×

Proteksi Speaker pada Power Audio Sound System

Power Audio Sound System - Saya mengalami kendala saat menginstalasi speaker system baru pada tempat aku bekerja. Speaker ini untuk keperluan upacara mingguan yang nantinya akan dipasang permanen. Speaker, mixer, microphone semuanya baru cuma hanya power amplifiernya saja yang sudah lama dan akan saya aktifkan untuk keperluan ini. Proses yang saya lakukan waktu itu adalah menginstalasi kabel, memasang connector speakon, menyusun perangkat pada rack sound system.

Setelah semua terpasang dan dirakit dengan baik maka berikutnya adalah melakukan check sound dengan cara memasang musik yang saya tancap pada Mixer. Sebelumnya, semua Connector dan kabel yang menuju ke arah speaker (High End) telah saya colokkan pada output power Amplifier pada jalur kiri namun untuk jalur kanan belum saya rakit untuk conecctor speakonnya, maksud hati sambil merakit dan membereskan yang lain sambil mendengarkan musik. Saya nyalakan perangkat dan mengatur level suara baik yang ada di mixer dan juga di Power Amplifier. Hanya pada jalur Channel A (jalur speaker kiri) yang terhubung ke speaker dan yang sebelahnya lagi saya kecilkan Level Channel B (jalur speaker kanan). Setelah saya nyalakan ternyata saya melihat lampu proteksi menyala sebelah pada jalur channel B pada Power Amplifier ini.

Kondisi lampu yang menyala pada channel B ini berkibat tak ada sinyal keluar di output menuju speaker B. Saya berpikir bahwa Power Amplifier ini dalam masalah dan perlu diperbaiki. Tak tahu apa kerusakannya. Biasanya proteksi terjadi karena bagian blok Final penguat pada Power ini ada yang rusak (konslet).

Sebelum Power Amplifier ini saya bongkar untuk diperbaiki, saya juga menceritakan hal ini pada media sosial. Saya menulis pada media tersebut dega isi apakah teman-teman pernah mengalami kedala seperti ini. ada respon yang sanagt mengena dengan kondisi yang saya alami.

Power Audio Sound System
Dialog dengan pak Benjamin Sugiaman - Proteksi Speker pada Power Audio Sound System

Mendeteksi Kerusakan Power Amplifier Sound System Lexion 3000

Power Audio Sound System - Hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek bagian penguat akhir pada power sound system ini. Penguat akhir ini mengguakan transistor MOSFET yang terdiri dari 8 pasang transistor yag sama. Saya cari bagian mana yang ngeshort atau hubungan singkat. Waktu saya ukur ternyata semua dalam kondisi baik.
Tahap berikutnya adalah mengecek badian penguat tingkat Buffer dan ternyata dalam kondisi baik. Lalu dimana letak kerusakan Power Audio Sound System ini?

Untuk mengetahui dimana kerusakan ini secara nyata adalah dengan cara mencopot semua Final Transistor dengan nomor TTA1943 dan TTC2500 diluar PCB. Saya ukur semua Transistor yang sudah dibuka/ dilepas dengan solder tadi dengan AVO meter kalibrasi x100 Ohm dan  kemudian kalibrasi 10 Ohm lalu saya menemukan hanya 1 pasang (1 set) Transistor ini yang mengalami hubungan pendek (kontak/ jebol).

Mendeteksi Kerusakan Power Amplifier Sound System Lexion 3000
Final dan Heatsink  Power Amply Lexion 3000

Ganti Transistor Final TTA1943 dan TTC2500 pada Power Amplifier

Setelah yakin tidak ada lagi peralatan yang rusak maka yang saya lakukan adalah menggantikan Transistor yang rusak ini dengan yang baru, lalu saya mencoba menghidupkan Power Amplifier tanpa beban Speaker. Sewaktu saya nyalakan ternyata lampu proteksi speaker yang sebelumnya menyala kini tidak menyala lagi setelah saya menggantikan Transistor yang rusak tadi (A1943 dan C2500) dengan yang baru. Lalu saya coba check dengan menggunakan speaker, dan suara keluar dengan normal.
Power Amplifier Lexion 3000 kini telah bisa digunakan dengan normal.

Tunggu Update Terbaru pada halaman situs ini

Saya akan melakukan update bila saya telah mendapati permasalahan pada kerusakan akibat Proteksi Speaker pada Power Audio Sound System ini.

Baca juga tentang :

Terimakasih atas Kunjungan anda.