Jumat, 26 Agustus 2016

Sound System Masjid dan Cara Instalasi


.

Rata-rata sound system yang ada di masjid menggunakan speaker corong di bagian menara dan indoor ruangan dengan produk yang telah ternama.

Speaker dan Sound System TOA untuk Masjid

Masjid pasti memerlukan komponen peralatan sound system. Sound system masjid rata-rata memakai produk sound system TOA, indoor maupun di bagian outdoor. Pada bagian indoor masjid biasanya dipasang box speaker permanen berupa Column Speaker yang diposisikan pada dinding ruang masjid. Di sini saya ingin berbagi pengetahuan kepada anda tentang Sound System Masjid dan cara instalasinya yang mana telah saya praktekkan melalui halaman situs ini.

Saya sering melakukan instalasi sound masjid. Pengurus masjid kadang meminta saya untuk merombak ulang sistem sound mereka dengan instalasi dan mungkin penambahan peralatan baru. Mereka menyuruh untuk mengadakan pembelian Paket peralatan sound system untuk masjid dan sekaligus melakukan instalasi. Pembelian ini tentu bersama dengan bendahara masjid agar mudah dalam mengkoordinasikan keuangannya.

Posisi speaker pada bagian luar menggunakan PA Horn Speaker system yang dipasang permanen di tiang menara atau kubah masjid. Pada bagian dalam ruangan bisa menggunakan sistim Ceiling Speaker gantung yang menempel di plafon.

Ketersediaan Peralatan Sound System

Apabila kita melakukan rombak ulang pada komponen sound system yang terdapat di masjid, tentu lebih memudahkan bagi kita dalam pemilihan paket peralatan sound masjid dalam mendapati suara yang lebih bermutu, namun sedikit mengeluarkan tenaga dalam penginstalasian kabel-kabel dan peletakan komponen spekaer ke dinding dan menara masjid/ kubah. Ada juga pengadaan sound system masjid ini hanya bersifat menambah atau merubah komponen lainnya dalam bentuk kuantitas barang. Misalnya penambahan speaker untuk indoor dan juga menambah jumlah corong masjid di bagian menara.

Saya biasanya memberikan arahan agar sound system yang ada di masjid tetap terpakai (tidak mubazir) dan hanya menambah fasilitas lain sebagai pendukung sound utama yang telah ada. Kita sering melihat bahwa di dalam perangkat sound system masjid jarang menggunakan Mixer audio dan equalizer. Kadang kita perlu juga menambah peralatan compressor limiter guna melindungi speaker dari overload sinyal suara. namun semua tergantung ada atau tidaknya anggaran masjid untuk rehab sound system. kalau dana yang ada sanagt besar dan memang menjadiprioritas, mungkin ada baiknya adalah merombak seluruh sistim yang ada menjadi baru.

Speaker dan Tata Letak

Pembahasan in tentang tata letak penempatan box speaker. Kita bagi dalam dua pemposisian Speaker, yaitu;
  • Penempatan speaker Indoor
  • Penempatan speaker Outdoor (corong speaker)
Gambar
Sound System Masjid
Indoor Speaker Masjid

Penempatan box speaker di posisi indoor lebih rumit daripada menseting untuk outdoor karena ini berhubungan dengan kepekaan Microphone dan terjadinnya umpan balik (feedback). Penempatan speaker indoor (misalnya colomn speaker) yang paling vital adalah pada posisi bagian terdepan dari posisi mimbar (shaf pertama dan kedua atau di belakang imam). Sebagian orang menempatkan posisi speaker ini di sudut dinding (kiri dan kanan) bagian depan shaf pertama. Penempatan ini tak jadi masalah bila jarak antara mimbar dan speaker kri dan kanan cukup jauh karena ukuran lebar masjid yang cukup luas. Bila lebar masjid berjarak tiga atau empat meter kiri dan tiga meter kanan, maka arah pantul speaker dan microphone akan mendapat respon yang cepat untuk terjadi feedback. Kondisi ini membuat kita tak bisa memaksimalkan bunyi microphone di mimbar (atau mic Imam) dalam jangkauan mic dan mulut dengan jarak dekat.


Baca juga rubrik dari pertanyaan dari pembaca tentang:

Apa anda ingin melihat tentang Cara Setting Audio System yang lainnya?

Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman situs teknik dasar sound system, semoga menambah wawasan kita semua tentang peralatan sound system...

Sampai jumpa pada pembahasan lainnya yang lebih menarik.
Salam, penulis.


.

Share this

Artikel Terkait