Jumat, 03 Oktober 2014

Peralatan Apa saja yang Diperlukan dalam Perangkat Sound System



.

Peralatan yang diperlukan dalam Peralatan Sound System - Anda mungkin kurang memahami apa maksud Sound System? Apa-apa saja alat-alat yang ada di dalam sound system? Karena dalam dua kata ini terdapat kata "system" maka peralatan ini tidak bisa berdiri sendiri atau hanya dibilang sebagai 'Bagian Peralatan Sound'. Semua peralatan dalam fungsi sound system harus saling mendukung antara satu dengan yang lain, maka bisa disebut satu sistim dalam kesatuan Sound. Saya memahami dan belajar sound system secara otodidak karena semenjak Sekolah Dasar saya sudah dilatih oleh tetangga saya untuk membuat sebuah Amplifier. Bila anda memiliki Speaker tanpa ada Power Amplifier, maka Speaker tersebut tidak akan menunjukkan fungsinya sebagai sistim pada sound. Demikian juga bila anda sudah memiliki keduanya maka alat ini pun belum menunjukkan fungsinya sebagai sound system bila tidak ada Microphone. Hal lain untuk dapat dikatakan sebagai sound system tentu harus ada pensupplai listrik di dalamnya agar bisa bekerja sesuai peruntukan dalam membentuk kasatuan bunyi dalam Sistem Sound. Jangan lupa dengan kabel, peralatan ini juga merupakan salah satu pendukung sistim dalam perangkat sound.

Perangkat pada Sound System

Sebagai perkenalan kepada anda tentang apa saja peralatan utama dalam sound system adalah terdiri dari
  1. Bagian sumber bunyi
    Sumber bunyi terdiri dari Microphone dan input audio, input audio bisa datang dari DVD, komputer dan lainnya. sumber bunyi lainnya bisa berupa guitar listrik, Keyboard/ Electone dan lain-lain.
  2. Bagian Pra audio (input Channel)
    Input channel bisa dibentuk dari masukan sinyal audio ke bagian Mixer yang mengambil prinsip gabungan beberapa OP Amp.
  3. Bagian pengolah bunyi dan filtering frekuensi
    Bagian ini meliputi Equalizer yang bisa dipasang secara ekternal setelah mixer audio. Pada perangkat Portable sound system hanya terdiri dari satu tombol level yang diberi nama TONE, maksudnya adalah pengatur audio ini hanya menyetel nada Low dan High saja.
  4. Bagian crossover - Audio Distributor
    Bagian ini berfungsi untuk mendistribusikan sinyal audio Low, middle dan High yang akan masuk ke bagian atu blok Amplifier
  5. Bagian penguat level suara/ Amplifer (power Amplifier)
  6. Bagian output transducer atau Loudspeaker
    Speaker terdiri dari beberapa range respon bunyi, yaitu Woofer, Middle dan High (Horn Drive)

Macam-macam Perangkat Audio System Aktif dan Pasif Speaker

Sebagai pengetahuan bagi anda sekarang ini sangat maju dalam perkembangan Elektronika terutama dalam bidang Audio. Orang sudah membuat perangkat yang mudah dan simple dalam pengoperasian. Sistim pada sound tadi kini sudah dikemas menjadi satu wadah (Box) dengan fasilitas yang cukup memadai di dalamnya. Di dalamnya sudah meliputi mixer sederhana untuk mencampur beberapa sumber bunyi yang bisa didengar sekaligus. Perangkat ini terdapat fasilitas MIC Input, Mic Wireless, Tone dan Volume Control, Tape Corder atau VCD Player dan Power Suplai serta Power Amplifier. Ada banyak model yang sudah dikombinasikan dalam satu box, contoh peralatan berikut seperti di bawah ini;

Compo Deck Player

Dalam perangkat moderen sudah menggunakan fasilitas Digital Menu dalam pengoperasian. Alat ini bisa kita jumpai dalam rumah kita untuk memutar kaset pita dan malahan Compo sudah dilengkapi dengan DVD Player dan Mic + ECHO untuk berkaraoke. Speaker didisain dalam paket yang sama namun terpisah dalam box utama (bagian Controling). Speaker sudah dilengkapi dengan 2 atau 3 way. Biasanya saat kita menginstalasi alat ini jarak antara Speaker dan perangkat Compo sangat berdekatan. Kabel pada Speaker sudah disediakan oleh pabrik dengan panjang paling tidak 1-2 meter. Jadi ini termasuk katagori Sound Pasif karena jarak kabel penghubung antara Power Amplifier ke Speaker lebih dari 50 CM.

Speaker Portable Presentation

Peralatan ini sama dengan diatas namun disainnya sudah dalam satu kesatuan Box, yaitu Power Amplifier, Speaker, OP Amp, Tape Player dan lainnya. Rata-rata speaker yang digunakan di dalamnya dengan diameter ukuran 8 inci atau 10 inci. Peralatan ini mudah dibawa kemana-mana karena cukup ringan malahan ada yang dilengkapi dengan roda. Fasilitas di dalamnya sudah dilengkapi dengan Microphone tanpa kabel. Bila ada speker di dalam Box yang sama maka ini dimasukkan dalam kategori Speaker Aktif.

Speaker Monitor Guitar/ Keyboard

Untuk musisi yang bermain pada alat musik guitar Elektrik pasti membutuhkan Speaker Monitor saat mereka sedang memainkan gitar listriknya, karena tanpa speaker kita tak bisa mendengar suara gitar ini secara langsung atau sangat kecil suaranya. Maka untuk mendengarkan suaranya kita harus memakai Amplifier tersebut dan kita bisa memainkannya secara merdu apalagi dengan adanya efek Delay atau Distorsi. Oleh sebab itu diperlukan penguat suara agar bisa kita dengarkan. Saat tampil LIVE dalam permainan musik, masing-masing player dilengkapi dengan Speaker monitor tersendiri. Fasilitas di dalamnya terdapat Power Ampli + speker, Tone, Volume, Jack Input. Speaker Monitor jenis ini masuk dalam kategori Speaker Aktif.
Peralatan Apa Saja Yang Diperlukan Dalam Sound System
Jadi dari keterangan di atas maka Sound System bisa berperan kalau semua sistim peralatan yang ada di dalamnya, baik internal maupun eksternal saling memberikan fungsi dan peran masing-masing untuk menghasilkan akustik suara yang dapat didengar oleh telinga. Jadi kesimpulan utama dalam pengertian diatas tentang peralatan apa saja dalam sound system secara sederhana adalah meliputi:

1. Amplifier (Power Amplifier)

Bila kita melihat sirkuit yang terdapat di dalamnya mencakup;
  • Pre Amplifier atau disebut Penguatan Tingkat Depan, rangkaian pada blok ini menerima sumber bunyi dan kemudian menguatkan sampai beberapa dB.
  • Bagian Driver atau Buffer (penguatan tingkat menengah atau lanjutan),
  • Bagian Final (penguatan tingkat akhir), pada bagian ini suara terjadi penguatan yang dapat disalurkan ke Speaker sehingga bisa didengar di telinga,
  • Pensuplai listrik ke rangkaian Elektronik Amplifier, semakin besar daya output Power Amplifier maka akan semakin besar catu daya yang dibutuhkan dan tentunya akan semakin berat.
dan lainnya

2. Speaker Sound System (Loudspeaker)

Bila kita menggunakan sistim speker aktif maka alat ini menyatu dengan blok Amplifier pada wadah yang sama, namun bila anda menggunakan sistim speker Pasif maka peralatan speker ini mempunyai box tersendiri. Di dalamnya biasanya terdapat 2 way alur nada yaitu High dan Low, untuk nada Mid biaanya sudah terbentuk secara atomatis dari pertemuan atau pencampuran kedua nada ini. Kadang kita dapat merubahnya menjadi 3 way. Perlu diingat bahwa bila kita membentuk menjadi 3 way maka impedansi Speaker terjadi penurunan yang bila kita menggunakan satu buah speker bernilai 8 OHM namun bila menjadi 3 way akan berubah menjadi 4 Ohm atau dibawahnya. Konsekuensinya adalah membuat kerja Amplifier akan bertambah berat.

3. External Divice (pendukung)

Yang saya maksudkan disini adalah peralatan diluar blok Speaker (Ampli), mencakup; Microphone, Keyboard (orgen), Gitar Elektrik.

4. Kabel-kabel dan Connector pada Peralatan Soundsystem

Kabel Speaker untuk Audio dan connector sangat berperan dalam sound sistem baik sebagai alur masukan (IN) dan juga penghantar output (OUT) ke speaker. Jarak kabel sangat mempengaruhi bunyi pada speker.

Baca juga : Monitor Speaker Amplifier dan Monitor Headphones

Penutup
Dengan membaca paragrap demi paragrap pada pembahasan di atas semoga anda dapat lebih mengenal peralatan dalam sound system serta anda dapat mengoperasikan dengan benar.
Baca juga mengapa tidak ada suara Microphone di Speaker system.


.

Share this

Artikel Terkait