Perlu Dihindari Saat Setting Sound System dan Bernyanyi Karaoke - Feedback Microphone

Yang Perlu Dihindari Saat Setting Sound System dan Bernyanyi Karaoke - Sound System terdengar suara mengaung, melengking, atau suara yang memekikkan telinga. Tentu hal ini membuat suasana bernyanyi terganggu karena adanya feedback saat berkaraoke, apalagi kalau karaoke ini merupakan pentas lomba yang dinilai oleh juri. Bagaimana tindakan kita untuk menangani permasalahan sound system karaoke ini?

Apa yang harus dilakukan apabila ini terjadi di sound system di rumah anda. Ada dua asfek dalam permasalahan ini, asfek pertama adalah untuk anda para penginstalasi perangkat sound system karaoke dan asfek kedua sebagai pengguna (user), dalam hal ini tak paham masalah sound system teknika, atau sedikit memahami.

Setting Sound System Karaoke dan Feedback
My friend, Satria with sing the song the Karaoke with string guitar

Terjadinya Kebisingan Feedback Microphone

Kebisingan umpan balik Audio merupakan yang suara menyakitkan telinga yang terjadi perputaran suara tatkala perjalanan suara dari speaker menembus mikrofon dan kembali ke lagi speaker secara kontinu sebelum anda melakukan sesuatu hal untuk menghilangkan kondisi ini. Sebagai hasil dari looping suara terus menerus ini maka membuat masalah frekuensi suara tersendiri. Anda mungkin dapat menghindarinya melalui sedikit menjauh dari posisi anda (gerakan mikrofon) dalam beberapa arah yang jauh dari speaker akan menghentikan umpan balik atau storing ini. Seperti yang pernah saya terangkan pada artikel sebelumnya tentang feedback pada sound system bahwa terjadinya feedback itu ada yang berupa suara denging dan dengung.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam menseting microphone:
  • Usahakan agar titik kepala mikrofon (spool/ coil) tidak mengarah ke speaker
  • Jangan menutup jaring tutup kepala microphone saat anda bernyanyi
  • Menurunkan Gain Input di Mixer (atau menurunkan tombol volume Mic) dari channel mikrofon Anda. Jika Anda harus meningkatkan mikrofon begitu tinggi untuk mendengar suara Anda, maka Anda perlu menggunakan mikrofon yang lebih baik (atau setidaknya menggunakan kabel dengan konektor XLR seimbang)
  • Menurunkan tingkat EQ tergantung pada jenis umpan balik yang Anda dapatkan. Jika Anda mengarahkan mikrofon pada sub-woofer, maka akan menghasilkan lapangan lolongan rendah. Jika Anda mengarahkan mikrofon pada tweeter atau mid-range speaker, maka akan menghasilkan tinggi lapangan menjerit
  • Hindari berdiri / duduk di satu tempat ketika bernyanyi. Gerakan mikrofon mencegah frekuensi masalah dari membangun
  • Hindari tangan Anda memegang di sekitar kepala mikrofon untuk mendapatkan suara Anda terdengar lebih keras. Suara Anda akan masuk mikrofon tetapi lebih dari frekuensi masalah juga akan memasuki mikrofon
  • Memperhatikan ruangan karaoke (studio mini) Anda dan lihat apakah di situ terdapat terlalu banyak permukaan datar (seperti lantai keras, dinding kosong, langit-langit yang rendah). Permukaan yang keras/ padat memungkinkan energi gelombang suara untuk menjalar di sekitar ruangan lebih luas. Akibatnya, masalah frekuensi lebih mungkin untuk memasuki ke microphone. Ada baiknya lantai dilapisi dengan karpet, menambahkan rak buku atau lemari dari bahan kayu, menggantung beberapa lukisan kain, atau memasang diffusing suara / panel penyerap jika memungkinkan. Memiliki benda di dalam ruangan akan membantu memecahkan masalah rayapan gelombang suara serta membantu ruangan Anda terdengar lebih ketat, ruangan karaoke Anda akan terdengar padat. Saat berkaraoke tentu Anda menginginkan ruangan Anda terdengar seolah berada dalam sebuah aula besar dengan akustik yang bagus, dan ruangan nampak terkesan
  • Anda mungkin perlu membeli Equalizer multi-band atau eliminator umpan balik. Sebuah Eliminator umpan balik pada dasarnya adalah EQ multi-band yang akan membantu kita dalam mencari tahu mana frekuensi masalah dan kemudian menurun volumenya.
  • Setiap peralatan memiliki kebisingan dan masalah sendiri jadi saya biasanya tidak menyarankan menambahkan lebih banyak peralatan ke dalam sistem karaoke Anda kecuali peralatan sound system dengan kalibrasi standar internasional yang berkualitas tinggi dan Anda tidak memiliki cara lain yang tersisa untuk memecahkan masalah.

Pengaturan Tombol-tombol pada Mixer dan Peralatan Sound System yang Berhubungan dalam Mengatur Suara Microphone

Harus memutar tombol yang manakah? Mari kita lihat berapa cara yang mana Anda dapat mengontrol tombol atau kontrol Volume pada Mixer audio dan peralatan lainnya;
  1. Pengaturan Volume, Gain, Tone Frekuensi Microphone
  2. Pengaturan Volume Karaoke Player Machines
  3. PengaturanVolume Output Komputer (bila menggunakan Komputer atau Laptop)
  4. Pengaturan Gain dan Volume Mixer pada channel yang anda gunakan untuk menancapkan posisi Microphone (volume dan gain)
  5. Pengaturan Level dan Gain pada channel Karaoke musik dari komputer di Mixer yang anda tancapkan,
  6. Pengaturan pada campuran keseluruhan (Main Mix Stereo), pengaturan volume output Mixer
  7. Pengaturan Volume pada Power Amplifier (Active Speaker, bila anda memakai alat ini)
Anda memiliki begitu banyak sumber suara dari beberapa Microphone (lebih dari dua unit channel) di mana kita dapat mengubah Volume sehingga cukup membingungkan. Berikut Ini adalah bagaimana kita membuat hal-hal sederhana;
  • Mengatur Volume Karaoke atau PC / Laptop pada putaran atau kalibrasi 50% dari Volume maksimum komponen ini agar menjadi aman sehingga Anda tidak mengirim volume terdistorsi (cacat) pada mixer Anda sehingga terdengar ke speaker
  • Mengatur keluaran stereo pada mixer dan amplifier (nomor 6 dan 7 di atas) pada posisi putaran atau kalibrasi sekitar 75% dari volume maksimum supaya cukup aman sehingga Anda tidak mengirim sinyal audio yang terlalu 'kenyang' power ke speaker system
  • Ketika memasang Mic dan menghidupkan volume tanpa musik atau bernyanyi kita mendengar suara mic yang tak seimbang dari vokal kita yang terdengar di speaker. Keungkinan anda menggunakan sistim koneksi kabel microphone yang usang atau tidak balance. Coba lihat serta mengubah kabel TRS Connector/ Canon menjadi sistim sambungan Balance.
Suara yang Anda dengar disebut self-noise, setiap peralatan memiliki dan berkontribusi terhadap suara akhir. Kemungkinan besar itu datang dari mic pre-amplifier mixer Anda, dalam hal ini mixer dan setingannya. Rumah bergaya "karaoke mixer" terkenal karena memiliki bising mic pre-amp. Fakta bahwa mereka hanya menerima TS konektor untuk mikrofon membuatnya bahkan lebih rentan terhadap gangguan noise yang dijemput oleh kabel yang tidak Balance.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan kebisingan sepenuhnya dengan jenis rumah bergaya karaoke mixer. Jika mixer Anda saat ini tidak menerima koneksi yang seimbang (XLR dan TRS), kemudian kabel dengan orang-orang konektor. Memiliki mikrofon yang baik dengan harga diri yang noise juga membantu. Jika tidak satupun dari mereka membantu banyak, Anda perlu membeli mixer dengan tenang mic pre-amplifier, beberapa orang menyebut dengan PA mixer. Sekali lagi, sumber terbesar dari kebisingan adalah Preamp Mic di Mixer sound system Anda.

Tips Menggunakan Compressor Audio

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana semua penyanyi terdengar begitu hebat dan penuh ketika bernyanyi rendah / soft parts yet begitu ketat dan dikendalikan ketika bernyanyi tinggi / bagian keras yang tidak merusak telinga Anda? semua kerena ketrampilan dan kebiasaan. Namun, banyak yang bisa bernyanyi berkat kompresor.

Dengan kata sederhana, Compressor bertugas mengkompres suara (lebih rendah) volume keras dan meningkatkan volume lembut sehingga seluruh semuanya terdengar sama dalam volume dan menyenangkan untuk telinga Anda. Memang tidak kita tidak sangat perlu menggunakan alat ini dalam sistem karaoke di rumah Anda. Ini hanyalah sebuah rekomendasi untuk hal ini. Ini adalah salah satu dari beberapa hal yang secara signifikan akan meningkatkan seluruh suara untuk penyanyi yang lembut dan juga mencegah speaker Anda / telinga tidak rusak oleh ledakan tiba-tiba bernyanyi keras dari penyanyi yang berlatar suara kencang (kuat).

Petunjuk bagi User/ Penyanyi Karaoke saat Memegang Microphone

Ini merupakan asfek bagi pengguna sound system karaoke yang murang memahami tentang pensetingan sound system. Anda hanya berproses pada bernyanyi saja, atau sebagai pendengar.

Hindari merubah pengaturan saat berkaraoke (bagi anda sebagai user)

Sekarang, Anda hanya perlu khawatir tentang mikrofon dan volume musik karaoke selama sesi berkaraoke anda. Di sinilah keterampilan anda sebagai teknisi Audio berlaku. Sebagai titik awal untuk setiap sesi, ada baiknya pengaturan level mikrofon pada posisi nyaring dan nyaman bagi Anda sehingga volume suara terdengar balance. Kita dapat mengubah volume musik karaoke untuk setiap lagu untuk menyeimbangkan kenyaringan suara Anda.

Kita mungkin harus mengubah baik tombol-tombol untuk beberapa lagu. Tidak ada yang salah dengan itu. Cukup gunakan penilaian Anda dan tidak meningkatkan volume mikrofon terlalu banyak yang menyebabkan feedback.

Menurunkan Picth Nada Lagu (Tune lagu)

Menurunkan Picth nada lagu /Tune lagu pada karaoke player mechines bila anda tak sanggup melampaui suara penyanyi asli. Kita tidak bisa bernyanyi selaras dengan penyanyi aslinya. Kalau tak sanggup maka lebih baik turunkan step transpose nada sesuai dengan kemampuan anda pada nada tinggi.

Pertimbangkan untuk menambahkan unit efek suara auto tune (atau unit efek vokal dengan fitur koreksi autotune / pitch). Anda harus tahu konsep dasar dari catatan dan kunci untuk dapat menggunakannya secara efektif. Banyak penyanyi menggunakannya hari ini juga.
Baca juga tentang : Power ON Sound System Karaoke Gunakan Remote Sequencer AC Distributor.

Penutup
Semoga rubrik ini yang bertajuk yang perlu dihindari saat Setting Sound System dan Bernyanyi Karaoke - Feedback ini bermanfaat bagi anda. Terus menyimak artikel saya selanjutnya.