Jumat, 02 September 2016

Memfungsikan Box Speaker Aktif menjadi Sound System Lapangan Gantung


.

Mungkin ada suatu keinginan untuk menjadikan Speaker Aktif berfungsi menjadi sound system lapangan gantung. Saya pun sebenarnya belum pernah mencoba karena tidak tersedianya fasilitas untuk menggantung speaker ini. Disamping itu tak ada permintaan khusus dari pengguna jasa rental sound system untuk memakai peralatan kami dengan menerapkan metode demikian.

Bila kita ingin mencoba menggunakan Box speaker-aktif untuk ditempatkan di area yang tinggi tentu kita harus memikirkan bagaimana cara menggantungnya serta peralatan apa saja yang diperlukan. Biasanya Rigging dipasang di area depan panggung di posisi kiri dan kanan. Kita ikuti tinjauan speaker untuk sound lapangan berikut ini.

Daya, Gain SPL dan Instalasi Speaker Aktif untuk Sound Lapangan Gantung

Kita harus memiliki speaker-aktif ukuran 15 inci dengan respon suara yaitu Middle High dengan daya perunit di atas 500 Watt ke atas atau dengan Gain SPL yang tinggi di atas 95 dB. Saat pemasangan dalam jalur kiri dan kanan posisi rigging paling tidak kita harus memiliki 4 hingga 8 unit aktif speaker dengan model yang sama. 8 unit ini kita pisah menjadi 4 unit di posisi kiri dan 4 unit lagi di sebelah kanan rigging penggantung. Bila kita menyiaakan 4 unit maka kita pasang 2 di kiri dan 2 lagi di kanan jalur rigging panggung. Di bagian bawah speaker Middle High yang tergantung ini daat kita tempatkan Subwoofer dengan jumlah sesuai selera kita, paling tidak 2 box subwoofer.

Proses System Penempatan Powered Speaker Lapangan

Powered speaker adalah nama lain dari speaker-aktif. Box speaker-aktif build up rata-rata sudah disiapkan baut pada body-nya yang tujuan untuk bisa diterapkan pada posisi digantung. Apabila kita akan menggantung misalnya 4 unit system speaker lapangan maka kita harus membuatkan alas untuk dasar pijakan (kandang) speaker pertama dan kedua kemudian yang 2 lagi kita tindaih di atas kedua speaker ini. metode lainnya adalah mengukur jarak masing-masing posisi baut dan kemudian membuatkan rangka pengikat yang terbuat dari plat besi yang sudah dibor untuk merekatkan baut ke baut speaker.

Instalasi yang Diperlukan Sebelum Mengoperasikan Aktif Speaker Lapangan

Sebelum kita menaikkan speaker ke posisi rigging ada baiknya mengatur Level Volume standar, pengaturan Bass dan Treble, juga menghidupkan saklar power listrik. Pemasangan kabel audio bisa menggunakan sistim LOOP yaitu mempertemukan Input dan Output antar speker aktif. Metode kedua adalah menggunakan Audio distributor. Sambungan konektor kabel audio usahakan menggunakan koneksi balance agar tidak mengurangi gain dan juga mengurangi noise saat menggunakan kabel audio yang panjang.

Mengoperasikan Speaker Aktif

Demikian yang dapat saya sampaikan pada pembahasan ini tentang Memfungsikan Speaker-Aktif menjadi Sound System Gantung area Lapangan
Baca artikel berikut tentang :

Simak juga artikel saya yang lain dalam menangani acara yang melibatkan peralatan sound system yang terangkum dalam situs teknik dasar setting sound system.
Terimakasih atas kunjungan anda..


.

Share this