Senin, 01 Februari 2016

Menseting Suara Mic Drum Cajon (Box Acoustic Drum) di Mixer Sound System


.

Cara Setting Mixer Sound System

Cara Menseting suara Mixer Sound System - Rubrik ini saya tulis/ ceritakan dari pengalaman saya tentang melakukan setting sound system. Mudah-mudahan halaman ini akan bermanfaat bagi anda yang mempunyai group musik akustik ataupun bagi anda yang berkecimpung sebagai seorang operator sound system dalam mensetting bunyi dari Drum Acoustic Box (Cajon) pada sound system lewat sebuah Mixer audio sound system. Kepiawaian kita akan menghasilkan suara musik live yang bermutu.

Seting Suara Box Acoustic Drum di Mixer Sound System

Apakah itu Cajon dan Cara Memainkan

Cajon adalah Percusi Drum berbentuk kotak yang diduduki oleh pemainnya dalam mengeluarkan suara mirip drum. Memainkannya sangat mengasikkan. Bunyi yang dikeluarkan oleh Cajon bervariasi walau dengan sekali pukul pada sudut tertentu akan mengeluarkan suara yang mirip Snare Drum. Pada posisi agak di tengah kotak dengan tepukan tangan yang cukup lembut akan mengeluarkan bunyi mirip Pedal Drum dan sekaligus sebagai bunyi Hi hat. Lobang angin terletak pada bagian belakang kotak untuk diselipkan dengan Microphone percusi khusus respon bass atau bisa juga menggunakan jenis Mic Vokal yang lain namun kita harus pandai dalam mensseting EQ pada Mixer agar didapati suara yang mirip drum konvesional di panggung.

Tak hanya Cajon saja yang harus diseting namun keseluruhan perangkat musik lain yang ada pada Akustik Musik ini. Rata-rata dalam grup musik ini lebih bagus kalau terdiri dari Bassist, Lead Guitar Akustik, Cajon Player, dan seorang vokalis sudah mencukupi dan menghidupkan suasana dalam permainan musik live. Kalau mau lebih hidup boleh ditambah dengan dua pemain guitar atau bahkan menggunakan Piano. Apalagi saat mereka dalam memainkan peralatan musik sangat hebat dalam skill masing-masing. Jadi sebelum tampil dalam bermusik, ada baiknya kita melakukan Check Sound terlebih dahulu dengan cara mengundang mereka yang terlibat dalam crew musik untuk mendapati suara yang mengena. Cek satu persatu bunyi pada masing-masing peralatan. Nanti kita bahas di bawah ini.

Kebetulan saya sering berhadapan pada pensetingan alat musik percusi yang memakai drum Cajon ini pada sound system yang kami miliki. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara menyetel suara Drum Akustik Kotak ini pada Mixer sound system. Mixer yang saya pakai saat itu adalah merk Yamaha. Teman dari kru musik mengatakan kalau settingan audio yang saya lakukan menghasilkan output suara musik terdengar cukup mantap.

Harga Drum Akustik Kotak

Harga drum akustik kotak Cajon bermacam-macam tergantung merk dan spesifikasi khusus yang terdapat pada bagian body dan jenis drum cajon tersebut. Harga Akustik Drum Duduk Cajon ada yang paling minim yaitu Rp. 800.000 dan ada juga yang sangat mahal yaitu Rp. 3.500.000.

Cajon (Box Acoustic Drum)

Cara Setting Sound System Panggung

Check Sound Alat Music Cajon, Bass dan Guitar
Di dalam pentas musik pada sound system panggung perlu kita lakukan check peralatan dan juga check setting audio system secara keseluruhan sebelum acara dimulai. Check sound amat diperlukan dalam menghasilkan suara yang balance dalam mendapatkan frekuensi suara dan level yang pas. Terkadang kita tak musti mengeluarkan suara yang teramat keras pada Main Speaker (Speaker Utama) karena mungkin saja sound system kita dikhususkan bagi suasana relaks para audience. Suasana relaks mungkin berada di cafe atau resepsi khusus yang mengundang para pejabat. pihak penyelenggara acara kadang meminta kita untuk tidak menyetel suara yang kencang agar para undangan bisa ngobrol (dialog) sambil mendengarkan soft music dari perangkat sound system kita.

Check Sound Drum Cajon di Mixer Sound System
Check sound
Check Sound biasanya dilakukan beberapa jam sebelum acara dimulai dan semua personil sound system dan juga para player musik (musisi) akustik telah siap dengan peralatan masing-masing. Tahap pertama dalam check sound biasanya kita mencoba set Microphone yang juga sambil melihat kondisi seluruh peralatan sound terutama bagian High End (speaker Utama) apakah telah mengeluarkan suara secara utuh baik pada Sub Woofer, Middle dan juga High serta juga posisi jalur kiri dan kanan speaker utama. Check Microphone juga berguna untuk mencari posisi (mengetune) frekuensi suara dan juga Level output pada Speaker. Mengetune frekuensi ada yang bersifat global dan juga bersifat perchannel. Bersifat global maksudnya adalah mengatur nada pada Equalizer utama yang menuju Speaker, sedangkan mengetune perchannel dengan cara memutar tombol pada masing-masing jalur channel Mixer audio sambil berbicara pada Microphone. Jika sudah bagus kta dapat melanjutkan pada posisi pengetriman/ pensetingan alat lainnya.

Kita tahu bahwa dalam performa musik akustic live yang diringi Cajon paling tidak dilengkapi 3 atau 4 orang player musik (diluar penyanyi), diantaranya Player Cajon, Player Lead Guitar, dan juga Bass (ditambah satu player rhythm Guitar). Menurut saya dengan 3 personil diatas dan dengan skill musik yang bagus dari para player sudah lumayan manis dalam mengisi/ menghidupi suasana Live Music.
Kemahiran anda sebagai operator dalam menyeting Mixer Audio sangat berperan dalam mendapatkan kualitas suara sound system yang bermutu tanpa mengganggu komunikasi para tamu yang juga sambil mendengarkan Soft Music dari personil akustic musik anda.
Lalu bagaimana cara menseting suara drum Cajon di speaker system?

Bagaimana Mensetting Microphone untuk Cajon di Speaker Sound System?

Saat check sound, anda dapat memulai untuk menyeting suara drum Cajon dan peralatan musik lainnya. Check juga seluruh Microphone vokal yang akan dipergunakan untuk penyanyi dan kemudian set suara Microphone untuk drum Box Cajon.
Berikut tahap yang dapat anda ikuti;

1. Menyeting Suara Microphone Drum Cajon di Mixer

Pada body Cajon bagian belakang terdapat lubang untuk menempatkan Microphone. Kalau bisa pergunakanlah Microphone khusus percusi, namun kalau kita tak mempunyai Microphone ini maka kita dapat juga menggunakan Microphone Vocal merk Shure PG58 yang Ori. Microphone ini memiliki karakter dalam menyerap respon nada rendah cukup baik dan ini telah saya buktikan. Pada bagian Mixer coba atur knob EQ dengan membuka sedikit High arah jam 1 dan menutup semua knob Middle, untuk Low tergantung suara yang keluar dari Subwoofer namun tak menutupi suara dari peralatan musik lainnya. Saat membuka Gain input di mixer anda juga harus memantau indicator meter di Mixer, kalau bisa jangan di atas angka 0 dB. Sekarang anda dapat menaikkan Level Channel untuk jalur Drum Cajon ini sehingga terdengar di Speaker Utama.

2. Menyeting suara Bass Guitar pada Mixer

Set berikutnya adalah mengetrim Level dan Nada Bass Guitar. Biasanya Bass Guitar terdapat Spool untuk menangkap getaran suara snar guitar yang terhubung ke Jack output. Minta sang Player untuk memetik snar gitarnya dan anda atur level dan EQ di Mixer sambil melihat lampu indicator level meter di Mixer jangan melebihi angka 0 dB dalam posisi menekan tombol PFL
Kalau Player memiliki sound monitor sendiri maka anda tinggal menghubungkan Line output pada Amplifier Monitor Bass guitar ini ke channel Mixer.

3. Menyeting Suara Lead Guitar pada Mixer

Hampir sama dengan menyetel Bass guitar. Menghubungkan connector/ jack output Lead Guitar bisa langsung dihubungkan (ditancapkan) pada input Mixer Channel. terserah anda akan menancapkannya di posisi channel berapa. Sambil player memainkan snar gitar maka anda dapat mengetune nada dan juga level output suara. Kadang Player juga akan memberikan saran kalau frekuensi suaranya kurang mengena. Beri sedikit efek Reverb untuk memberi kesan ruang pada suara gitar.

4. Menyeting Speaker Monitor Panggung

Monitor amat dibutuhkan oleh seluruh player musik dan penyanyi dalam memantau permainan musik (lagu) mereka. Anda dapat menggunakan Speaker Aktive yang bisa dihubungkan dengan jalur distribusi AUX Send atau bisa juga menggunakan Sub out di Mixer. Bila kondisi panggung tak begitu luas maka kita cukup menggunakan satu buah speaker monitor. Bila anda memiliki Equalizer cadangan, maka anda dapat memfilter frekuensi yang menuju Speaker monitor agar didapati suara yang pas.

Penutup

Demilkian yang dapat saya sampaikan tentang cara menyeting suara Drum Cajon (Box Acoustic Drum) di Mixer Sound System, semoga beranfaat. Bila ada pertanyaan silakan ajukan pada kolom commnent yang saya aktifkan


Apakah anda ingin melihat tentang pensetting alat Sound System yang lainnya?

Bila anda inngin merekam performa permainan group musik anda tentu harus memahami tentang cara merekamnya, coba buka Cara setting sound system live music recording.

Buka juga tautan berikut tentang :
Tips Cara Praktis Setting EQ pada Mixer Sound System untuk Channel Microphone.
Baca juga cara memilih Microphone yang bagus yang dapat anda buka pada kategori Peralatan Sound > Microphone

Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman ini.
Semoga bermanfaat.


.

Share this