×

Menggabungkan Box Speaker Aktif dan Pasif pada Sound System Lapangan

Mengkombinasi Speaker Aktif dan Pasif menjadi Speaker Utama pada Sound System Lapangan Luas

Rubrik ini merupakan pemabahasan kelanjutan artikel saya sebelunya tentang Live Music audio system lapangan panggung menggunakan Drum Digital yang di dalamnya bercerita tentang mensetting sound lapangan yang merupakan pengalaman dalam mengkoordinasi dua kepemilikan perlengkapan sound system yaitu milik sebuah instansi dan juga milik kami. Pada saat itu kami memiliki atau membawa speaker aktif untuk dipasang di sana. Sementara itu peralatan sound system milik instansi tersebut adalah Speaker Pasif yang menggunakan dua buah Power Amplifier dan dua pasang box speaker. Box speaker milik mereka ini adalah berisi satu pasang CAF untuk Middle High dan dua unit box speaker Sub-woofer kiri dan kanan.

Seperti yang diceritakan sebelumnya bahwa kami cuma membawa 6 buah speaker Aktif dengan menggunakan beberapa model atau merek. Saat kami telah berada di lapangan kemudian pihak panitia meminta kami untuk tetap memasang speaker aktif yang kami bawa, dan kemudian mereka menyuruh untuk menggabungkan atau mengkombinasikan antara speaker pasif mereka dengan speaker aktif milik kami. Saya juga bertugas sebagai koordinator seluruh peralatan yang tersedia saat itu karena panitia menyerahkan tanggung jawab peralatan sound milik mereka kepada saya.
Bagaimana cara mengkombinasikan dua macam type speaker ini (aktif dan pasif) untuk menjadi audio system lapangan terbuka luas?

Speaker Aktif dan Pasif pada Sound System Lapangan

Fasilitas Mixer Audio

Untuk mengkombinasikan Speaker Aktif dan juga Pasif menjadi Box Speaker Utama pada Sound System pada area lapangan terbuka perlu mengetahui beberapa hal terutama distribusi sinyal audio dan pengkabelan. Kita juga harus pandai dalam memfungsikan fasilitas MAIN Out, SUB/ GROUP Out, dan Aux send pada Mixer Audio. Memang saat itu saya kurang memahami karakterisktik peralatan milik instansi tersebut dan saya baru kali ini melihatnya. Pemahaman karakteristik ini maksud saya adalah saya tak tahu apakah power Amplifier dan box speaker milik mereka ini merupakan sound system rakitan atau build up. Tapi saya tak ambil pusing tentang masalah ini karena yang terpenting bagi saya saat itu adalah bagaimana seluruh peralatan bisa mengeluarkan bunyi yang 'mempesona', bukan soal kencang dan bertenaga saja. Mempesona dalam artian adalah seluruh karakter frekuensi suara harus terdengar dengan baik dan halus namun dengan suara yang dapat mengisi seluruh area lapangan. Sebenarnya saya lebih banyak beroperasi dalam menangani acara menggunakan speaker aktif dari pada speaker pasif karena keterbatan crew dalam urusan pengangkutan saat mobilitas atau transfortasi.

Cara Setting System Sound Lapangan - Fasilitas Mixer Audio

Untuk metode pencampuran atau kombinasi kedua jenis seaker ini harus tahu bagaimana cara setting dua jenis system ini untuk Sound lapangan terutama di bagian mixer audio, lihat uraian di bawah ini.

Memahami dan Memfungsikan Fasilitas Output pada Mixer Audio

Dalam mendistribuskan sinyal suara dapat kita pecahkan atau kita atur di mixer Audio dengan mengaktifkan fungsi SUB Out dan juga AUX Send. Memang saat itu saya mengkombinasi dua kepemilikan peralatan sound system yang berbeda type ini menggunakan sistim sambungan mixer to mixer operating karena saya tak mau mengusik peralatan sound (speaker pasif) yang telah disetting oleh panitia sebelumnya karena keterbatan waktu dan sound mereka saat itu telah berbunyi namun belum sempurna. Untuk menyingkat waktu maka saya cuma menghubungkan Mixer yang kami punya dengan mixer mereka dengan menghubungkan audio menggunakan REC Out. Saya berpikir Rec out ini memiliki karakter suara standar dan halus asal di indicator mixer yang terlihat tidak melebihi diatas 0 hingga +3 dB dari hasil proses Main Out audio. Rec Out ini kita hubungkan ke channel mixer yang menggunakan passive speaker.

Banyak cara untuk menggabungkan sinyal audio ke beberapa speaker dan power. Salah satu yang bisa anda terapkan adalah menggunakan metode di atas lewat Rec Out. Bila anda memiliki atau mempunyai mixer audio dengan banyak channel dan fasilitas, maka anda dapat mengaktifkan fungsi SUB atau Group Out di mixer dan untuk monitor panggung kita menggunakan output yang berasal dari AUX send.

Metode Kombinasi Fasilitas Sub Out Group di Mixer

Sebenarnya masih banyak metode-metode penggabungan dan pensetingan sound system yang perlu saya sampaikan kepada kita semua. Mudah-mudahan saya bisa menyepurnakan lagi bacaan ini tentang menggabungkan speaker Aktif dan Pasif pada Audio System Lapangan.

Baca juga :
Penutup
Mudah-mudahan memberi manfaat kepada anda.
Simak juga artikel saya yang lain tentang set aksesoris sound system untuk lapangan yang mungkin merupakan perjalanan historikal saya dalam menangani acara yang melibatkan peralatan sound system yang terangkum dalam situs teknik dasar setting sound system.
Sangat susah bagi saya untuk merangkum dan menuliskan serta menalarkan kata-kata yang tepat dari bahasa tehnik audio yang saya petik dari hasil perjalanan pengalaman pribadi dalam menangani peralatan sound system agar penalaran kaedah tersebut menjadi bacaan yang dimengerti semua lapisan. Penulis dan Teknisi.