×

Cara Recording Live Music dari Output Mixer Sound System

Cara Setting Sound System Live

Cara Recording live music dari output Mixer Sound System dan Aplikasi Program Rekaman - Mungkin saat anda melakukan setting sound system dari acara live musik misalkan berupa organ tunggal atau merekam dialog dari presentasi di kantor dan lain sebagainya, kemudian anda ingin merekamnya. Bagaimana cara menyambungkan output untuk rekaman dari mixer ke perangkat rekam (recording) serta apa program aplikasi program yang lumayan bagus untuk fasilitas recording ini.
Cara Recording dari Output Mixer Sound System
Perangkat recording bisa berupa cassette recorder (cara lama) dan ada juga menggunakan perangkat Komputer atau Laptop. Apabila kita menggunakan Komputer/ Laptop maka kita membutuhkan program khusus untuk menjalankan proses rekaman. Kita harus cukup memahami menu-menu yang terdapat program tersebut.

Aplikasi Sound System untuk Rekaman

Aplikasi sound system program yang digunakan bermacam-macam, misalkan Adobe Audition, FL Studio Frutty Edition, Cakewalk Sonar X3 Stainberg Cubase, Avid Pro Tool, dan lain-lain. Saya biasa menggunakan Adobe Audition. Aplikasi ini dapat anda download di internet. Pelajari juga cara menggunakan menu-menu yang ada di dalamnya.

Pengkoneksian Output Recording Ke komputer

Setalah anda mengetahui cara memakai program ini anda dapat melakukan penyambungan output recording dari mixer ke perangkat Komputer anda. Output untuk recording bisa anda peroleh dari keluaran mixer berupa REC OUT. Selain Rec Out ada juga metode lain yaitu mengambilnya dari AUX Send Out dari keluaran Mixer. REC OUT Mixer biasanya mengeluarkan seluruh bunyi yang telah diproses Mixer. Hasil bunyinya sama dengan Master out yang kita dengarkan di Speaker System kita (High End Transducer). Input Jack untuk ke Komputer harus anda ketahui dimana letaknya. Biasanya berwarna hijau dan bertuliskan IN dengan menggunakan female TRS ukuran 3.5 mm. Kabel jack penghubung banyak tersedia di pasaran dengan menggunakan connector RCA ke TRS 3,5 mm ini.

Apakah anda ingin melihat tentang cara-cara mensetting alat sound system yang lainnya?
Terimakasih atas kunjungan anda, Semoga bermanfaat