Pengenalan Dasar Tentang Sound System

Pengenalan Dasar Tentang Sound System - Sekarang ini untuk menyampaikan sebuah informasi suara agar dapat didengar oleh orang banyak dalam jangkauan (radius) dan lingkup tertentu maka dibutuhkanlah pengeras suara, baik itu di halaman terbuka maupun di dalam ruangan. Dengan kata lain kita membutuhkan fasilitas berupa perangkat Sound System.

Tehnik Dasar Menyeting Sound System

Apa yang dimaksud dengan Sound System?

Menurut penalaran saya tentang makna atau pengertian Sound System adalah sistem perangkat elektronik untuk mengolah dan membesarkan 1 (satu) atau lebih sumber bunyi (suara) yang tercampur dalam satu perangkat pengeras bunyi yang terdengar di Loudspeaker yang bisa diatur tingkatan bunyinya menurut kapasitas ruang dan audience sehingga informasi bunyi bisa ditangkap oleh telinga dalam lingkup tata ruang bunyi. Pencampuran bunyi (suara) ini bisa dari beberapa sumber Vokal dan ditambah dengan hadirnya musik dalam satu kesatuan bunyi yang didengar bersamaan. Untuk menangkap sumber Vokal dibutuhkan sebuah alat yaitu Microphone (Mic/ Mik). Saya memahami atau belajar sound sistem saat saya berada di Bandung, saat ini saya tidak berada lagi di Bandung, namun bagi anda yang menanyakan tentang sewa sound system Bandung coba anda tanyakan pada rekan anda yang paham.
Pengenalan Dasar Tentang Apa Sound System Itu

Penggunaan perangkat ini banyak ditemui di hampir semua tempat dan kondisi. Saat berada di ruang presentasi pasti dibutuhkan alat Loudspeaker/ Speaker agar dialog presentasi bisa didengar oleh audien peserta rapat. Penggunaan Speaker System banyak kita jumpai di tempat ibadah, baik di masjid, gereja dan lainnya. Mungkin di sebagian rumah sudah melengkapi perangkat ini untuk hiburan keluarga, malahan dengan Fasilitas Audio yang sudah lengkap yang meliputi Microphone, Mixer, Equalizer, Big Power Amplifier dan 3 way Speaker Sistem.

Sound System untuk Lapangan yang luas

Saat kita mendengarkan konser musik di tempat halaman terbuka (lapangan) atau dalam gedung dan studio pasti tidak luput dari yang namanya sound systems. Sangat beda penggunaan kapasitas power dalam ruangan presentasi yang memiliki ruangan terbatas dengan penggunaan sound system di area terbuka. Arah jangkauan bunyi dan tenaga yang dikeluarkan Power Amplifier + Speaker dengan jumlah audien harus sebanding. Tak mungkin kita menggunakan Low Power dalam area yang luas. Kita bisa menjumpai peralatan ini terpasang di menara masjid dengan posisi perangkat outdoor berupa Horn-Speaker dan perangkat di indoor terdapat Amplifier yang sudah dilengkapi dengan fasilitas Pencampur Sumber Suara (MIXER AUDIO).

Pengoperasian dan Cara Koneksi Sound System

Untuk bisa mengoperasikan perangkat ini terutama untuk live musik (konser) maka dibutuhkan orang yang benar-benar memahami tentang cara kerja sound system, mengetahui cara koneksi dan sistim dalam sound, kecuali perangkat speaker portable sederhana di rumah atau kantor bisa dioperasikan oleh orang awam asal perangkat ini sudah bisa mengeluarkan bunyi mik (vokal) di speaker dan tidak terjadi feedback( Umpan Balik). Orang yang bisa mengoperasikan perangkat ini biasanya lazim disebut Operator Sound System. Operator Sound System belum tentu mahir dalam hal Sistim Analisis Audio. Orang yang benar-benar menguasi hal terkecil dari aspek Electronik Audio kita sebut Sound Engineering/ Sound Technician, mereka yang ahli ini sangat terlatih baik Skill maupun pendengaran yang sempurna. Bila ditemui kendala saat Sound dioperasikan, mereka akan bisa memperbaiki kerusakan yang dialami saat itu. Tentu mereka mempunyai Tool kit berupa obeng, solder dan lain-lainya. Orang-orang yang terlibat dalam pengoperasian seluruh perangkat Sound System kita sebut Sound-Crew/ Sound-Man.

Apa saja yang Terdapat di Perangkat Sound System Sederhana (Portable Speaker System)

Biasanya dalam perangkat sound system berupa Speaker Portable system untuk rumahan dan kantor sudah dilengkapi dengan fasilitas 2 buah Jack Input untuk mencolok jack Microphone ke Speker Portabel dan fasilitas VOLUME Level untuk mengontrol kekuatan Input (Gain Level) menjadi Level Power Output ke Speaker. Fasilitas lain yang terdapat di perangkat ini adalah Tone(Tone Control) untuk mengatur lebar (bandwidth) frekuensi suara. Frekuensi suara (lebar pita suara) yang bisa didengar manusia secara alami mulai dari 30 Hz sampai 16 KHz. Nanti kita akan mempelajari/ membahas tantang alat untuk mengatur Tone Controling ini. Apa yang saya maksud dengan Sistim Sound adalah orang yang paham dalam ilmu Electronic for Audio serta memahami peralatan Audio yang digunakannya dan harus bisa menyetingnya dengan benar. Tentu juga dia memiliki pendengaran yang sempurna.

Cakupan Peralatan Sound System

Dalam konten/ artikel di situs ini, saya menuliskan tentang makna Sound System dan fungsinya serta mengarahkan anda supaya bisa mengoperasikan perangkat ini supaya hasil yang didengar sempurna. Di sini kita tidak saja membahas tentang perangkat Sound System ini namun juga mempelajari tentang System Sound (Audio). Cukup luas makna dan pengetahuan tentang Sistem Audio ini. Tak mungkin saya menulisnya lengkap dalam satu halaman situs, tentu akan membutuhkan waktu yang sangat panjang. Maka dalam membahas tentang rubrik ini saya membaginya dalam beberapa kategori atau daftar halaman, dalam awal situs ini kita mulai dari Pengenalan Dasar tentang Sound System. Saya akan terus melakukan editing dan upgrade dalam situs ini berdasarkan tingkatannya, tentu apa yang saya tulis ini berdasarkan fakta dan kemampuan saya dalam mengenal dan mengoperasikan Perangkat Audio ini.

Penutup
Daftar isi artikel pertama halaman ini saya mulai di sini. Saya menyarankan anda untuk melihat menu tentang materi sound system yang lain agar anda bisa mengenal dari awal tentang Dasar dan atau teknik Sound System dan apa saja perangkat yang diperlukan di dalamnya.
Baca juga artikel tentang Istilah Umum Sound System yang sering Dipakai...

Bila anda ingin bertanya atau memberi saran kepada saya, silakan untuk memberikan pertanyaan serta masukan yang bermafaat bagi kita semua.