Jumat, 12 Agustus 2016

Macam-macam Speaker Gantung dalam Sound System


.

Speaker Gantung Sound System Lapangan - Kalau kita berbicara tentang kata gantung adalah meletakkan sesuatu dengan posisi yang lebih tinggi dari permukaan tanah, lantai, atau kepala kita. Speaker Gantung adalah unit speaker yang ditempatkan dalam suatu posisi tinggi yang dalam pemasangannya dengan cara menggantung dalam media tempat. Media tempat ini bisa berupa atap rumah, menara dan juga menggunakan menara rigging seperti yang kita temui di sound system lapangan.

Macam-macam Speaker Gantung dalam Perangkat Sound System dalam Komunikasi Informasi Suara

Kita jangan beranggapan bahwa speaker gantung itu adalah sound system berkapasitas besar yang menggantung seperti yang kita lihat di lapangan dalam konser musik saja. Seperti yang saya terangkan di atas bahwa speker gantung itu diletakkan dalam area yang tinggi dari posisi lantai dan tak musti harus berdaya besar. Jadi pemasangan speaker gantung ini berfungsi sebagai media komunikasi suara (suara dari mulut kita, suara musik) secara searah dalam menyampaikan informasi ke publik dengar dalam suatu area, inilah yang menjadi makna tentang Public Address Speaker system (PA Speaker System) ini. PA system rata-rata dipasang secara permanen atau menetap.

Bila kita lihat macam-macam speaker gantung ini mungkin dapat kita lihat pada uraian di bawah ini baik yang terpasang secara permanen dan dengan sistim bongkar pasang, lihat uraian di bawah ini
  • Speaker Public Address system (PA System) Outdoor permanent
  • Speaker Ceiling Permanent
  • Speaker sound system gantung di lapangan non permanent
Keterangan di bawah ini;

1. Speaker PA System Outdoor Permanen

Speaker PA System Outdoor Permanen dipasang pada area terbuka yang mana menggunakan Horn Drive corong kaleng (misalkan speaker TOA) serta menggunakan media gantung berupa menara besi seperti yang kita lihat di masjid, area parkir yang luas, bandara, area sekolah, dan lain-lain.

2. Driver Speaker Ceiling Permanen

Speaker Ceiling, Speaker ini termasuk dalam kategori PA system indoor yang dipasang pada flafon (langit-langit) atau deck sebuah gedung (misal di ruang tunggu bandara, kantor-kantor besar, mall) dengan sistim menyebar di tiap-tiap ruangan atau area, tentu bersifat permanen.

3. Speaker Gantung di Sound System Lapangan non Permanen

Speaker sound system gantung di lapangan non permanen. Speaker ini tersusun secara berderet atau line array di sebuah rigging dan berada di depan panggung konser musik. Namun bersifat sementara atau bongkar pasang, tergantung ada order barang kali, yaa...
Speaker Gantung Sound System
Pemasangan Aksesoris Peralatan Sound System Lapangan

Mengenai Sound System Lapangan Gantung

Sound system lapangan gantung adalah penempatan box speaker dengan metode Line Array yang berdiri dan tersusun rapi pada menara besi rigging seolah tergantung di atas menara tersebut.Speaker-speaker dengan sama jenis tersusun secara berderet (line array) pada sebuah rigging dan ditempatkan berada di depan panggung konser musik. Tentu memiliki daya yang besar hingga Kiloan Watt. Penempatan speaker ini biasanya dekat dengan Power Amplifier dengan jarak kabel ke power tak lebih dari 7 meter. Bila kondisi cuaca bagus biasanya para sound-man menempatkan Power di bawah rigging.

Penutup
Demikian yang daat saya sampaikan dalam materi pengenalan sound system ini, semoga kita dapat memahami apa makna tentang speaker gantung dalam Sound System yang merupakan persepsi dari saya sendiri. Maaf bila keliru menurut anda.

Baca juga :


Terimakasih atas kunjungan anda


.

Share this