Alternatif dalam Membeli atau Merakit Rak Sound System

Alternatif Membeli atau Merakit sendiri Rak Sound System - Bagi anda yang memiliki sound system rental tentu peralatan ini harus direkatkan/ dipasang secara permanen pada sebuah rak sound system. Bila ada orang yang akan menyewa sound system anda maka anda telah siap untuk kondisi ini, dan paket peralatan anda telah siap untuk dipakai. Siap dipakai dalam hal ini adalah di dalam rak sudah terkumpul semua komponen-komponen peralatan yang terkoordinir dengan rapi.
Komponen peralatan di dalam rak sound system sudah terpasang dan dihubungkan dengan kabel-kabel jumper antara Mixer, Equalizer, Sound FX, Crossover Aktif, dan beberapa Power amplifier (paling tidak 2 buah Power).
Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan 2 buah rak dalam satu paket sound system, diantaranya;
  • Rak Audio Pertama
    Rak satu ini berisi peralatan sound system dengan konsumsi listrik yang rendah, misalnya Mixer, Equalizer, Sound FX, dan Crossover yang telah dikoneksikan dengan kabel jumper audio pada masing-masing input output-nya. Sebaiknya peralatan sound pada rak pertama ini menggunakan Stabilizer Voltage agar tidak ada dengung akibat turunnya tegangan listrik. Di dalam rak ini telah terpasang terminal listrik
  • Rak Audio Kedua
    Rak kedua ini untuk menempatkan Power Amplifier. Jumlah Power Amplifier ini tergantung bagaimana kondisi jalur audio distribusi (Way) dan speaker (High End) yang anda pakai. Power Amplifier dalam paket ini biasanya tak lebih dari 3 unit Power Amplifier, terbayang kalau lebih 3 buah, berat sekali dalam pengangkutan.
Informasi untuk anda tentang komponen pada rak audio pertama bahwa beberapa Sound FX memerlukan tegangan yang stabil, kalau asupan listrik kurang maka alat ini tak mengeluarkan gema atau malahan berdengung. Sound FX juga terdapat pada Mixer, tergantung anda apakah memilih internal SFX pada Mixer atau memasang eksternal.
Alternatif Memilih Rak Sound System
Gambar 1 - Rack Sound System Hardcase

Apakah Membeli atau Merakit Sendiri Rak Sound System

Mungkin ini yang menjadi pertanyaan anda. Rak sound system ini terdiri dari bermacam bentuk dan bahan yang digunakan. Bila anda ingin membuat sendiri rak sound system maka anda harus merancang ukuran fisik dan berapa buah peralatan sound yang dapat masuk di dalamnya.
Sekarang telah banyak jual rak sound system dengan berbagai bentuk, type, ukuran dan harga. Anda hanya menyesuaikan dengan kebutuhan anda dan harga yang paling terjangkau.

Merakit Sendiri Rak Sound System dan Caranya

Untuk merakit sendiri rak sound system ini, caranya mirip dengan membuat sendiri kotak speaker namun untuk membuatnya tak serumit membuat kotak speaker. Anda memerlukan triplek dan juga karpet untuk membungkus kotak rak ini. Selain menggunakan karpet anda juga dapat menggunakan bahan resin supaya terlihat keren. Pada bagian kotak harus dibuatkan pintu untuk menutup rak supaya aman. sebelum mebuat kotak rak ini anda harus melihat dan mengukur casing peralatan sound yang paling lebar agar alat ini bisa ditempel saat kotak telah selesai dibuat. Jangan lupa untuk memasang roda agar mudah dipindahkan.

Membeli Rak Sound System atau Hard-case Sound System

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sekarang sudah tersedia beragam rak sound system dengan beracam dan ukuran. Ada yang terbuat dari rangka besi tanpa penutup dan ada juga yang terbuat dari bahan Fiber yang dilengkapi dengan gagang, roda dan penutup kotak. Harga rak sound system ini bervariatif, tergantung pilihan.

Rak Sound System Rangka Besi

Rak seperti gambar di bawah ini berupa rak sound system dengan bahan rangka besi, harga dan merknya juga bermacam-macam, harga rak sound system rangka besi ini berkisar antara 600 ribu hingga 800 ribu rupiah. di dalamnya sudah terdapat sisi pengantung alat sound dengan menggunakan baut. Power Amplifier bisa anda rekatkan sebanyak 2 unit di bawah Equalizer, seperti pada gambar.

Rak Sound System Rangka Besi
Gambar 2 - Rak Sound System Rangka Besi

Rack Sound System Hard-case

Untuk rack sound system dengan bahan fiber atau biasa disebut Rack Hardcase bisa dibeli dengan berbagai ukuran. Bila anda ingin tampilan yang cantik bisa memesan pada toko yang menyediakan accessories peralatan sound system ini.

Penutup
Demikian ulasan saya mengenai apakah membeli atau merakit sendiri Rak Sound System. apaila anda ingin membuat sendiri maka anda harus mengukur dengan cermat papan yang akan dipotong.
Semoga bermanfaat....

Bila ingin membuka tentang harga sound system silakan melihat artikel-artikel saya di halaman ini...

Terimakasih anda telah membaca halaman situs sound system ini, sampai jumpa pada pertemuan mendatang...

.