×

Live Music Sound System Lapangan Panggung Menggunakan Drum Digital

Cara Setting Mixer Sound System Lapangan Panggung

Menseting live musik pada sound system lapangan dan juga di panggung menggunakan Drum Digital mungkin jarang ditemui dan ini merupakan pengalaman dari saya yang ingin saya tulis di situs ini. Kejadian ini saat ada peminjaman perlengkapan sound system milik instansi kami di sebuah markas TNI. Saat itu saya tak tahu untuk keperluan acara apa dalam pemakaian perlengkapan sound ini. Jarak antara Markas dan Instansi kami lumayan jauh sekitar 80 KM. Sementara itu kami tidak membawa banyak pasukan alias crew, kami hanya 3 orang beserta saya. Yang terpikirkan oleh saya adalah bahwa sound ini akan digunakan di area lapangan markas TNI, jadi tak usah membawa banyak peralatan. Ini adalah bukan rental sound system hanya berbentuk peminjaman peralatan dan operator antar instansi guna menjalin silaturahmi.

Saat kami datang ternyata telah ada sound system lainnya namun tak ada operator atau teknisinya. Pihak panitia tetap meminta kami untuk memasangkan alat sound yang kami bawa, walau peralatan mereka telah terpasang juga saat itu. Akhirnya saya memutuskan untuk menggabungkan alat milik mereka dengan sound system yang kami bawa, dan sistim kendali sound system saya ambil alih sepenuhnya. Pihak penyelenggara mengatakan bahwa untuk hiburan menggunakan organ tunggal yang terdiri dari dua penyanyi. Panitia pun mengatakan bahwa nanti akan tampil group band yang juga membawa alat masing-masing dari sound monitor dan alat musik lainnya seperti drum, rythm guitar, Bass guitar dan Keyboard. Saya agak kaget juga mendengar ada kabar bahwa akan menggunakan Drum karena saya tidak membawa komponen Microphone perkusi drum pada saat itu, sementara komposisi peralatan yang kami bawa bukanlah merupakan peralatan sound untuk musik. Ternyata saat peralatan band datang, saya melihat mereka membawa Drum Digital, satu buah Speaker Monitor panggung, keyboard, Bass dan gitar elektrik.

Setting Acara Panggung untuk Organ Tunggal dan Band

Penyelenggaraan acara yang panitia rencanakan adalah terdiri dari dua sesi acara yaitu
- pagi untuk organ tunggal berikut penyanyi tanpa rental sound system-nya
- sore untuk musik band (sumbangan instansi lain)

Sebenarnya saya tidak terlalu banyak melakukan check sound kecuali hanya menginstalasi pengkabelan audio yang datang dan keluar di Mixer, tak lebih dari setengah jam. Begitu semua kabel terkoneksi sesuai keinginan saya, maka langkah selanjutnya adalah saya cuma melakukan check MIC dan menyetel musik dari VCD Player, dan kemudian mendengar suara di speaker depan (Utama).

Kebetulan drum digital juga telah ditempatkan di panggung dan playernya meminta saya untuk menseting bunyi drum di monitor speaker walau cuma sejenak karena tamu telah mulai berdatangan. Saya melakukan set default untuk EQ internal di Mixer merk Yamaha pada channel yang terhubung ke Drum ini.
Karena pemain organ tunggal telah datang, lalu saya memasangkan Jack dari keyboard menuju master mixer dan mulailah mereka memainkan musik atau lagu mereka. Seluruh kontrol bunyi di speaker utama adalah saya lakukan tatkala mereka memainkan lagu. Sekali lagi tanpa check sound. Kontrol suara yang saya lalukan ini adalah mem-balancing level antara vokal dan musik, mengatur frekuensi bass, mid dan trebel yang harus kena ke speaker tujuan, dan juga mengatur Speaker Monitor di panggung. Setelah suara sudah terdengar rapi maka saya melakukan persiapan berikutnya.

Saat sesi acara organ tunggal ini berlangsung, maka kesempatan ini saya gunakan untuk melakukan instalasi alat band, yang tentunya tidak menggangu suara permainan musik orgen tunggal di speaker utama dan juga speaker Monitor. Kesempatan itu saya gunakan untuk memasangkan kabel audio dari monitor gitar ke mixer utama, menyiapkan kabel untuk Bass Guitar dan lainnya yang berhubungan. Untungnya aku membawa Headphone untuk memantau bunyi dari Guitar dan memonitor sinyal yang masuk dengan menekan tombol PFL dan melihat indicator level sambil mendengarkan suaranya di Handset yang saya bawa.

Peralatan Utama Sound System area Lapangan Agak Besar

Peralatan sound system yang terpasang untuk lapangan cukup luas ini bukan menggunakan sistim FOH depan panggung, tapi seluruh peralatan audio menumpuk di area panggung. Panggungnya pun tidaklah begitu luas, sekitar 7 meteran.
Speaker System yang kami bawa menggunakan speaker aktif sebanyak 6 buah dengan merek gabungan yaitu Huper, Betha 3 dan JBL EON G2. Saya pikir ini sudah cukup memadai untuk dipasang di lapangan mereka.
Untuk mixer, saya menggabungkan antara mixer milik instansi TNI dengan Mixer yang kami punya. Master mixer berada di Mixer yang kami punya dan saya mengambil alih untuk menseting seluruh peralatan yang tersedia saat itu.

Mengenai Drum Digital dan Cara Seting Mixer Sound System Panggung

Dahulu saya pernah membahas tentang menseting alat musik akustik berupa drum Cajon yang terbuat dari kotak kayu yang diduduki oleh pemainnya. Di artikel tersebut dibahas tentang cara seting microphone untuk drum ini.
Mengenai Drum Digital, apabila melihat dari bentuk fisik dan bahan memang berbeda, namun secara permainan sangat mirip dengan drum biasa yang terdiri dari Drum Kick, Snare, Tom. Tam, Floor Drum, Hi hat, Cymbal Crash dan Ride. Stick tetap menggunakan stik dari bahan kayu yang kita pukul ke PAD digital drum. Mengenai suara memang mirip dengan drum konvensional hanya beda pada sentuhan ketukan atau pukulannya saja. Kebetulan saya sempat memainkan drum ini juga saat check sound tatkala memainkan sebuah lagu dari panitia sebelum acara utama berlangsung. Merek Drum Digital ini adalah Yamaha. Di area panggung ini semua pemain band, penyanyi, orgen tunggal dan tehnisi menumpuk, ditambah lagi berbagai peralatan sound sysem panggung lainnya membuatku susah untuk bolak-bali mengontrol suara.

1. Cara Setting Sound System untuk Lapangan - Control Panel Box di Drum Digital

Cara setting komponen drum digital ini pada peralatan sound lapangan tidaklah begitu rumit karena seluruh setingan utama berada pada box Control Panel yang ada situ dan pada Sound Mixer tersebut kita hanya mengatur EQ Mixer internal di posisi default saja. Kita hanya mengatur seberapa besar bukaan Level yang perlu diperkuat ke Speaker system saja, tapi usahakan tidak lebih dari angka 0 dB di indicator display Mixer posisi MAIN OUT. Mixer yang kupakai sebagai master mixer adalah merek Yamaha.

sound-system-lapangan-panggung-drum-digital
Biasanya seting control panel Drum ini adalah dengan mengatur bukaan level masing-masing komponen drum tersebut, misalnya Snare yang terlalu besar bunyinya dapat dikurangi dengan menurunkan tombol Level dengan masuk ke menu snare itu terlebih dahulu tanpa menggangu mixer utama panggung.

2. Seting Alat Band dan Balancing Seluruh Output Suara pada Sound Lapangan

Setting alat musik lainnya seperti Bass guitar dan Rythm guitar adalah dengan mengkoneksikan Box Ampli speaker monitor pada out ke channel Mixer utama. Aturlah level masing-masing dengan kepekaan suara yang masuk ke mixer tidak melebihi kepekaan level suara Mic di indicator level.

Mixer-Sound-System-Lapangan-Panggung
Memang susah mengatur balancing suara saat kita tidak berada di depan arah speaker out utama, kondisi ini kadang membuat kita harus bolak balik ke depan panggung untuk mendengar atau memantau kekuatan bunyi, balancing penggabungan seluruh suara pada speaker, dan kemudian kita harus balik lagi ke mixer yang di tempatkan di panggung. Daya ingat dan daya dengar harus berkombinasi saat mengatur balancing mixing seluruh suara yang tampil di MAIN Speaker.

Satu Speaker Monitor Lapangan Panggung Multifungsi

Karena terkendala kondisi di atas dan kurangnya fasilitas yang diperlukan memang membuat kita harus pandai dalam memposisikan peralatan terutama box speaker. Sementara itu pihak grup band juga cuma menyediakan (membawa) satu buah speaker monitor dan itu pun hanya untuk guitar miliknya saja dan mereka tidak membawa speaker monitor yang lain untuk kontrol speaker bass. Terpaksa saya harus menjadikan satu buah speaker monitor menjadi multifungsi yang tadi hanya untuk vokal dan orgen tunggal saja. Suara untuk memonitor Guitar bass terdengar di Speaker monitor panggung.

Sound-System-Lapangan-Drum-Digital
Inlah pengalaman saya menseting sound system posisi lapangan luas dengan menggunakan banyak fasilitas namun dengan keterbatasan peralatan, keterbatasan waktu dan dengan jarak tempuh yang jauh.

Mudah-mudahan memberi manfaat kepada anda. Simak juga artikel saya yang lain tentang set aksesoris audio system lapangan yang mungkin merupakan perjalanan historikal saya dalam menangani acara yang melibatkan peralatan sound system yang terangkum dalam situs teknik dasar setting sound system.
Baca kelanjutan bacaan ini pada artikel berikut tentang :

Cara Set dan Recording Live Music Video Sound Sistem Lapangan Panggung - Drum Digital

Ini merupakan cuplikan video tentang recording dan setting sound system khusus lapangan yang dapat anda tonton berikut lagu yang dimainkan saat recording live musik pada sound lapangan yang aku koordinasikan,

Terimakasih atas kunjungan anda...