Feedback (Storing) Microphone pada Sound System dan Cara Mengatasinya

Feedback (Storing) Microphone pada Sound System dan Cara Mengatasinya - Kadang Feedback membuat kesal saat kondisi misalkan upacara bendera yang menuntut suasana hening tanpa harus ada suara berisik apalagi terdengar denging dan dengung akibat pantulaan Microphone (feedback/ storing). Feedback ini terjadi karena jarak Microphone dan Speaker cukup dekat atau jarak antar muka antara Speaker dan Microphone saling berhadapan. Kondisi ini pun terjadi karena sensitivitas gain input yang terlalu besar sehingga OP Amp Input menerima respon sinyal yang kuat/ besar. Storing juga terjadi karena adanya pantulan pada sudut ruang terhadap posisi speaker dan microphone. Mengatasi masalah ini pada Speaker Portable cukup mudah hanya dengan mengecilkan Volume Microphone, anda dapat melakukan penyimpangan arah antara Microphone dan Speaker.

Ciri Low Tone Feedback dan High Tone Feedback Suara Microphone

Storing terdiri dari;
  • Low Respon Feedback
  • High Respon Feedback 
Feedback ini terjadi karena adanya umpan balik LOW Respon dan Midle High Respon. Cirinya bila Feedback High Respon akan terdengar suara storing mendenging/ melengking di Speaker, dan untuk Feedback Low Respon akan  terdengar suara mendengung di Speaker. Mengecilkan Volume tentu akan mengurangi kadar level Audio (vokal). Bila ingin mendapatkan suara yang masih cukup kencang maka putar arah speaker menjauhi Microphone.

Feedback Storing Pada Sound System dan Cara Mengatasinya

Feedback pada Instrumen Musik - Spul Guitar

Perlu saya sampaikan bahwa feedback pun terjadi pada Spul Guitar Electric, apalagi pada penggunaan Effect Distorsi saat guitar dimainkan. Bagaimana feedback ini terjadi pada Guitar Electric yaitu dapat kita perhatikan saat kita menghidupkan Effect Guitar terdengar suara denging yang continue walau senar guitar tidak disentuh. Tentu ini terjadi karena jarak sangat dekat antara Speaker dan spul guitar. Spul Guitar berfungi untuk menangkap getaran bunyi dari senar guitar dan merubahnya menjadi sinyal audio ke speaker system

Penempatan Posisi Loudspeaker dan Pensettingan Terhadap Arah Microphone

Dalam kondisi ini kita tak mungkin kita melakukan/ memindahkan arah Speaker pada Sound system yang Big Power dengan ukuran speaker yang cukup berat yang berisi Woofer 18" dan Middle 15". Oleh sebab itu pandai-pandailah anda dalam hal menempatkan posisi Speaker dari panggung tempat acara berlangsung. Di panggung kadang kita memasang speaker Monitor. Bisa jadi Feedback disebabkan karena adanya umpan balik antara Microphone dan Speaker terdekat. Feedback ini pun tentu akan terhubung dengan Master Main Output yang sangat mengganggu. Bila dalam sebuah acara banyak sekali menggunakan Microphone tentu ini sangat susah bagi kita untuk mengetahui dari Mic/ Channel mana terjadi Feedback ini. Bila kita menghadapi permasalahan ini maka kecilkan Master Volume sampai tidak terdengar lagi bunyi denging dan dengung ini. Dalam Penggunaan Mixer Audio/ Mixer Consul sering terjadi bukan saja dari Gain Sens yang berlebihan, tapi bisa saja terjadi dari pengaturan Tone (EQ) yang terlalu tinggi. Bila hendak melakukan settingan tone EQ ini ada baiknya diimbangi dengan pengaturan Gain Input Sensitive dan Level.

Penggunaan Alat untuk Meredam Feedback Microphone

Salah satu cara untuk meredam adanya umpan balik dari Microphone dan atau Guitar Electric adalah dengan cara menggunakan Device khusus untuk mengurangi feedback. Coba anda lihat alat berupa Feedback Destroyer, alat ini bermacam merek namun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk meredam umpan balik. Anda tinggal mengatur setting secara default saja, dan alat ini akan bekerja  sesuai nilai yang kita atur dalam menu di dalamnya. Cuma peralatan untuk mengatasi Feedback (Storing) pada Sound System ini harganya lumayan mahal.

Semoga anda senang membaca tulisan ini.

Baca juga : Kenapa Vokal Microphone Tidak Ada Suara pada Speaker

Terimakasih atas kunjungan anda.

.
Tags :