Sound System Organ Tunggal dengan Satu Power Ampli

Komponen Sound System Organ Tunggal dengan Satu Power Ampli beserta Aksesoris Pelengkapnya - Apakah bisa bila kita ingin mengadakan sound system untuk organ tunggal hanya dengan menggunakan satu buah Power Amplifier sebagai penguat suaranya. Lalu bagaimana dengan Monitor Speaker panggung untuk kontrol penyanyi.

Namanya juga usaha, semua tak musti dengan harga yang hebat dan langsung terwujud karena adanya uang yang banyak di tangan. Kita bisa membangun atau merancang sebuah paket sound system untuk keperluan organ tunggal dengan cara bertahap dalam menginvertaris barang-barang ini atau membelinya. Yang penting niat dan fokus kita tak lepas dari ide yang sudah dirancang sebelumnya.
Topik Pembahasan

Pada judul diatas terdapat kata 'Power Amplifier' yang berarti bahwa kita menggunakan box speaker pasif. Ada beberapa kriteria pembahasan dalam topik ini sesuai dengan judul di atas, yaitu

  1. Apa saja komponen utama untuk sound system organ tunggal?
  2. Apa Model Perangkat sound yang kita perlukan?
  3. Apa saja aksesoris pelengkap sound system Orgen Tunggal?
  4. Apa merk keyboard musik (Orgen) yang disukai?
  5. Apakah perlu menggunakan speaker Monitor?
  6. Bagaimana cara instalasi sound system untuk orgen tunggal dengan satu power ini?
Kita akan membahas satu persatu dan luangkan sedikit waktu anda untuk membacanya dengan seksama.

Komponen Utama Sound System Organ Tunggal beserta Aksesoris Pelengkapnya

Komponen organ tunggal yang paling utama tentu adalah keyboard-nya itu sendiri. Mungkin anda sudah membeli dan memiliki orgen musik ini sebelumnya, dan karena anda sudah cukup mahir dalam memainkan banyak lagu kemudian anda mempunyai ide untuk menjadikanya lahan bisnis berupa rental sound system dan orgen tunggal. Karena suatu proses ingin menjadikannya sebagai sound rental inilah maka komponen utama orgen tunggal ini beralih menjadi kepada perangkat sound system. Kecuali bila anda bermain dengan peralatan sound system orang lain atau teman anda sebagai jasa player keyboard saja.

Bila kemauan anda ini ingin menjadi kenyataan maka anda dapat memenuhi keperluan akan perangkat sound system ini secara bertahap. Sebaiknya pilih kriteria perangkat sound system dengan bunyi yang handal, namun dengan harga yang sudah anda setujui. Kriteria yang sudah terkunci ini anda pelajari dari pengalaman dengar anda selama bermain musik orgen tunggal dalam acara-acara (pesta pernikahan) yang melibatkan anda.

Adapun perangkat utama Sound System untuk keperluan Orgen Tunggal meliputi;
  • Keyboard Musik (Yamaha seri PSR, Korg seri PA, Roland, Casio, dll)
  • Box Speaker System.
  • Power Amplifier
  • Mixer Console minimal 4 channel mono (4 input mic) dengan fasilitas sound FX internal
  • Microphone Wireless, bahas 2 TX 1 RX
  • Kabel Audio dan kabel speaker

2. Aksesoris Pelengkap Sound System Orgen Tunggal

Menurut saya aksesoris merupakan pendamping atau sarana memperindah tampilan fisik secara hardware dan sudut pandang acara yang membuat orang tak mencela apa yang menjadi kekurangan kita. Dan kadang, aksesoris ini juga merupakan sesuatu yang tak begitu vital, namun pada sound system merupakan sesuatu yang menyelamatkan privasi anda dan juga peralatan speaker system anda (berfungsi sebagai proteksi overload audio). Coba lihat fungsi compressor limiter yang berguna untuk memangkas sinyal yang overload masuk ke speaker.

Adapun Perlengkapan aksesoris pendukung yang perlu menjadi pertimbangan dalam menginventaris barang sound anda, meliputi;
  • Equalizer
  • Sound FX (bila perlu)
  • Crossover Pasif (bila perlu)
  • Compressor Limiter (bila perlu)
  • Stand Mic lantai
  • Stand Keyboard
  • Rak sound system
  • Speaker Monitor

Tentang Peralatan Utama Sound System untuk Keperluan Orgen Tunggal

Kita akan membahas satu persatu tentang peralatan sound utamanya saja dan diikuti dengan cara mensetingnya. Untuk keyboard-nya terserah anda akan mengunakan merek apa.
Berikut ini ulasannya;

1.1. Box Speaker System dan Crossover

Speaker merupakan peralatan utama sound system untuk mengeluarkan suara terakhir yang biasa disebut Hig end..

1.1.1. Box Speaker Middle dan High
Kita dapat mensetup speaker dengan 2 box terpisah, yaitu satu box untuk mengeluarkan suara Middle (include horn drive tweeter), dan satu satu lagi untuk box subwoofer. Di dalam box Middle telah terpasang speaker untuk nada tinggi atau tweeter dan juga seaker 15 inci untuk nada tengah. Pembagian sinyal audio dapat dipasang crossover pasif. Dalam hal ini kita menggunakan sistim jalur distribusi 2 Way. Total impedansi yang terpakai dalam speaker ini bernilai 4 ohm.

Begitu juga untuk box subwoofer, di dalamnya telah kita pasang crossover juga untuk melewatkan nada rendah. Jadi masing-masing kotak terdiri dari satu buah crossover untuk satu bagian channel yaitu kiri dan kanan posisi speaker. Jadi total Crossover adalah 4 unit untuk seluruh speaker.

1.1.2. Subwofer Speaker (Deef LOW)
Speaker subwoofer berfungsi untuk mengeluarkan suara dengan nada rendah. Subwoofer kurang bertenaga bila proses itu dilakukan oleh speaker yang berukuran lebih kecil dair ukuran 15 inci ke bawah bila diinstalasi atau dibunyikan pada area terbuka, kecuali para engineering atau produsen merancangnya untuk kondisi ini). Box Subwoofer speaker aktif mampu mendorong frekuensi suara mulai dari 20 Hz hingga 200 Hz dengan daya 1000 Watt ke atas. Untuk mengeluarkan suara deef Bass pada Subwoofer ini sebaiknya memang menggunakan diameter daun speaker dengan ukuran 18 inchi ke atas (sudah pernah coba belum?)

Saat instalasi pada penempatan posisi subwoofer ini kita letakkan di lantai dan pada bagian atas bisa kita letakkan box speaker ukuran lain.

Kontruksi box speaker subwoofer ini juga berperan dalam menghentakkan nada rendah pada posisi muka speaker. Kadang bila kontruksi kotak ini salah maka arah dentuman bass seolah berada di belakang kotak speaker atau berada di bagian belakang arah hadapan audien dengar. Hentakan bass yang rendah tentu akan menghembuskan angin yang kencang ke arah lubang pembuangan angin.

1.1.3. Box Speaker Professional Siap Pakai
Sekarang tersedia box speaker professional dengan harga yang lumayan murah dengan bahan casing menggunakan fiber plastik. Sebagai contoh kita dapat membeli speaker untuk Middel dengan merek Proel Wave 15 inchi dengan harga 7 jutaan sepasang. Saya sudah mencobanya dan bersuara cukup kencang dan bagus, dengan SPL 95 dB sehingga bisa mengkover area terbuka (lapangan).

1.2. Power Amplifier

Anda dapat menggunakan Power Ampli rakitan namun telah anda yakinkan ketahanannya dalam tempo yang panjang secara terus-menerus saat anda check sound dan latihan musik di rumah anda.

1.3. Mixer Audio

Mixer terdiri dari beragam merk terkenal, kebetulan saya pernah menggunakan mixer merek Yamaha dengan jumlah channel sebanyak 16 channel. Untuk orgen tunggal kita bisa memakai mixer dengan jumlah channel minimal 4 channel input monaural (channel untuk Mic dengan jack Cannon) dan 2 channel stereo, itu sudah cukup memadai. Sebaiknya carilah mixer yang ada fasilitas Sound FX-nya, jadi kita tak perlu lagi membeli perangkat processor sound FX external yang harganya lumayan mahal. Harga mixer ini berdasarkan jumlah channel yang tersedia. Rata-rata harga mixer 4 channel mono dan 2 channel stereo berkisar dengan harga 2 hingga 3 jutaan.
Sound System Organ Tunggal

1.4. Microphone Wireless

Mengapa harus Mic wireless? Sebenarnya tak musti menggunakan microphone Wireless dalam sound system kita. Namun kadang saat acara berlangsung maka mic ini akan mudah untuk dibawa kemana-mana. Misalkan di dalam acara akad nikah tentu ada prosesi yang membutuhkan microphone lepas. Kecuali anda memiliki persedian kabel audio yang panjang untuk Mic.

Sekarang banyak beredar Microphone yang harganya lumayan murah yang terdiri dari dua Mic dan satu receiver. Ada juga yang terdiri dari satu mic dan satu receiver.
Sound System Organ Tunggal Aksesoris

1.5. Kabel Speaker dan kabel audio lainnya

Kabel speaker untuk menghubungkan antara Power Ampli dan box Speaker telah dilengkapi dengan connector Speakon. Pemasangannya harus mengikuti alur polariti penomoran yang terbaca pada dalam jack tersebut. Usahakan jarak antara Power Amlpli dan Speaker tidak melebihi 15 meteran. Sebetulnya yang paling bagus untuk koneksi antara power ke speaker adalah berjarak maskimal 7 meter.
Kabel Audio lain menggunakan audio coaxial yang terdiri dari 2 kabel berwarna berbeda dan dilindungi serabut. Untuk mengoneksikan jalur jack ini silakan buka artikel yang berhubungan dengan kabel connector di situs ini.

1.5.1. Pengkabelan di Hard-case atau Rak Sound

Semua pengkabelan telah anda rakit berikut connector penghubungnya. Koneksi antar komponen di hard-case telah terpasang menggunakan koneksi audio dengan sistim balance dengan jarak paling tidak satu meteran antar pertemuan input dan output peralatan sound milik anda.

Bagaimana Cara Instalasi Sound System untuk Orgen Tunggal dengan Satu buah Power

Sebelum menginstalasi perangkat sound system orgen tunggal dengan satu power maka kita perlu analisa terlebih dahulu komponen atau perangkat apa saja yang anda miliki. Masing-masing peralatan mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda. Biasanya kita merakit posisi susunan peralatan ini di dalam sebuah rak atau hard-case yang sudah disusun rapi dengan menggunakan baut yang menempel di body rak atau hard-case, dan telah terpasang jumper kabel penghubung sinyal audio. Di rumah, biasanya kita ingin melakukan check sound dengan mengeluarkan seluruh peralatan sound dan membunyikannya di teras rumah. Kesempatan ini berguna untuk mencari titik seting yang menurut anda telah baku dan bagus. Beri titik penanda dengan menggunakan spidol bila suatu saat nanti ada yang memutar tombol-tombol di mixer atau alat lainnya. Undang teman anda yang berprofesi sama dengan anda agar mendapatkan masukan baik untuk menseting sound system anda dengan suara yang terbagus.
Karena di sini kita hanya menggunakan satu buah Power Ampli, maka kita tidak perlu menambah perangkat Audio distributor lain dan atau crossover aktif. Crossover yang kita gunakan dalam sistim ini adalah menggunakan crossover pasif yang terpasang di dalam box speaker. Kita hanya memerlukan bantuan Equalizer untuk mengkalibrasi frekuensi suara supaya bagus.

Apakah perlu adanya Speaker Monitor Panggung?

Tentu saja kita memerlukan sound Monitor agar pemain orgen dapat mengontrol permainan musiknya.

Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan pada halaman ini. Mungkin banyak kekurangan dalam menyampaikannya, oleh sebab itu saya mohon maaf. Sebagai solusinya coba anda buka satu persatu artikel atau halaman yang berhubungan dangan ermasalahan sound system anda terutama Sound System Orgen Tunggal dengan Satu Power Ampli beserta aksesoris pelengkapnya.

Terimakasih atas kunjungan anda.

Tags :