Jumat, 11 Desember 2015

Tips dan Trik Mengatasi Microphone yang Berbunyi Kresek


.

Tips dan Trik Mengatasi Microphone yang Berbunyi Kresek  - Ada kalanya saat anda bernyanyi karaoke / pidato, sering anda mendapati masalah pada Microphone system anda. Microphone yang anda gunakan saat itu mungkin adalah mik kabel. Saat bernyanyi/ sambutan pidato, suara vokal anda kadang terdengar dan kadang tidak pada speaker system. Kalau pun ada suara dari mulut anda, kadang diiringi suara yang sangat ribut berupa bunyi kresek-kresek. Pada Big sound system, suara kresek ini sangat dibenci oleh sound-man karena dapat merusak Loudspeaker dan tentu menggangu ketertiban acara yang mereka tangani.

Mengatasi Microphone Genggam Kabel dan Microphone Wireless yang Trouble atau Bermasalah atau Rusak

Memang suara berisik sangat menggangu apa bila kita dihadapkan pada kondisi acara resmi dan kita mendapati suara kresek-kresek ini. Sekali lagi, permasalahan pada suara bising ini belum tentu berasal dari Mikrophone, kita harus menelusuri trouble ini secara bertahap yang dimulai dari mengganti kabel Microphone dengan kabel yang lain. Apabila suara berisik ini masih terdengar juga, coba dengan posisi penggunaan kabel yang sama kemudian anda ganti microphone anda dengan mic yang lain. Bila masih juga terdengar suara berisik ini bisa jadi permasalahan ini berasal dari channel mixer pada Microphone yang anda tancapkan, dengan kata lain bahwa bisa saja kerusakan ini berasal dari Mixer anda. Coba pindahkan posisi channel yang lain untuk menancapkan Microphone. Waduh, masih juga terdengar suara kresek-kresek ini walau sudah memindahkan posisi channel yang lain, lalu bagaimana ini? Saya rasa mixer anda harus diganti dengan yang lain dengan cara meminjam ke teman anda kemudian anda perbaiki. Mudah-mudahan masalah suara berisik ini dapat anda atasi.

A. Mendeteksi Kerusakan Connector Kabel Sound System Pada Microphone

Bunyi ngeresek belum tentu berasal dari Microphone-nya saja, saya rasa bukan ini penyebab suara kresek tersebut, namun kondisi ini bisa berasal dari kabel penghubung antara body microphone dengan peralatan dimana anda mencolok Jack mic itu (misal dari jack mic VCD Player atau dari Channel Mixer Audio).

Ganti Connector atau Jack Penghubung - Harga Connector

Jack / konektor penghubung ini tedapat pada body Microphone (jenis  XLR Male) dan juga terdapat pada Jack jenis Phones (input Mic VCD) yang nantinya kita pasang ke VCD, Mixer, atau speaker system portabel. Bisa jadi salah satu dari konektor ini sudah aus/ renggang pada bagian terminal penyolderannya (soket). Kondisi ini mungkin disebabkan Jack yang anda miliki dengan kualitas yang kurang bagus. Pada connector (jack) yang berkualitas bagus memiliki terminal penyolderan / soket dari bahan tembaga murni. Bila anda ingin mengetahui harga connector yang original, misalnya merk Amphenol part number dengan harga berkisar Rp. 45.000an. Merk yang lain yang bisa anda pergunakan adalah Neutrik dengan logo part number pada kemasannya dengan harga Rp. 45.000,-/ unit. Connector yang murah meriah biasanya dengan harga Rp. 5.000an.
Kabel Canare dan Jack Amphenol

2. Ganti Kabel Sound System untuk Microphone anda - Harga Kabel Canare

Kabel untuk sound system yang anda miliki mungkin kualitasnya yang kurang bagus (kabel murah). Saat mic tidak anda pergunakan tentu akan anda simpan ke dalam lemari. Saat menggulung kabel ini secara berulang-ulang akan mengakibatkan kabel ini mengalami lecet pada kulit kabel positif yang ada dalam kabel tersebut. Atau bahkan kabel positif bagian dalam lingkaran (cangkang) kabel mengalami putus/ retas dalam jarak dekat, yang masih tersambung kadang hanya beberapa helai kawat tembaga (campuran) saja. Ada satu lagi permasalahan pada kerusakan kabel ini terjadi hubungan singkat antara jalur positif dan jalur ground (serabut). Bila kabel ini konslet maka microphone tidak akan mengirim sinyal (berbunyi) kepada sound system anda.

B. Solusi Mengatasi Masalah Suara Microphone Wireless

Suara ngeresek ini juga bisa berasal dari Microphone Wireless. Microphone Wireless menggunakan media frekuensi radio berupa VHF (kadang UHF) untuk mengirim sinyal suara. Kondisi jarak sangat berpegaruh pada kestabilan frekuensi pengirim sinyal. Sinyal radio ini juga terganggu dengan sistim transmisi yang lain yang terdekat dengan Microphone (interference).

Karakteristik Kabel Sound yang Original

Kabel yang berkualitas bagus biasanya memiliki lapisan benang pada untuk melapisi kulit bagian positif dalam cangkang kabelnya. helai-helai kabel dalam jalur positif memiliki lembar/ helai yang banyak, dan menggunakan tembaga murni. Kalau mau tahu harga kabel audio (kabel untuk Mic) yang original ini adalah rata-rata Rp. 22,000,- semeter (atau satu roll kurang lebih 2 jutaan). Kabel yang original baisanya terdapat kode angka pabrik yang berdekatan dengan tulisan merk (misalnya kabel L-2T2S Canare Cable dan ada tulisan 402).

Kesimpulan
Karena saya merasa kondisi ini bukan berasal dari microphone anda, maka sebaiknya menggantikan kabel anda berikut connector-nya dengan yang berkualitas bagus. Saat anda membeli kabel yang original dan Jack yang asli, mintalah kepada pihak penjual untuk merakitnya/ menyoldernya. Kalaulah ada paket unit kabel yang berkualitas yang telah siap pakai, itu lebih baik, jadi tak perlu dirakit dahulu.
Wireless Microphone Murah
Microphone Wireless juga sering mengalami gangguan sehingga menimbulkan bunyi kresek-kresek ini.
Baca juga

Terimakasih atas kunjungan anda.


.

Share this

Tag: