Selasa, 06 September 2016

Cara Mengeluarkan Suara HP/ Laptop ke Speaker System TV


.

Ini adalah kutipan tentang pertanyaan cara mengeluarkan suara dari HP/ Laptop ke Speaker system di TV tabung. Pertanyaan ini menurut saya berkaitan dengan artikel sayat terdahulu yang juga membahas topik yang mirip namun beda dalam tata cara pengkoneksiannya. Kita bisa menyambungkan suara dari TV menuju sound system yang tersedia di rumah kita namun juga bisa memfungsikan TV untuk membesarkan atau memperdengarkan suara dari Laptop, Handphone, Radio, Tape Player dan alat audio lainnya menuju TV.

Rubrik ini merupakan jawaban terhadap pertanyaan pembaca setia situs TDSSS (Teknik Dasar Setting Sound System) melalui email saya dengan pertanyaannya sebagai berikut;

"Saya tertarik membaca artikel di situs TDSSS saya ingin menanyakan gimana caranya mengeluarkan suara HP/ Laptop ke speaker TV tabung? Apakah perlu setting tertentu atau memang tidak bisa? Saya sudah coba menghubungkan langsung dengan kabel phone jack to RCA Stereo namun tidak keluar suara di speaker TV tersebut meskipun sudah diubah ke mode AV. Terimakasih atas bantuan bapak".

Cara setting Suara HP dan Laptop ke Speaker System di Televisi

Bapak Yatno dan pembaca yang budiman, TDSSS mencoba menjawab pertanyaan ini dengan cukup terperinci dengan menggunakan bahasa non teknis. Perlu kita ketahui bahwa di dalam televisi terdapat komponen blok Audio atau Amplifier mini agar bisa menyalurkan suara ke loudspeaker yang ada di televisi dan akhirnya dapat kita dengar suaranya. Pada artikel saya terdahulu mengupas tentang cara setting output monitor TV ke sound system luar atau Amplifier. Kali ini kita bahas tentang cara setting Suara HP/ Laptop ke Speaker System di TV Tabung.

cara-setting-output-monitor-TV-ke-sound-system

Bila kita melakukan proses setting seperti yang diutarakan pada postingan tersebut nanti kita akan mendapati suara yang hadir di Televisi akan masuk ke Speaker kita yang ada di rumah. Begitu pula sebaliknya bila kita ingin menghadirkan suara dari Laptop menuju TV juga bisa kita laksanakan asal Televisi kita harus memiliki Fasilitas Jack Audio Video (AV) paling tidak 2 mode AV, dalam hal ini AV1, AV2, dan seterusnya (tergantung produk TV). Pada proses instalasinya atau pengkabelannya adalah misal AV1 kita fungsikan menjadi jalur masuk untuk VCD Player, AV2 kita fungsikan misal untuk Receiver Parabola, dan AV3 bisa kita fungsikan ke alat audio video lainnya. Namun posisi input Mode AV harus bersesuaian dengan channel yang akan kita fungsikan atau kita dengar (tonton) dari posisi menu di Remote control. Jadi dimana posisi input yang akan kita fungsikan terpasang maka harus sesuai dengan mode AV di remote TV.

Cara-Mengeluarkan-Suara HP-Laptop-ke-Speaker-System

Pada gambar di atas kita melihat ada AV IN 2 dengan jack berwarna kuning saya beri tanda X merah artinya tidak dipergunakan dalam pengkoneksian Laptop ke TV. Pada jalur sebelah kanan (tanda kotak kolom merah) dengan nama icon AV Out yang dalam pengkoneksiannya adalah untuk kita sambungkan ke Amplifier sound system.

Cara pengkoneksian kabel Audio

Perhatian, kita jangan menyambung jack Monitor AV OUT ini terhubung ke Ponsel anda karena bila kita memasang dalam keadaan ON maka mungkin berakibat ponsel anda akan rusak, karena sama-sama mengeluarkan (bunyi) daya power audio. Kita harus berprinsip atau mengenal bahwa fungsi IN adalah untuk memasukkan dan Fungsi OUT adalah untuk mengeluarkan. Jangan Out ketemu dengan Out dan In ketemu dengan IN.

Simak artikel saya yang lain pada halaman dasar sound system seperti :
Sound System Masjid dan Cara Instalasi
Demikian yang dapat saya sampaikan semoga rubrik ini bermanfaat untuk anda.
Coba simak artikel lainnya di menu Cara Setting Sound System ini, semoga menambah wawasan anda.

Terimakasih atas kunjungan anda....


.

Share this

Artikel Terkait