatkan pada ruang tersebut. Posisi PA speaker digantung di dinding atau menggunakan tripod. Coba kita lihat pada gedung wakil rakyat pasti dipasang banyak sekali microphone pada masing-masing meja perwakilan. Perangkatnya sudah menggunakan sistim fasilitas canggih yang dilengkapi dengan dual switch control pembicara, artinya microphone yang lain tidak bisa ON kecuali narator menekan salah satu tombol. Ruangan ini memerlukan Mixer console yang berguna untuk mencampur beberapa sumber bunyi yang lain.

Sound System Outdoor Permanen

Pada instansi Pemerintahan terdapat sound system outdoor yang dipasang permanen juga, artinya tak dipindah-pindahkan lagi dan siap dipakai. PA Speaker diletakkan menggunakan tiang (menara) atau ditempelkan ke dinding. Sound ini dipergunakan untuk upacara mingguan seluruh pegawai semua dinas-dinas.

Speaker System Indoor Permanen - Ceiling Speaker

Sementara ada juga yang memasang PA Speaker system dengan menggunakan beberapa buah Ceiling Speaker pada bagian langit-langit ruangan yang berfungsi untuk memberikan informasi dan pemberitahuan kepada seluruh staff di kantor. Oleh sebab itu harus ada Operator untuk mengaktifkan perangkat ini. Ceiling Mount Speaker ini terkoneksi dengan perangkat Mixer Audio. Operator kadang memperdengarkan instrumen soft music dengan suara yang sangat pelan.

B. Speaker Sound System untuk Sekolah

Di lingkungan Sekolah pada saat ini sudah memerlukan fasilitas sound system baik yang permanen maupun yang bisa dipindah-pindah. Sound system outdoor dibutuhkan pada saat upacara bendera atau sarana informasi kepada siswa. Sistim suara ini juga berfungsi untuk menginformasikan jam masuk dan jam pulang serta menginformasikan perpindahan jam pelajaran. PA Speaker yang digunakan adalah berupa TOA corong yang diletakkan pada tiang (menara) atau ditempelkan ke dinding. Amplifier dibutuhkan untuk memperkuat audio dari Microphone. Jadi untuk melengkapi kebutuhan akan sound system outdoor pada lingkup sekolah maka peralatan yang diperlukan adalah :
  • 2 unit Horn (Corong) Speaker yang dipasang pada dinding
  • Amplifier
  • Kabel penghubung Ampli ke Horn
  • Microphone hand-held, lebih bagus bila menggunakan Wireless Microphone
Pada lingkup indoor pergunakan Portable Speaker ZW3200 seperti gambar di bawah ini.

C. Speaker dan Sound System TOA untuk Masjid

Di lingkungan Masjid sudah tentu memerlukan fasilitas sound system, rata-rata menggunakan produk TOA baik untuk indoor maupun outdoor. Pada bagian dalam ruangan masjid dipasang speaker system permanen berupa Column Speaker yang ditempatkan pada dinding ruang tersebut. Sebenarnya saya kurang suka dengan suara yang dikeluarkan speker column ini, karena artikulasi suara yang dikeluarkan kurang terdengar jelas dan sering feedback bila gain microphone diset kencang. Beberapa pengurus masjid sering bertanya pada saya untuk pembelian Paket peralatan sound system untuk masjid mereka sekaligus menyuruh saya untuk menyetingnya. Saat itu saya menyarankan agar untuk speaker indoor mempergunakan TOA Box Speaker ZS-F2000BM dengan daya 60 Watt. Ini merupakan professional speaker dengan design box speaker yang kompak dan ringan. Performa respon frekuensi cukup lebar sehingga mampu mengeluarkan suara Low yang bagus dan tweeter yang tinggi menjadikan speaker ini low feedback/ stooring. Instalasinya cukup menggunakan dua buah speker ini yang dipasang di dinding. Pada bagian outdoor menggunakan PA Horn Speaker system yang dipasang permanen di dekat kubah masjid atau dipasang pada tiang/ menara. Untuk bagian Indoor, tak banyak yang menggunakan Ceiling Speaker untuk keperluan ini. Rata-rata mereka menggunakan Coulum speaker yang ditempel ke dinding.

Saran Pemilihan Speaker Sound System Sesuai Kebutuhan

Berikut ini adalah rekomendasi bagi anda yang ingin memperoleh suara yang bagus dari sound system TOA dari keperluan anda di atas.

1. Portable Sound System Merek Toa Model ZW3200

Paket Microphone Wireless TOA ini terdiri dari Microphone genggam (handheld) dan Mic Clip on. Harga per unit +/- : Rp. 6.700.000,-
Harga Sound System Toa Model ZW3200
Wireless Mic Toa Portable ini adalah perangkat sound system yang sangat praktis untuk kegiatan di dalam ruangan dan outdoor (dalam jangkauan dekat) yang dilengkapi dengan Microphone genggam dan Microphone Clip on. Sementara itu anda dapat pula menyetel kaset senam pada perangkat ini. Suara yang dihasilkan sangat jelas dan cukup kencang.Spesifikasi Peralatan :
  • Terlihat praktis, ringan dan mudah dipindah-pindah
  • Berat keseluruhan kurang lebih 6.7 kg
  • Maximum output power : 30 W terdiri dari 2 way speaker
  • VHF Wireless Tuner microphone jangkauan cukup jauh
  • Input volume dan pengaturan tone control level untuk Microphone dan input /AUX input.
  • Anda dapat pula menggunakan External speaker output dengan menggunakan connector external speaker (8-16©, rated 20W), untuk mendapatkan daya total output power 50W coba gunakan 2 buah speaker yang diparalel.
  • Continuous operation untuk 24 jam bila menggunakan batere Alkaline
  • Cassette Deck yang dilengkapi dengan fasilitas recording, penyetelan playback volume, pengaturan tape speed control dan auto-reverse.
  • Disediakan; wireless microphone Volume, Jack dan pengaturan Volume untuk wired microphones Pre Amp.

2. TOA Box Speaker ZS-F2000BM

Speaker ini bisa dipasang di Masjid dengan ukuran 20 m x 20 m menggunakan 6 buah Speaker yang terdiri dari 2 buah SP di bagian depan dan 4 buah SP di sisi kiri kanan agar suaranya merata. Spesifikasi :
  • Harga per unit : Rp.
  • Daya rata-rata : 60 Watt
  • SPL : 92 dB
  • X-over : 2way speaker system
  • Enclosure : bass reflex type
  • High impedance, input 100V line
  • Speaker unit : 8 inch
  • Frekuensi response : 65~20 Khz
  • Dimensi : 244(W) X 373(H) X 235 (D)
  • Variant : black (ZS-F2000BM) & white (ZS-F2000WM)
  • Bahan enclosure : HIPS resin
  • Berat : 8 Kg
  • Accessories tambahan : Bracket.
Harga TOA Box Speaker merk ZS-F2000BM
TOA Box Speaker ZS-F2000BM

Penutup
Semoga halaman ini yang bertajuk Harga Sound System untuk keperluan kantor, Sekolah dan Masjid dapat menambah wawasan anda dalam membeli produk bermutu dan bersuara bagus untuk fasilitas dan tempat-tempat umum. Apakah anda ingin melihat rincian/ keterangan harga yang lainnya?

Lihat Halaman berikut :


Terimakasih atas kunjungan anda....