Mengatasi Vocal Tertimpa Suara Musik pada Sound System Orgen Tunggal

Rubrik ini adalah pengalaman saya dalam menghadapi kasus yaitu suara Microphone yang kalah oleh suara musik yang terdengar pada speaker utama sound system orgen tunggal. Kejadian ini terjadi sebuah acara yang melibatkan saya pada sound system organ tunggal.

Problem Suara Mic saat Setting Sound System Organ Tunggal

Bagaimana mengatasi suara vocal yang kalah oleh suara musik pada Output Speaker Utama dalam Sound System Orgen Tunggal?
Kebetulan ada juga pertanyaan teman di FB yang bertanya tentang bagaimana cara mengatasi suara vokal yang tertiban oleh musik pada output speaker utama, dalam hal ini ke arah pendengar.

Cara Setting Sound System Orgen Tunggal saat Check Sound

Problema ini menuntut kepandaian kita dalam balancing audio. Kondisi ini mungkin terjadi tatkala acara telah berlangsung dan anda mendapati suara pada speaker hanya terdengar suara musik saja sementara vokal tak begitu jelas pada speaker sound system. Biasanya Player Orgen mungkin rada budek dan bandel serta selalu ingin membesarkan volume musiknya dari volume keyboard-nya tanpa menghiraukan controlling penyanyi, dan bahkan keselamatan speaker akibat overload gain. Pasti mereka akan membesarkan volume dari keyboard apabila memainkan musik dangdut yang riang seperti koplo dan musik house. Kondisi ini membuat Operator selalu mengontrol level output agar speaker aman dari beban over. Tak hanya itu, tentu penyanyi akan protes karena suara mereka tak begitu terdengar di speaker.

Check sound awal memang cukup diperlukan sebelum tampil dalam acara. Yang paling utama dalam pensetingan awal sound system adalah check seluruh Microphone yang terdengar pada speaker utama dan juga pada Monitor speaker. Proses pensetingan ini biasanya mengetrim seberapa besar level dan warna suara (Low, Mid, dan High) yang menurut kita sudah cukup baik. Pensetingan musik tidaklah begitu sulit di Mixer, kita hanya membesarkan volume pada channel yang bersangkutan dan levelnya terlihat di display tidak melebihi level vokal.

Sound system untuk orgen tunggal juga memerlukan speaker Monitor untuk posisi panggung. Cara penyambungan output dari mixer menuju active speaker monitor bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa kita sambung dari SUB Out Mixer, Mono Sum Output Mixer, Rec Out, dan Aux Send.
Sound System Orgen Tunggal
My Friend, Player Keyboard

Cara Setting Kontrol Suara Menggunakan Monitor Speaker - Posisi Jack AUX

Mengatasi permasalahan ini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan Monitor speaker yang kita koneksikan menggunakan AUX, kemudian control volume yang masuk ke monitor untuk vokal. Usahakan suara yang datang dari microphone lebih besar dari pada musik.

Pengaturan Vol AUX ada ini pada masing-masing channel dan terhubung ke Jack AUX Send
AUX send untuk Monitor Speaker Sound System Orgen Tunggal
Posisi Aux 1 dan Aux 2 Send
Kalau anda memiliki dua monitor panggung, coba yang satu anda fungsikan untuk monitor player, dan speaker monitor satu lagi untuk monitor singer dari sambungan masing-masing, gunakan AUX 1 dan AUX 2. Misalkan AUX 1 untuk kita sambungkan menjadi monitor Player, dan AUX 2 untuk monitor Penyanyi. Aux 1 dan Aux 2 ini memiliki Jack Output (Aux Send) masing-masing. Jadi, volume suara yang berasal dari Keyboard tidak masuk ke Speaker Monitor untuk penyanyi dan suara yang datang dari Mic Vokal tidak masuk ke monitor speaker untuk Player atau volume suaranya diberi sedikit saja.

Monitor ini dalam penempatannya kita dekatkan ke arah Player orgen dan Penyanyi masing-masing

Monitor Speaker Orgen Tunggal
Monitor Speaker
Usahakan Gain Level mic berada di atas (untuk level) pada MAIN out speaker dari ada musik.

Saat check sound awal usahakan penguatan out master untuk vokal berada pada posisi max ada angka 3 hingga 6 dB dan untuk musik 0 dB pada display Mixer. Tekan PFL utk mendapatkan nilai penguatan dB yang standar saat kita mengetrim gainnya.

Setelah anda merasa semua telah cukup sempurna, maka anda dapat mengontrol Level Main Out pada speaker utama dengan cara bertahap sambil mencicipi hidangan acara pernikahan yang melibatkan sound system anda.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam solusi menghadapi kasus suara microphone yang tertimpa suara musik orgen tunggal di sound system rental anda.
Terimakasih buat sahabat yang telah membaca halaman situs ini.

Tags :