Kamis, 19 November 2015

Sound System Lapangan - Speaker Gantung Line Array



.

Pembahasan kita kali ini bertajuk pengenalan jumlah distribusi jalur (Way) Loudspeaker pada penggunaan speaker gantung untuk lingkup lapangan dengan menggunakan rigging. Kita akan membahas tentang 3 Way Speaker Gantung Sound System Lapangan Line Array terdiri dari High, Middle, dan Subwoofer.

Pengenalan Output Transduser Loudspeaker

Tiga jenis transduser berupa Loudspeaker dalam sound system adalah Low Subwoofer, driver kompresi, dan Tweeter (High frequency). Semuanya memiliki kombinasi dari kumparan suara, magnet, cone (diafragma), dan bingkai. Loudspeaker memiliki rating daya (hitungannya dalam watt) yang menunjukkan kapasitas daya maksimum alat ini. Di sekitar pertengahan 90-an berbentuk trapesium lampiran menjadi populer, bentuk ini memungkinkan banyak dari mereka untuk dengan mudah tersusun bersama-sama.

System Speaker Gantung Line Array pada Sound Lapangan

Speaker Gantung Line Array - Sound System Lapangan Gantung. Speaker gantung pada sound system moderen dengan pengembangan Line Array ada yang menggunakan dengan subwoofer terpisah. Penggunaan PA (Power Amplifier) yang sederhana dan murah mungkin merupakan singel full range driver Loudspeaker yang ditempatkan pada unit box. Loudspeaker professional menyertakan driver terpisah dalam menghasilkan frekuensi output suara untuk didistribusikan dengan menggunakan Crossover atau audio distributor lainnya ke masing-masing Power Amplifier dan Speaker yaitu;
  • Speaker frekuensi nada rendah
  • Speaker frekuensi nada menengah
  • Speaker frekuensi nada tinggi.
Keluaran dari Crossover mengeluarkan frekuensi yang berbeda ke masing-massing driver speaker (Low, Mid range dan High). Pada era 60-an, Horn dimuat pada Loudspeaker Public Address tersusun dari atas hingga ke bawah, beberapa driver speaker terpasang dalam garis vertikal dalam selungkup yang tinggi.

Line Array Main Output Speakers

Sound System Audio Panggung Amplifier

Awal 80an merupakan periode berinovasi dalam mendesain Loudspeaker dengan banyak Power Amplifier. Desain ini merupakan pengenalan pada dasar-dasar speaker system komersial.
Sistim speaker Line Array yang mana terlihat memanjang secara vertikal dengan casing speaker yang kecil, ini dimulai pada era 90an. Sistim ini berguna untuk meningkatkan efisiensi bahkan menyediakan respon frekuensi dan dispersi.

Perkembangan Active Speaker Audio

Beberapa produk Speaker system terbuat dari Fiber yang dipasang sudah menggunakan tripod (stand) berdiri, namun saat ini aplikasinya bisa digunakan juga sebagai speker monitor panggung. Sistim operasi yang dipergunakan dalam speaker ini dalam bentuk Active Speaker, artinya di dalam casing sudah dilengkapi dengan Power Amplifier, Power Supply, dan berbagai pengaturan audio lainnya. Banyak ragam Power Amplifier build-up yang dibuat cukup praktis. Bagi yang bukan profesional pun dapat mengatur dan mengoperasikan dengan cukup baik. Kualitas suara yang tersedia dari ini sederhana didukung dengan speaker-speaker yang bervariasi tergantung pada penggunaannya.

Bidang inovasi berada pada desain casing, ketahanan, kemudahan pengepakan dan transportasi, dan kemudahan konfigurasi (bila diperlukan). Periode ini juga memperkenalkan Speaker utama (Main Loudspeaker) menggantung saat kita lihat pada konser-konser besar. Perusahaan besar yang bergerak di bidang Speaker sistim mulai mengembangkan produk standar. Sebagian besar menggunakan 2 way system dengan speaker 12 inch, atau 15 inch atau kadang dengan menggunakan speaker woofer ganda ukuran 2x15 inch, sementara untuk frekuensi tinggi (nada tinggi) menggunakan Horn driver.

Proteksi Amplifier dan Loudspeaker

Banyak sistem pada loudspeaker menambahkan sirkuit pelindung (Protector) untuk mencegah kerusakan dari sinyal overload atau proteksi terhadap kesalahan operator. Produk ini biasanya menggunakan Resistor koefisien suhu positif (PTC : Positif Temperature Coefficient), bilamana terjadi overload (ditandai dengan lampu LED menyala) maka secara otomatis akan melakukan pemutusan sirkuit atau kadang mengaktifkan Blower untuk pendinginan.

Untuk koneksi antara input sinyal dan juga output sinyal, maka perusahaan telah bersepakat membuat jack Neutrik untuk Speaker yaitu NL4 dan NL8 connector input standar untuk menggantikan Phone Jack. Konektor XLR dan konektor multipin Cannon merupakan konektor audio standar internasional untuk saat ini. Conektor XLR masih merupakan konektor input standar yang digunakan pada box loudspeaker aktif.

Speaker Sistem Praktis - Portable Speaker System

Sejumlah perusahaan sekarang membuat sistem speaker yang ringan, portable speaker kecil yang mudah dibawa kemana-mana, bagian frekuensi rendah musik (electric bass, bass drum, dll) untuk powered subwoofer itu. Routing energi frekuensi rendah untuk penguat terpisah dan subwoofer secara substansial dapat meningkatkan respon bass. Kejelasan suara dapat ditingkatkan, karena suara pada frekuensi rendah mengambil besar listrik untuk diperkuat. Dengan hanya satu Amplifier dapat memenuhi seluruh spektrum suara. Suara frekuensi rendah sangat membutuhkan Power dapat mengambil jumlah yang tidak proporsional daya sistem suara.
Sistem Speakers profesional termasuk perangkat keras Speaker yang diaplikasikan untuk berada di daerah Stage tinggi. Sudut pandang suara akan memaksimalkan dalam tempat konser.

Jumlah lampiran Speakers yang digunakan dalam kinerja yang sangat bervariasi, tetapi daftar berikut memberikan gambaran kasar tentang berapa banyak box yang digunakan di tempat tertentu.

Sistem Speaker dan Amplifier

Sound system Audio untuk panggung dan penggunaan Amplifier studio atau lapangan terdiri dari beberapa kapasitas daya yang disesuaikan dengan keperluan.
  • Small vocal Speaker Sistem
    Ini terdiri dari 2 full range speaker yang dipasang pada tripod berdiri atau ditempatkan pada box yang lain
  • Big Vocal Sistem
    Ini terdiri dari 4 buah full range speaker untuk cakupan area yang cukup luas.
  • Small Club sistem
    Ini terdiri dari 2 buah subwoofer dan 2 loudspeaker Middle/ Tweeter
  • Big Club Sistem
    Ini terdiri dari 4 buah subwoofer dan 4 speaker Middle range dan Horn
  • Small Stadion Sistem
    Ini terdiri dari 4 subwoofer, 4 speaker Mid Low, dan 4 Middle/ Horn

Penutup

Demikian ulasan saya tentang speaker gantung line Array dan pengenalan tentang output transucer dalam bidang sound system. Semoga menambah wawasan kita bersama dalam pengetahuan sound system terutama Sound System Line Array (gantung) untuk lapangan. Silakan Baca artikel kelanjutannya yang berjudul : Box Speaker Gantung untuk Sound System Lapangan Terbaik dengan Merk JBL.

Baca juga artikel lainnya : Metode Pola Penempatan Speaker System untuk Sound System Lapangan.

Terimakasih atas kunjungan anda...


.

Share this

Artikel Terkait