Senin, 16 November 2015

Cara Menseting Eksternal Home Sound Sistem untuk PC / Laptop ke Mixer


.

Cara Menseting Mixer Sound System untuk PC / Laptop - Rubrik ini mungkin berguna bagi anda yang ingin menghubung komputer (PC) ke perangkat Big sound system di rumah anda. Big sound system yang saya maksudkan adalah perangkat speaker system dengan kapasitas Power yang lumayan besar untuk lingkup rumahan, saya sebut sebagai Home Audio. Paket sound system ini mungkin terdiri dari Mixer, Power Amplifier dan 2 way Speaker dalam ukuran box yang cukup besar. Tidak hanya itu, bila anda memiliki combo sound sistem di rumah maka anda pun bisa menghubungkan keluaran audio pada komputer anda ke perangkat ini. Yang perlu anda ketahui adalah melihat apakah di perangkat tersebut memiliki jack input yang terdapat pada belakang panel (body) alat tersebut.

Setting Output Audio Computer/ Laptop ke Mixer Audio Sistim Rumahan

Cara setting sound system menggunakan laptop/ komputer- Sebenarnya perbincangan kita adalah pada masalah berikut ini. Mungkin saja di rumah anda terdapat perangkat sound system lengkap yang meliputi Mixer audio, Power Amplifier, Equalizer dan Active Loudspeakers berukuran besar, misalnya 15 inch dan dilengkapi juga dengan woofer 18 inch. Kondisi ini mungkin karena anda ingin berkaraoke dengan musik minus one langsung terhubung dengan internet (atau file lagu sudah tersimpan di PC/ Laptop anda. Supaya kita bisa mendengarkan suara musik dari Komputer atau Laptop ini terdengar kencang kita dapat menghubungkannya ke sistim audio yang anda miliki seperti di atas (mixer audio).Output yang ada pada komputer kita hubungkan ke channel stereo pada Mixer dengan memposisikannya ke jack RCA (atau menggunakan Kombinasi RCA ke TRS konektor).

Speaker System Computer

Speaker komputer adalah speaker eksternal multimedia untuk komputer, namun dengan kualitas suara built-in lower fidelity. Internal perangkat ini memiliki penguat daya yang rendah. Standar Speaker komputer yang biasanya dikemas dengan kotak yang kecil berbahan fiber plastik Kualitas suara biasa-biasa saja (kecil). Beberapa speaker komputer memiliki fitur Tone Control nada seperti bass dan treble, atau hanya berupa tombol dengan hanya pengaturan frkuensi tinggi rendah saja, maksudnya bila kita memutar ke kiri berarti nada bass (Low) terdengar lebih dominan, kalau diputar ke kakan maka nada suara cenderung tinggi.

Speaker Komputer tanpa Adaptor (Power Suplai)

Speaker komputer dirancang untuk PC, oleh sebab itu komponen elektronik untuk stereo adalah kompatibel dengan keperluan komputer. Model speaker komputer sudah tersedia Jack RCA stereo pada perangkatnya. Kini sistem stereo sudah mencakup USB port. Sekarang, speaker komputer kapasitas kecil sudah menggunakan Voltage Transfer data dari USB untuk Speaker itu sendiri, artinya speaker tersebut untuk dapat aktif hanya dengan mengambil tegangan listrik 5 volt yang berasal dari post USB tersebut. Hal ini diketahui bahwa USB port output memiliki tegangan output 5 Volt pada salah satu jalur konektornya. Cuma kekurangan dalam speaker ini adalah berdaya kecil sekali. Kadang suaranya tidak stereo walaupun terdiri dari 2 speaker, ini diketahu setelah saya membuka isi komponen elektronik di dalamya, Mono output dengan speker ganda. Jenis speaker ini tidak ada kabel penghubung listrik ke rumah anda, artinya tanpa power suplai (adaptor).

Speaker Komputer Kompatibel dengan Subwoofer

Power Amplifier internal kapasitas kecil memerlukan sumber daya listrik eksternal, biasanya Power Suplai (adaptor AC). Speaker komputer kompatibel yang lebih canggih kadang memiliki unit Subwoofer untuk mengeluarkan dentuman output bass. Biasanya paket ini terdiri dari Power Amplifier untuk loudspeaker Low dan 2 buah speaker satelit yang kecil untuk nada middle dan high.

Connector Audio yang Digunakan

Sambungan audio standar menggunakan connector/ jack phone stereo 3,5 mm sering warna hijau muda seperti warna icon yang tampil di female connector Sound Card PC agar mudah dalam penyambungan. Beberapa menggunakan konektor RCA untuk input. Ada juga speaker USB yang didukung dari 5 volt di 0.5 amps disediakan oleh USB port memungkinkan sekitar 2 watt output power kemudian yang ditancapkan melalui connector Speaker ini.

Mendengarkan Musik mp3 dari PC ke Headphones

Untuk beberapa penggunaan, user sering juga menghubungkan output suara untuk sistem stereo komputer yang sudah ada. Ini biasanya menghasilkan hasil yang lebih baik dari speaker kecil komputer murah. Speaker komputer juga dapat berfungsi sebagai penguat ekonomi untuk MP3 player digunakan bagi mereka yang ingin untuk tidak menggunakan headphone, meskipun beberapa model speaker komputer memiliki Jack phones mereka sendiri. Headphones memiliki ciri dan kualitas masing-masing. harga mahal tentu suara yang keluar juga sangat bagus, terutama pada dentuman nada Bass.

Home Sound Sistem untuk PC ke Mixer

Semoga artikel tentang cara menseting Eksternal Home Sound Sistem untuk PC / Laptop ke Mixer ini bermanfaat bagi anda.

Apakah anda ingin melihat artikel yang lainnya?
Terimakasih sudah membaca artikel saya di halaman ini...


.

Share this