×

Kenapa Vokal Microphone Tidak Ada Suara pada Speaker

Banyak sekali teman saya yang bertanya pada saya mengapa Microphone tidak berbunyi di speker? Lalu saya tanyakan lagi, apakah Microphone yang bapak gunakan, apakah Mic kabel atau Mic Wireless?
Dari pertanyaan sahabat saya ini banyak sekali saya peroleh informasi bahwa mereka mendapat kendala bahwa Microphone tidak dapat mengirimkan sinyal Voice ke Sound System karena ketidaktahuan mereka pada sistim koneksi peralatan.

Cara Deteksi Kerusakan Microphone Profesional

Dalam Microphone (khususnya Microphone profesional) terdapat spul (coil/ Spool) Diaphragm Voice terbuat dari kawat tembaga yang dilapisi email dan terdapat juga magnet untuk merubah getaran bunyi menjadi getaran listrik sehingga bisa dikirim ke perangkat input berupa OP AMP. Pendeteksian kerusakan Microphone terutama pada Spul ini dapat diperiksa dengan menggunakan AVO meter dengan posisi OHM, lalu ukur pada kedua terminal penghubung. Jarum akan bergerak bila kondisinya bagus atau biasanya akan terdengar suara 'krek...kreek'.

Selanjutnya coba cek pada kabel sinyal apakah ada yang putus atau terhubung singkat (konslet). Saya pun pernah mengalami kendala ini pada Microphone Wireless yang biasa saya pakai, yaitu walau sinyal sudah masuk ke receiver namun Audio dari mulut saya tidak bisa diterima oleh Mixer. Secara cermat aku memahami kerusakan ini walau tanpa memeriksanya. Aku berpendapat bahwa mik ini mungkin terjatuh dari stand mik atau terjatuh saat dipegang. Setelah mik kubuka tutupnya memang spul dalam keadaan berantakan, patah. Hal ini terpaksa aku harus menggantinya dengan spul yang baru.
Kenapa Mic Tidak Ada Suara Pada Speker System Portable

Cara Mengetahui Kerusakan Microphone ke Speaker Sistim dengan Koneksi Kabel

Oke, kita kembali pada permasalahan sahabat saya ini. Bila anda mempunyai Microphone dengan koneksi kabel maka anda harus memastikan bahwa Speaker portable anda dalam keadaan ON, colokan jack Mik harus benar-benar pas.
  • Putar tombol Volume pengatur suaranya. Apakah ada suaranya?
  • Untuk memastikan kalau perangkat speaker ini dalam keadaan yang sempurna coba anda tes dengan Microphone yang lain pada colokan channel yang sama.
  • Bila pada Speaker ini terdapat Cassette Player coba mainkan, bila bersuara berarti perangkat Speaker ini dalam kondisi OK.
  • Bila anda mecolokkan mik yang lain (mungkin pinjam ke teman) lalu terdengar bunyi, ini artinya perangkat speker anda dalam kondisi ok.
Bisa kita temukan kesimpulan dari permasalahan ini bahwa memang benar Microphone kabel anda dalam keadaan rusak. Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagian manakah pada Mik anda yang rusak?
Kerusakan ini bisa saja terjadi dari Konektor (Jack) Mik yang longgar, bisa jadi ada solderan yang lepas atau bisa juga dari Diaphragm Voice yang putus.
Anda harus berbagi rezeki pada montir untuk mengatasi kerusakan ini.

Cara mengetahui Kerusakan Microphone Wireless ke Speaker Sistim dengan Koneksi Tanpa Kabel

Microphone Wireless (orang menyebutnya mic tanpa kabel/ nirkable) menggunakan sistim Sinyal RF sebagai koneksi sinyal suara ke perangkat Audio. Terdapat dua bagian dalam Mikrophon ini, yaitu bagian Transmitter dan bagian Receiver.
Dalam microphone Wireless menggunakan Band VHF dan kadang UHF sebagai sinyal pembawa untuk suara. Butuh peralatan khusus untuk memperbaikinya. Kita harus mempunyai Frequency Counter dan Oscilloscope untuk mendeteksi bagian Transmitter.

Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang mengapa tidak ada suara vokal Microphone pada Speaker sound system. Semoga anda memahami apa yang saya tulis di halaman ini.

Coba anda baca juga tentang :
Terimakasih atas kunjungan anda.