Metode Pola Penempatan Speaker System untuk Sound System Lapangan

Speaker dan Metode Pola Penempatan - Rubrik kali ini memaparkan tentang posisi penempatan dan arah Speaker system di dalam suatu ruangan (indoor) atau lingkungan lapangan terbuka (outdoor) pada sound system yang kita pasang. Saat kita akan menyeting posisi speaker system, ada baiknya kita harus tahu ke arah mana sumber bunyi yang dituju. Di dalam posisi penataan sound system (misalkan sound system untuk orgen tunggal) maka penempatan dan arah speaker merupakan pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas suara yang didengar oleh telinga. Penempatan speaker yang tidak tepat dapat menyebabkan kualitas suara yang dihasilkan menjadi kurang baik.
Penempatan Speaker System

Penempatan Active Speaker untuk Indoor dan Outdoor (Lapangan)

Pada pembahasan ini saya membagi metode pemposisian atau penempatan active speaker ini dalam tiga sistem pola penempatan baik untuk di dalam ruang indoor dan juga outdoor lapangan (halaman) terbuka.
  • Metode pemposisian speaker secara terpusat
  • Metode pemposisian speaker secara menyebar
  • Pemposisian speaker metode campuran atau kombinasi
Pada metode di atas tentu memiliki kegunaan, kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dalam asfek pemilihan metode pola penempatan ini tergantung dari situasi dan kondisi lingkup ruang yang ada.

1. Metode pemposisian speaker secara terpusat

Sistem terpusat atau sentralisasi adalah penempatan speaker yang hanya diletakkan di bagian depan audien atau pendengar. Pola penempatan speaker seperti ini tentu memiliki faktor yang menguntungkan yaitu dari segi jumlah unit speaker tentu kita tak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk memperbanyak peralatan sound system anda, cukup 1 (satu) pasang PA speaker sudah cukup terdengar walau hanya jangkau terdekat. Dalam kondisi ini anda juga harus memiliki Speaker dengan kekuatan SPL dan RMS yang tinggi kemungkinan penguatan suara yang dipancarkan transducer speaker terdengar cukup jauh walau cuma dengan dua Loudspeaker.

Kelebihan metode pemposisian speaker secara terpusat

  • Murah dari segi biaya karena speaker yang dipasang jumlahnya sedikit
  • Timing yang cepat dalam proses instalasi peralatan
  • Pengontrolan suara dan peralatan tidak terlalu rumit karena posisi berada di depan dan terdekt dengan anda.

Kekurangan metode pemposisian speaker secara terpusat

  • Suara bagian depan akan terdengar sangat keras, sedangkan bagian belakang kurang keras
  • Mudah terjadinya suara dengung, storing/ feedback karena suara yang keras pada bagian depan
  • nenimbulkan suara gema/ pantul yang berlebihan dari akibat suara yang keras menuju tembok dan dipantulkan lagi.
  • Informasi suara kadang diterima kurang jelas terlebih pada bagian belakang Speaker.

Penerapan metode pemposisian speaker secara terpusat

Untuk penerapan saat anda meninjau penggunaan sistem ini cocok untuk digunakan di halaman terbuka/ outdoor. Penempatan speaker terpusat pada lapangan terbuka misalnay untuk sound system panggung band sekarang ini orang telah menggunakan system Line Array Speaker atau paling tidak kita harus menggunakan beberapa active speaker dengan SPL yang tinggi dan berdaya besar.

2. Metode pemposisian speaker secara menyebar (Desentralisasi) pada Sound System Lapangan

Sistem menyebar/ desentralisasi adalah cara menempatkan beberapa unit speaker di setiap titik yang sesuai agar memperoleh area dengar suara yang merata. Kadang saya menerapkan desentralisasi ini untuk konsentrasi suara pada saat sholat ied lebaran di lapangan terbuka dengan menempatkan beberapa buah active speaker pada jarak tertentu. Kondisi ini tentu memerlukan kabel Audio untuk speakar dan kabel listrik yang panjang di dalam komponen peralatan sound system kita

Penerapan metode pemposisian speaker secara desentralisasi

Penerapan sistem ini cocok untuk ruangan yang memiliki gema tinggi, sehingga dengan sistem penyebaran maka suara yang dihasilkan masih bisa didengarkan dengan baik.
Dalam sistem ini ada hal yang menentukan yaitu jarak dan daya speaker yang terpasang disesuaikan dengan spesifikasi speakernya.

3. Pemposisian speaker metode kombinasi atau campuran

Metode pola penempatan Speaker System dengan pola kombinasi adalah sistem pemposisian speaker sound system yang menerapkan fungsi sentralisasi dan desentralisasi. Penggunaan speakar sistem ini cocok untuk ruangan masjid yang memiliki pantulan ruang sedang, dan tentu juga apabila ruangan yang luas.

Baca juga : Sound System Lapangan - Cara Membuat Box Speaker.

Terimakasih atas kunjungan anda.

.
Tags :