Sabtu, 13 Juni 2015

Kegunaan dan Memfungsikan DI (Direct Inject) Active pada Sound System


.

Memang kurang banyak yang memakai peralatan ini untuk keperluan sound system terutama wedding party. Hanya pada sound rental besar saja yang kerap menggunakan DI Box ini untuk keperluan sound system panggung band. Pemain melody lead guitar atau keyboradist memerlukan sound monitor untuk telinganya sendiri saat mereka memainkan musik di panggung, namun pendengar juga dapat mendengar permainannya pada Main speaker. Maka dengan memiliki alat ini, soundman menyambungkan sinyal suara ini menjadi 2 sisi pendengaran. Ini hanyalah merupakan salah satu ide dalam mencabangkan 2 sinyal yang diperlukan oleh musisi dan FOH Speake.

Pengenalan Dasar dan Fungsi DI Box pada Sound System

Fungsi DI Box adalah merubah signal unbalance impedansi tinggi menjadi balance impedansi rendah. Pada panggung band oleh para sound-man menerapkannya untuk mencabangkan dua keluaran sinyal dalam satu sumber bunyi, misalkan guitar electric. 2 (dua) keluaran ini dipecah menjadi yaitu:
  • satu alur ke Amplifier Monitor (Speaker Monitor) pemain gitar listrik disebut sebagai THRU, dan
  • satu lagi masuk ke main master mixer pada mixer FOH.
Pada Mixer FOH kemudian sinyal ini dikeluarkan ke Main-Speaker. Di body DI box bertuliskan XLR Out.

Impedansi Tinggi dan Impedansi Rendah

Sebelum masuk ke pembahasan dalam penggunaan DI-Box maka kita harus mengenal terlebih dahulu tentang impedansi tinggi dan impedansi rendah. Dalam hal ini kita juga harus mengerti tentang sambungan Balance dan Unbalance.

1. Unbalance impedansi tinggi

Sinyal unbalance merupakan sinyal suara yang berimpedansi tinggi, dan sinyal balance adalah berimpedansi rendah. Sinyal unblance impedansi tinggi kita ketahui penerapannya pada output seperti pada peralatan guitar electric, keyboard. Impedansi untuk peralatan ini kurang lebih 700 ohm sampai 1000an lebih. Kekurangan pada penggunaan impedansi tinggi unbalance adalah bila kabel yang anda pakai terlalu panjang maka cenderung menangkap noise dan kadang menangkap suara humming dan distorsi lainnya. Oleh sebab itu maka kita harus menggunakan kabel yang sependek mungkin pada penggunaan koneksi impedansi tinggi (unbalance). Usahakan maksimal jangan lebih dari 5 meter.

2. Balance Impedansi Rendah

Impedansi rendah balance, seperti dinamik microphone. Impedansi untuk impedansi rendah balance berkisar dibawah 250 - 100 ohm. Koneksi balance memiliki keunggulan karena walaupun panjang tidak menimbulkan noise yang signifikan dan sinyal tetap bagus. Penguatan sinyal tidak terjadi pengurangan walau jarak kabel yang sangat panjang (minim).

Menyeting DI Box Active

Input DI box kita hubungkan ke instrumen musik seperti guitar listrik, guitar bass, keyboard dan lainnya. Bagian THRU dapat kita sambungkan ke Amplifier monitor pemain lead guitar, bagian XLR Output kita koneksikan ke mixer FOH. Bila anda tidak mau menggunakan batere untuk menghidupkan DI Box maka anda dapat mengaktifkan fungsi Phantom pada mixer anda. DI Box memerlukan asupan listrik tersendiri berupa batere atau power supplai karena di dalamnya terdapat komponen Elektronik berupa sirkuit OP Amplifier mini.
Pencabangan DI Box dan Amplifier
Cara Setting DI Box dan urutan pemasangannya.
Untuk anda yang memerlukan perangkat sound system ini coba cari daftar harga di toko sound system terdekat


.

Share this

Artikel Terkait