Senin, 30 November 2015

Equalizer Sound System dan Cara Setting yang Benar


.

Pengenalan Grafik Equalizer pada Sound System dan Cara Setting yang Benar

Equalizer Sound System - Salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan dalam peralatan sound system adalah Equalizer. Cara setting Equalizer untuk vokal dengan menggunakan 31 channel misalkan dengan merek equalizer dbx adalah dengan mencoba untuk menaikkan beberapa range frekuensi yang ingin kita potong. saya tak pernah untuk menaikkan potensio atau slider EQ di atas angka 0 dB atau melebihi +3 dB kerena ini berpengaruh dengan desakan sinyal yang juga memeprngaruhi kekuatan sinyal yang masuk ke Power Amplifier.
Berikut ini kita akan melihat bagaimana cara kerja dan cara setting Equalizer pada sound system.

Penggunaan Equalizer dalam Peralatan Sound System dan Sistim Kerjanya

Equalizer merupakan peralatan sound system yang dalam sistem penguatan suara terdiri dalam dua jenis, yaitu grafis dan parametrik. High-pass (rendah-potong) dan/ atau low-pass (tinggi-cut) filter dapat disertakan di sini. Filter tersebut sering disertakan dengan grafis dan parametrik Equalizers untuk memberikan kontrol penuh dari rentang frekuensi. Jika respon mereka cukup curam, high-pass filter dan low-pass filter berfungsi sebagai filter akhir-potong, butuh klarifikasi. Penekan umpan balik adalah otomatis disesuaikan band-menolak atau kedudukan filter yang mencakup mikroprosesor untuk mendeteksi awal umpan balik dan mengarahkan filter untuk menekan umpan balik dengan menurunkan gain tepat pada frekuensi yang mengenainya.

Sistim Kerja Parametric Equalizer

Parametrik Equalizers sering dibangun ke dalam setiap saluran dalam pencampuran konsol dan juga tersedia sebagai unit terpisah. Cara kerja Parametrik Equalizers awal pertama dirancang kemudian menjadi populer di 1970-an dan tetap menjadi program Equalizer pilihan para banyak sound-man sejak itu.

Sistim Kerja dan Cara Setting Grafis Equalizer

Equalizers grafis memiliki faders (Slider geser kontrol) yang bersama-sama menyerupai kurva respon frekuensi yang digambarkan pada grafik. Sistem kerja penguatan suara biasanya menggunakan grafis Equalizers dengan oktaf sepertiga frekuensi pusat. Ini biasanya digunakan untuk menyamakan sinyal output akan sistem loudspeaker utama atau monitor panggung.
Grafik Equalizer Sound System
High-pass (rendah-potong) dan low-pass (tinggi-cut) filter membatasi saluran yang diberikan bandwidth yang ekstrem. Memotong energi frekuensi sangat rendah (disebut infrasonic, atau subsonik, keliru) mengurangi sisa daya penguat yang tidak menghasilkan suara dan yang selain itu dapat keras pada speaker. Low-pass filter untuk memotong energi ultrasonik, ini berguna untuk mencegah gangguan dari frekuensi radio, kontrol pencahayaan, atau sirkuit digital yang merayap ke Power Amplifier.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pengenalan Harga Equalizer Sound System dalam menseting grafik spektrum audio yang sempurna.


.

Share this