Rabu, 17 Juni 2015

Membuat Koneksi Kabel Speaker Memakai Jack (Connector) Speakon


.

Cara membuat kabel connector. Saya sudah membahas tentang bagaimana cara membuat kabel sound system pada postingan yang telah lalu. Connector untuk audio bermacam variasi dan kegunaan. Salah satu connector yang dibutuhkan dalam sound system adalah connector Speakon. Halaman berikut ini mengenalkan pada kita tentang cara penyambungan kabel speaker dengan menggunakan penghubung berupa Conector speakon.
Mari kita baca secara seksama artikel ini.

Apakah Connector Speakon itu?

Membuat Koneksi Kabel Speaker Jack (Connector) Speakon - Speakon adalah konektor Jack khusus untuk menyalurkan output sinyal audio dari Power Amplifier ke Box Loudspeaker. Anda perlu hati-hati dalam merancang dan mengkoneksikan connector pada peralatan sound system berupa Amplifier ini. Kesalahan dalam pengkoneksian dapat menimbulkan salah fase terhadap sinyal suara yang semestinya, atau pada penyambungan yang salah dan terdapat hubungan singkat di dalam terminal penghubung jack ini dapat juga menimbulkan kerusakan pada Amplifier anda. Sebelum merakit atau membuat sambungan kabel pada konektor tersebut maka anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa connector tersebut anda fungsikan sebagai apa. Kita tahu bahwa ada sebuah connector audio untuk mengkoneksikan output dari Amplifier ke Speaker yaitu Speakon.

Pendistribusian Output Sinyal Audio

Ada beberapa Amplifier sound system dalam menyalurkan sinyal suara untuk proses speaker kadang menggunakan connector RCA atau ada juga yang menggunakan TR (Phone), Connector ini hanya digunakan pada Amplifier berdaya rendah. Perlu kehati-hatian dalam proses penyolderan konektor (meletakkan kabel) ini atau menancapkan konektor ini. Anda perlu waspada terhadap hubungan singkat pada serabut kabel saat anda menyoder atau mnyelipkan kabel pada titik pembautan. Lebih baik kalau anda bungkus dengan isolatif pada terminal penyolderan/ titik pembautan.

Cara Merakit Connector Speakon untuk Speaker System

Konektor ini terdiri dari 4 kaki (terminal penyolderan/ baut) dan masing-masing terdiri dari 2 kutub polariti. 4 pin penyolderan ini terdiri 2 bagian yaitu jalur 1 dan jalur 2. tiap jalur atau kanal terdiri dari polarity (+) dan polarity (-). Kalau anda akan menghubungkan kabel maka anda harus meletakkan kabel positif ke posisi berpasangan pada kanal tersebut. jalur 1 (satu) kita anggap sebagai sinyal input yang datangnya dari Amplifier, pada kabel yang memiliki warna (posisif) kita hubungkan ke jalur 1 (+) dan jalur kabel berwarna polos kita sambungkan ke jalur 1 (-). Jalur 2 (dua) biasanya berfungsi untuk memparalelkan ke speaker yang lain.

Membuat Koneksi Kabel Speaker Jack Speakon

Penutup

Semoga halaman ini yang berjudul Membuat Koneksi Kabel Speaker Jack (Connector) Speakon bermanfaat untuk anda. Teruslah membuka halaman saya yang lain yang mungkin anda cari dalam mengatasi masalah pada sound system. Sekali lagi perlu kehati-hatian anda dalam memposisikan Pin (kaki) untuk merekatkan kabel speaker. Jangan menyambungkan serabut kabel pada konektor Speakon saat Power Ampli dalam keadaan menyala karena dapat merusak Power Amplifier anda.

Apakah anda ingin tahu tentang bagaimana setting Sound System yang lainnya?
Tthank you very much for visiting this site..


.

Share this