Cara Menyambung Fungsi Insert pada Mixer Audio

Hallo pecinta audio dan pemilik sound rental di mana saja berada. Apa kabar semua. Saya berharap anda semua dalam kondisi yang menyenangkan. Bagaimana kondisi peralatan audio musik anda, semoga dalam kondisi yang fit dan tidak mengecewakan anda. Mudah-mudahan bisnis sewa sound anda berjalan lancar. Tidak hanya itu, mungkin anda hanya menggunakan peralatan musikal anda hanya untuk dimainkan di rumah saja, bukan untuk disewa. Bila anda terus berhadapan dengan peralatan anda tentu akan menimbulkan friendship face to face pada barang anda dan tentu anda akan memahami fungsi-fungsi tombol dan konektor yang terdapat dalam soundsystem anda.

Apa Maksud Insert Jack di Mixer

Mungkin anda kurang memahami maksud dari INSERT yang ada ada Mixer Audio. Insert (Jack Insert) adalah konektor untuk menghubungkan fasilitas eksternal device yang berguna untuk mengirimkan sinyal dan kemudian untuk mengembalikan ulang pada channel mixer anda. Fasilitas eksternal yang saya maksudkan adalah bisa berupa Effect audio(FX), Comprosser, dan juga Equalizer. Tidak semua Mixer audio dilengkapi dengan kompenen ini, hanya profesional mixer audio saja yang ada fasilitas ini. Untuk dapat menggunakan sistim ini anda harus menggunakan TRS Jack (Jack Phone Stereo). Untuk memahami penyambungan device ini coba anda lihat tulisan saya terdahulu. Untuk pengkabelan anda harus menggunakan Coaxial audio kabel yang berisi 2 kabel tunggal dan dilapisi serabut. Saya sering menggunakan Canare ukuran 3 mm atau dengan type L-2B2AP. Saat penyolderan kabel jangan sampai terhubung singkat antara kabel berwarna merah(biru) dan putih(kuning). Serabut kabel dihubungkan ke body jack.

Bagaimana Cara Mengkoneksikan Insert di Mixer

Ada 2 (dua) macam fasilitas Insert yang terdapat pada Mixer, yaitu terdapat pada masing-masing Channel dan pada Master Output. Apa maksud ini, di bawah ini coba kita kupas satu persatu.

1. Insert pada Tiap Channel Mixer

CH Insert Jack pada Mixer
Konektor ini berada di bagian atas atau di bagian belakang mixer Anda. Setiap deretan channel (profesional Mixer) dilengkapi dengan Jack ini dan selalu berdekatan dengan Conector Input Channel (XLR Jack). Fasilitas ini akan bekerja hanya pada channel yang anda colokkan (mendapat koneksi jack insert). Misalkan anda ingin memberi FX khusus pada salah satu channel saja, anggap saja anda menancapkannya hanya pada CH 1, maka FX Processor akan mendapat respon masukan sinyal dari CH 1 tersebut. Umpan balik sinyal yang diproses oleh FX processor lalu dikirim balik ke CH 1 melalui Jack yang sama. Type dan Ketebalan suara efek suara (WET and DRY) dapat anda atur pada peralatan Sound FX anda. Fungsi pengiriman Insert juga dapat disalurkan dan diumpan balikkan pada Compressor Limitter pada Channel yang berhubungan dengan Snare Drum. Fungsi ini banyak dimanfaatkan pada sebagian Sound-man. Agar fasilitas ini dapat bekerja dengan baik maka anda harus mengetahui cara menghubungkan TRS Jack ini.

2. Insert pada Master Mixer (Main Insert)

Lihat gambar berikut
Insert pada Master Mixer (Main Insert)
Main Insert berfungsi untuk mengirimkan seluruh sinyal Audio yang sudah tercampur (penggabungan dari seluruh Channel) pada suatu peralatan tambahan berupa Equalizer dan atau Compressor Limitter dan mengembalikan ulang sinyal yang sudah diproses oleh peralatan tambahan tadi. Cara pengkoneksian adalah menancapkan Jack TRS yang sudah anda rakit pada Female jack pada Mixer (bertuliskan MAIN INSERT), jalur kiri (L) anda hubungkan dengan Equalizer Input L dan jalur kanan (R) anda hubungkan pada input EQ sebelah R.

Cara Merakit dan Menyolder Jack Insert

Tentu anda butuh solder listrik. Untuk membuat Koneksi Jack Insert dibutuhkan Phono Jack Stereo (TRS) sebagai penghubung ke female Insert di Mixer, kita sebut ini sebagai INSERT JACK. Selain itu anda perlu konektor penghubung ke peralatan FX, EQ, Compressor, anda harus menyesuaikan bentuk Jack Input pada FX anda. Biasanya peralatan diatas secara standar mereka menggunakan TRS dan atau XLR Jack sebagai jalur Input Output. Agar mudah maka kita pilih Jack TRS/ TS Jack. Di dalam Insert jack terdapat TIP, RING dan SHIELD (Sleeve). Lihat posisi kabel serta bentuk Jack di atas.
Merakit Jack Insert

  • TIP(+) adalah pentolan paling ujung berguna untuk Pengirim sinyal. Jalur ini anda hubungkan ke Jack TS untuk input FX/ EQ/ Compressor. Gunakan Jack TS. Beri tanda atau tulisan pada Jack TS untuk Input ke FX/ EQ dengan nama INPUT
  • RING(-) adalah untuk menerima sinyal hasil proses dari FX/ EQ. Jalur ini kita koneksikan ke Output dari FX/ EQ. Gunakan TS Jack. Beri tanda atau tulisan pada Jack TS untuk Input ke FX dengan nama OUTPUT.
  • SLEEVE adalah sebagai grounding.

Penutup
Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memperdalam tentang tombol dan jack yang ada di mixer audio.
Coba anda baca juga : Perbedaan Monaural Channel dan Stereo Channel pada Mixer
Terimakasih atas kunjungan anda pada halaman artikel ini.

Tags :